P-Care, Aplikasi Kesehatan untuk Vaksinasi Covid

2
11885
New PCare

New Pcare – Tepat pada 13 Januari 2021, Pemerintah Indonesia sudah mengawali program vaksinasi Covid-19. Vaksinasi tersebut menjadi salah satu langkah penting memutus rantai penyebaran virus mematikan yang masih jadi pandemi di seluruh dunia. 

Guna mempermudah pemantauan program vaksinasi ini, pemerintah mengintegrasikan data penerima vaksin ke dalam aplikasi PCare BPJS Kesehatan. Penasaran bagaimana cara kerja aplikasi New PCare ini? Yuk, simak ulasan selengkapnya. 

Apa Saja Fungsi PCare?

Sebetulnya, PCare sudah menjadi bagian sistem informasi berbasis website yang dimiliki BPJS Kesehatan. Dalam aplikasi tersebut memuat informasi tentang faskes pertama (FTKP/Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama), misalnya puskesmas, dokter praktik mandiri, dan klinik pertama.

Plus, peserta BPJS juga bisa melihat kembali riwayat pelayanan kesehatan yang pernah dilakukan. Mulai dari data keikutsertaan BPJS secara umum, data kunjungan sehat dan kunjungan sakit, sampai data perihal rujukan dan rujuk balik. Cukup lengkap kan?

Nah, New PCare akan menampilkan beberapa fungsi tambahan, terutama terkait proses vaksinasi Covid di seluruh Indonesia. Berdasarkan informasi resmi dari situs BPJS Kesehatan, PCare menghadirkan tiga fungsi penting.

  1. Sebagai supporting system proses registrasi siapa saja yang berhak menerima vaksin
  2. Langkah awal pemindaian atau screening status kesehatan calon penerima vaksin
  3. Menyimpan pencatatan dan pelaporan hasil pelayanan vaksinasi.

Selain itu, seluruh data terkait vaksinasi ini dikelola lewat Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19. Semua data akan terintegrasi dalam satu sistem informasi, antara lain pendataan calon penerima, pendaftaran dan verifikasi calon penerima, hingga penetapan lokasi dan informasi jadwal layanan vaksinasi. 

Dengan kata lain, penerapan aplikasi ini tidak terlepas dari upaya pemerintah untuk menjaga kelancaran program vaksinasi di masyarakat. Bahkan, kamu bisa memantau langsung data yang telah tersimpan pada waktu terkini alias realtime.

Baca juga: Disuntik Vaksin Covid-19, Tanda Kebangkitan Ekonomi Indonesia?

Bagaimana cara memakai aplikasi PCare?

Supaya kamu bisa memakai aplikasi PCare, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan. 

  1. Datang ke kantor BPJS terdekat untuk memperoleh username dan password. Kedua informasi ini akan memberimu akses ke aplikasi PCare BPJS Kesehatan.
  2. Unduh aplikasi PCare BPJS Kesehatan melalui Google Playstore atau lewat laman https://P-Care.bpjs-kesehatan.go.id/ 
  3. Ketikkan username dan password yang tadi kamu dapat dari kantor BPJS Kesehatan.
  4. Seharusnya halaman utama yang menampilkan indeks pasien akan muncul dalam layar ponsel kamu. Jika sudah muncul, klik menu pelayanan guna mempelajari fasilitas apa saja yang bisa kamu akses dengan BPJS Kesehatan.
  5. Pada menu tersebut, ada dua submenu tambahan, yakni pendaftaran dan pelayanan. 
  6. Kamu bisa memakai menu Pendaftaran jika ingin berobat. Cukup masukkan nomor BPJS dan ketuk tombol ‘Cari’.
  7. Selanjutnya, isi kolom kosong sesuai informasi yang diminta, seperti tipe kunjungan, keluhan fisik jika ada, dan tekanan darah. Ketuk tombol ‘simpan’ begitu data sudah benar.
  8. Masuk ke menu Pelayanan, kamu akan mengisi kolom kosong kembali. Isi sesuai instruksi atau data yang diminta. 
  9. Ketuk tombol ‘Simpan’, maka data pasien BPJS Kesehatan milikmu sudah terdaftar di faskes pertama.

Bagaimana dengan program vaksinasi Covid-19? Nah, untuk program vaksinasi ini akan memanfaatkan aplikasi PCare versi vaksin Covid-19. Namun, kamu harus memastikan diri sudah terdaftar sebagai penerima vaksin dahulu. Jika sudah terdaftar, kamu akan mendapat SMS PEDULICOVID yang memuat informasi registrasi ulang.

Setelah itu, ikuti langkah selanjutnya seperti dijelaskan sebagai berikut.

  1. Kamu bisa menentukan tempat dan jadwal layanan vaksinasi, cukup verifikasi melalui halaman web pedulilindungi.id atau kirim SMS ke 1199. Alternatif lain, coba kode UMB *119# dari ponsel atau coba hubungi Babinsa di wilayah domisili kamu.
  2. Isi data domisili saat ini dan self screening riwayat kesehatan, baik penyakit yang pernah maupun sedang diderita. 
  3. Registrasi dan verifikasi kamu berhasil jika Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19 telah mengirim undangan penerimaan vaksin dalam format e-ticket.
  4. Jangan lupa unduh juga aplikasi PeduliLindungi ya. Aplikasi ini akan mengaktifkan notifikasi pengingat jadwal vaksinasi yang telah kamu pilih. 

New PCare memang masih baru dan belum semua orang familier dengan aplikasi ini. Namun, sebagai warga negara yang baik, kamu harus mendukung upaya pemerintah dalam memastikan kelancaran program vaksinasi Covid-19. 

Berbekal tiga fungsi utama yang telah disebutkan di atas, aplikasi ini cukup membantu masyarakat dalam mendaftarkan diri, screening status kesehatan, serta memantau hasil pelayanan vaksinasi. Jadi, coba luangkan sedikit waktumu untuk mempelajari aplikasi ini.

Yuk, sukseskan vaksinasi Covid-19 di Indonesia!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

2 COMMENTS

Comments are closed.