Yuk Lebih Melek Finansial dengan 4 Cara Ini!

1
1271
Melek Finansial

Siapa sih di sini yang lebih memilih untuk menabung dengan menggunakan bank yang memiliki biaya administrasi kecil? Atau kalian juga yang memilih menggunakan kartu kredit dengan bunga cicilan sebesar 0 persen? Jika, semua itu ada pada diri kamu itu menandakan bahwa kamu sudah melek finansial.

Pemerintah sendiri juga memiliki target untuk agar semua orang Indonesia dapat melek finansial. Itulah mengapa pemerintah menyusun Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) yang mencakup inklusi keuangan dan literasi keuangan. 

Di tahun 2020 sendiri Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan indeks literasi keuangan di Indonesia mencapai 40% dengan target inklusi keuangan hingga 90% di tahun 2024. Lalu, sebenarnya mengapa sih kita harus melek finansial? Selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Melek Finansial?

Melek finansial atau literasi keuangan merupakan pengetahuan, keterampilan dan keyakinan yang mempengaruhi sikap serta perilaku buat meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan pengelolaan keuangan dalam rangka mencapai kesejahteraan.

Melek finansial juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas dalam pengambilan keputusan serta perubahan terhadap sikap dan perilaku individu dalam pengelolaan keuangan menjadi lebih baik.

Cara Mewujudkan Melek Finansial

Di Indonesia memang masih sangat banyak yang belum melek finansial dan belum memahami keuangan yang terencana itu seperti apa. Lalu, apa saja sih cara agar dapat melek finansial?

  • Mempersiapkan Budget

Sisihkan pendapatan yang kamu terima setiap bulannya dengan cara membuat budget keuangan. Karena dengan mempersiapkan budget kamu dapat mengetahui berapa banyak uang yang keluar dan kemana saja pengeluaran tersebut dialokasikan.

Lalu, sisihkan pendapatan kamu dengan rumus 50/30/20. Dimana 50 persen untuk kebutuhan sehari-hari, 30 persen untuk cicilan serta 20 persen untuk dana darurat, asuransi atau investasi. Pastikan juga setiap pengeluaran dicatat agar kamu tetap dapat membatasi pengeluaranmu.

  • Memiliki Dana Darurat

Seringkali orang menyepelekan terkait dana darurat. Biasanya juga mereka lebih memilih menggunakan penghasilannya untuk kebutuhan seperti hal yang bersifat konsumtif ketimbang menabung uang agar berkembang ataupun untuk mempersiapkan dana darurat.

Dana darurat itu berfungsi untuk menanggulangi pengeluaran yang tidak terduga. Tanpa adanya dana darurat, tentu membuat kamu kesulitan saat menghadapi hal yang tidak terduga dan akhirnya dapat membuat kamu berhutang.

Baca juga: Mudahnya Mempersiapkan Dana Darurat dengan 3 Langkah Ini!

  • Menetapkan Tujuan Keuangan

Keuangan kamu tentu akan makin terencana dengan menetapkan tujuannya di awal.  Tujuan yang ditetapkan ini bisa ditentukan baik di jangka pendek maupun jangka panjang. Tujuan keuangan jangka pendek bisa dicapai dalam waktu beberapa bulan atau tahun. Sedangkan tujuan jangka panjang direalisasikan dalam waktu 10 tahun atau lebih.

Contohnya, kamu bisa menjadikan kepemilikan dana darurat dan asuransi jiwa sebagai tujuan jangka pendek. Sedangkan, kamu dapat menjadikan uang muka atau DP KPR sebagai tujuan jangka panjang dalam waktu 10 tahun ke depan.

  • Perbarui Informasi

Yang terakhir adalah dengan memberikan informasi terutama terkait bisnis dan finansial. Rata-rata orang yang buta atau tidak memahami finansial dikarenakan karena mereka enggan belajar serta mencari informasi yang berkaitan dengan hal tersebut. 

Karena itu penting untuk memiliki sifat yang berkomitmen tinggi sehingga apa yang sudah direncanakan semuanya berjalan sesuai dengan rencana awal.

Ingat dengan memahami serta rasa ingin tahu tentu akan membuat kamu mencapai melek finansial dengan lebih cepat dan lebih baik. Yang terpenting dengan melek finansial tentu kamu dapat mengatur keuangan kamu dengan lebih baik lagi.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.