Mudahnya Mempersiapkan Dana Darurat dengan 3 Langkah Ini!

0
212
Dana Darurat

Untuk mencapai kehidupan finansial yang sukses di masa depan, setiap orang tentu memiliki caranya masing-masing. Cara tersebut juga akan memiliki pengaruh terhadap hasil yang akan didapatkan. Salah satu cara terbaik untuk mengatur finansial yang sukses di masa depan adalah mengumpulkan dana darurat sedini mungkin.

Dana darurat menjadi salah satu hal wajib yang perlu dipersiapkan, karena dana ini akan sangat penting apabila terjadi suatu hal yang datang tanpa diduga sebelumnya. Meski telah memiliki pengelolaan keuangan yang tepat, tentu ada kondisi dimana kamu butuh dana di luar dari anggaran yang sudah kamu persiapkan, bukan? Karena itu semua akan kita bahas di bawah ini:

Apa Sih Fungsi Dana Darurat di Dalam Pengelolaan Keuangan?

Dana darurat merupakan dana yang dipersiapkan untuk menghadapi kondisi yang tak terduga dalam kehidupan. Dana ini biasanya digunakan apabila kamu menghadapi hal-hal darurat yang tidak bisa diatasi dengan anggaran tetap milikmu. 

Dengan mempersiapkannya artinya kamu memproteksi diri kamu apabila terjadi hal yang tak diduga seperti biaya pengobatan, biaya perbaikan (apabila terjadi bencana seperti banjir, kebakaran), biaya hidup selama mencari pekerjaan baru (apabila terjadi PHK) dan beberapa kondisi darurat lainnya. Lalu, bagaimana cara mempersiapkan dana tersebut dengan lebih baik?

4 Langkah Mudah Mempersiapkan Dana Darurat!

Tahap awal adalah menentukan langkah-langkahnya terlebih dahulu untuk mempermudah persiapan kamu.

  • Tentukan Jumlah Dana Darurat

Siapapun tentu setuju bahwa hal ini merupakan salah satu rencana keuangan masa depan yang paling penting untuk dipersiapkan. Dari segi nominal dana darurat yang perlu kita persiapkan bisa dimulai dari 10% hingga 20% bulan nilai pengeluaran kita. 

Tahapan awalnya adalah menahan pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu, lalu alokasikan untuk mengumpulkan dana darurat dari dana pengeluaran tersebut.

Biasanya jumlah dana darurat yang harus dikumpulkan adalah sekitar 6-12x dari pengeluaran bulanan.

  • Catat Segala Pendapatan dan Pengeluaran

Terlebih dahulu kamu harus tahu berapa kisaran pendapatan dan pengeluaran kamu dalam 1 bulan. Jika sudah mengetahui nominalnya. Maka kamu dapat langsung menyisihkan dana tersebut. 

Baca juga: 6 Tahapan Mudah Untuk Pengelolaan Keuangan!

  • Pilih Sumber Dana Darurat Ini

Untuk mempersiapkan hal tersebut tentu kamu harus mengetahui dengan apa kamu harus persiapkan, apakah hanya menggunakan pendapatan bulanan atau menggunakan produk-produk keuangan yang sifatnya mudah diambil. 

Apabila mereka memilih untuk menggunakan produk finansial, maka mereka bisa mencoba beberapa produk seperti deposito, emas, reksa dana maupun p2p lending.

  • Monitor Jumlah Dana Darurat

Setelah beberapa hal di atas sudah kamu penuhi kamu dapat memonitor dana yang sudah dikumpulkan. Jangan lupakan adanya inflasi, karena inflasi atau kenaikan harga dapat meningkatkan jumlah pengeluaran bulanan yang sudah kamu tentukan. 

Pertanyaannya, apabila terjadi inflasi apa yang dapat kita lakukan? Kamu dapat menambah dana darurat kamu dengan menggunakan produk keuangan seperti P2P Lending.

Persiapkan Dana Darurat Dengan Investasi P2P Lending Akseleran!

Mungkin sekarang tidak akan kamu rasakan manfaatnya, sampai pada saat datang suatu kondisi yang tak terduga, maka barulah kamu mengerti pentingnya mempersiapkan dana darurat sedini mungkin. 

Yuk persiapkan sekarang untuk memproteksi keuangan kamu di masa depan. Mulai bersama Akseleran. Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil 18%-21% per tahun di Akseleran. Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode promo BLOG100. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman kok karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Daftar Akseleran dengan unduh aplikasi Akseleran di Google Play atau Apple App Store

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan langsung bisa juga menghubungi Eben (+62811-9300443) atau untuk pinjaman dana usaha kamu bisa menghubungi Omar (+62812-9799-7917) dan Rizky (+62811-1312-309) atau bisa via email [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here