4 Alasan Mengapa Banyak yang Ingin Jadi Management Trainee

0
102
Management Trainee

Kerap diselenggarakan oleh perusahaan besar, management trainee atau MT jadi incaran para fresh graduate untuk menjajaki karier di dunia kerja. Tak heran jika MT masuk dalam daftar lowongan kerja populer di mata mahasiswa. Bahkan, banyak yang tergiur lantaran gaji management trainee terbilang besar.

Apakah fakta tersebut benar? Lalu, apa sebetulnya yang dilakukan oleh mereka yang tergabung dalam MT? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Begini Pengertian Management Trainee

Penyelenggaraan management trainee merujuk pada salah satu program perusahaan yang ditujukan bagi lulusan baru dengan minim pengalaman. Dengan mengikuti program ini, peserta MT akan mendapat pelatihan sesuai kebutuhan divisi-divisi dalam perusahaan. Kemudian, manajer akan mengevaluasi mereka sekaligus menempatkan mereka di divisi tertentu.

MT fokus pada upaya menghasilkan calon manajer baru di berbagai divisi perusahaan. Tidak terbatas pada divisi tertentu saja, tetapi hampir semua divisi. Misalnya, di divisi operasional, pengadaan, pemasaran, hingga penjualan. 

Apakah MT sama dengan magang? Tidak, keduanya adalah dua program berbeda. Bahkan, boleh dibilang MT lebih “keras” daripada magang karena kamu dituntut untuk mempelajari dan menguasai berbagai keterampilan. 

Di sisi lain, status kamu saat magang adalah “orang luar” yang tidak terdaftar resmi dalam perusahaan. Sementara, begitu kamu berstatus peserta MT, kamu sudah jadi karyawan resmi dengan peran yang diakui perusahaan. Namun, tetap ada perbedaan peran, tugas, jenjang karier, dan gaji dibandingkan karyawan biasa. 

Nah, jika kamu berminat ikut MT, wajib persiapkan diri sebaik mungkin. Meski berbeda-beda di tiap perusahaan, begini kriteria umum yang diberlakukan untuk menyaring kandidat peserta MT.

  • Prestasi akademik cukup baik, biasanya ditunjukkan dengan IPK minimal 3,00
  • Mempunyai pengalaman organisasi
  • Memiliki kecakapan dalam berkomunikasi, termasuk presentasi, serta keterampilan komunikasi lisan dan tulisan
  • Mampu berbahasa Inggris dengan baik
  • Mempunyai keterampilan lain di luar kompetensi akademik. 

Alasan Banyak Orang Berminat Jadi Management Trainee

Lantas, mengapa banyak orang berbondong-bondong ikut management trainee? Setidaknya ada empat alasan di balik tingginya minat para lulusan baru mencalonkan diri sebagai peserta MT, seperti dijelaskan di bawah ini.

  • Membiasakan diri bekerja sama dalam tim

Bergabung dengan MT akan mendorong kamu untuk terbiasa bekerja sama dalam tim. Selama program berlangsung kamu akan bertemu peserta lain yang akan menjadi rekan satu tim. Ditambah lagi secara berkala kamu akan merasakan bekerja di divisi berbeda. Otomatis peluang bertemu banyak orang dengan kepribadian berbeda pun besar. 

Di sinilah kamu harus cepat menyesuaikan diri bertemu orang baru, berbincang, berdiskusi, hingga bekerja sama untuk menyelesaikan tugas tertentu. Awalnya mungkin kamu merasa canggung. Namun, seiring waktu kamu akan segera terbiasa dan semakin mudah membawa diri saat harus bekerja bersama orang lain. 

  • Jenjang karier menjanjikan

Boleh dibilang alasan ini yang kerap membuat para fresh graduate mengincar MT. Program ini memang sengaja dirancang sebagai jalur “cepat” yang akan membawamu dipromosikan ke tingkat manajemen. Dengan catatan, kinerja kamu selama program benar-benar bagus sehingga memenuhi syarat untuk menduduki jabatan tertentu. 

Baca juga: Jadi Pilih Mana, Karyawan atau Pengusaha?

  • Belajar tapi digaji

Nah, ini juga salah satu daya tarik di mata pencari kerja. Gaji management trainee terbilang tinggi untuk standar fresh graduate. Padahal, boleh dibilang sebagai peserta MT tugas kamu adalah mempelajari seluk beluk perusahaan. Mulai dari proses bisnis, sistem kerja, cara menangani klien, sampai mendalami apa saja tanggung jawab kamu jika ditempatkan di posisi tertentu. 

Kamu pun dibebani tanggung jawab, tetapi proses penyelesaian tugas itu berkaitan erat dengan pelajaran yang tengah ditekuni. Berkat pengalaman nyata itu, kamu lebih siap dan dapat mengaplikasikan hasil pembelajaran MT di divisi tempat kamu diposisikan nanti.

  • Memupuk jiwa kepemimpinan dalam diri

Mempelajari kepemimpinan tampak abstrak jika hanya sebatas teori. Namun, saat mengikuti MT, kamu akan mendapat banyak pembelajaran seputar kepemimpinan langsung dari ahlinya. Bahkan, kamu dapat merasakan sendiri bagaimana memimpin tim kecil lewat berbagai tugas yang harus diselesaikan secara berkelompok.

Sebut saja, cara mengarahkan dan membimbing orang lain, membiasakan diri bekerja di bawah tekanan, mengambil keputusan secara cepat dan tepat, serta mengevaluasi semua yang telah dilakukan. Plus, ada supervisor yang akan menjadi mentormu selama bekerja sehingga kamu bisa belajar langsung dari pengalaman mereka.

Nah, bukan hanya gaji management trainee yang membuat fresh graduate berminat jadi MT ya. Masih ada alasan kuat lainnya yang bisa kamu pertimbangkan untuk melamar posisi tersebut. 

Jadi, siap belajar dan berkarya lewat management trainee?

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]