Cara Mudah Mendapatkan Lowongan Kerja Freelance

2
413
Lowongan Kerja Freelance

Informasi seputar lowongan kerja freelance kian banyak dicari, khususnya oleh generasi milenial. Berdasarkan data statistik yang dirilis oleh Statista pada 11 Mei 2021 lalu, alasan orang ingin menjadi freelancer dipicu oleh beberapa hal berikut: jam kerja yang fleksibel, ingin bekerja di bidang yang disukai, dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga. Kendati demikian, menjadi seorang freelancer tentunya juga bukan hal yang mudah, terutama jika dikaitkan dengan tidak adanya gaji tetap bulanan selayaknya pegawai kantoran. 

Cara Mendapatkan Informasi Lowongan Kerja Freelance yang Efektif

Oleh karena itu, bagi Anda yang berminat mencari kerja freelance di luar pekerjaan utama atau memang ingin sepenuhnya bekerja sebagai freelancer, yuk cermati tips berikut ini! Dengan begitu, Anda pun bisa mendapatkan lebih banyak proyek freelance

  • Tentukan Dahulu Niche yang Hendak Ditargetkan

Menjadi freelancer bukan berarti seseorang bisa bekerja di niche pekerjaan apa pun. Sebaliknya, seorang freelancer yang berpengalaman justru hanya menargetkan niche tertentu agar dapat menunjukkan kualitas skill-nya secara optimal. Oleh karena itu, sebelum mencari lowongan kerja freelance, tentukan dahulu niche pekerjaan yang hendak digeluti. 

Sebagai contoh, jika Anda memiliki kemampuan di bidang marketing, cobalah niche seperti social media marketing, content marketing, dan sektor pekerjaan sejenis untuk menunjukkan kemampuan diri. 

  • Ketahui Siapa Target Pasar Anda

Untuk mendapatkan lebih banyak lowongan kerja freelance, pahami juga siapa target pasar atau calon klien potensial Anda. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah untuk menyusun list harga untuk layanan jasa yang ditawarkan. Pun, itu juga bisa mempermudah strategi pemasaran yang hendak Anda jalankan untuk bisnis freelance Anda. Seperti misalnya, kalau Anda seorang content writer, target pasar yang dituju adalah pemilik blog atau website yang membutuhkan konten SEO-friendly. Maka, setelah mengetahui hal itu, Anda perlu mengasah kemampuan penulisan SEO secara maksimal agar bisa memiliki nilai lebih di mata para calon klien potensial.  

  • Perbanyak Portofolio untuk Meningkatkan Nilai Anda

Agar mudah mendapatkan lowongan kerja freelance, Anda harus memperbanyak portofolio. Karena itu, jika sejak awal sudah memantapkan diri ingin menggeluti dunia freelancer, mulai perbanyak portofolio. Sebagai contoh, jika Anda berminat jadi desainer grafis, rutin bagikan hasil karya Anda di sosial media. Selain bisa menjadi portofolio yang nantinya bisa Anda tunjukkan ke calon klien, ini juga dapat menjadi cara personal branding yang efektif untuk karier freelance Anda. 

Baca juga: Ini 5 Jenis Pekerjaan yang dapat Menerapkan Work From Home

  • Manfaatkan Platform Freelance Seoptimal Mungkin

Cara berikutnya adalah dengan memanfaatkan berbagai platform freelance. Anda bisa mencoba untuk mendaftarkan diri ke platform tersebut sehingga mendapatkan lebih banyak informasi seputar lowongan kerja freelance dari para perekrut. Namun tentunya, persaingan untuk mendapatkan proyek freelancer di platform tersebut sangatlah ketat. Oleh karenanya, sebisa mungkin buatlah profil yang atraktif dan sertakan pula portofolio Anda untuk menarik perhatian calon klien.  

  • Manfaatkan Networking untuk Mendapatkan Lebih Banyak Proyek 

Di dunia kerja, baik itu freelance atau bukan, networking sangatlah penting untuk pengembangan karier. Makin luas networking yang dimiliki, makin tinggi kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak proyek. Karena itu, cobalah manfaatkan networking yang Anda miliki untuk mendapatkan lebih banyak lowongan pekerjaan freelance

Pertama, susun portofolio dan CV yang menarik. Kemudian sebarkan lamaran Anda ke beberapa kenalan atau kerabat dekat yang bisa membantu untuk mempromosikan layanan jasa Anda. 

  • Mengirimkan Email pada Perusahaan atau Agensi yang Sesuai Niche Layanan Jasa Anda

Jangan ragu untuk menawarkan layanan jasa kepada agensi atau perusahaan yang sesuai dengan niche pekerjaan yang dikuasai. Coba kirimkan email yang berisi CV serta portofolio yang telah dibuat untuk menunjukkan kualitas pekerjaan Anda. Pun, cara ini juga efektif untuk memperkenalkan diri Anda kepada perusahaan tersebut dan jenis layanan jasa seperti apa yang ditawarkan. 

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa email yang dikirim harus bisa menunjukkan sisi profesionalitas Anda kepada calon klien. Sebaiknya gunakan format penulisan yang baik dan tata bahasa yang lugas.  

Itulah beberapa tips untuk mendapatkan lebih banyak informasi seputar lowongan kerja freelance. Selain cara tersebut, manfaatkan juga sosial media untuk membangun personal branding yang baik dan sekaligus memasarkan layanan jasa Anda. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

2 COMMENTS

Comments are closed.