7 Burung Kicau Mahal Yang Sering Diperlombakan

2
1141
Burung Kicau

Burung menjadi salah satu jenis peliharaan yang populer di Indonesia. Selain keunikan corak di tubuhnya, suara kicau juga menjadi faktor penting yang dipertimbangkan para kolektor saat memilih burung. Bahkan, makin merdu suara kicauan burung, makin mahal harga jualnya! Nah, berikut ini beberapa jenis burung kicau berharga fantastis yang sering diperlombakan. 

Murai Batu

Raja burung kicau adalah julukan yang disematkan untuk murai batu. Bertubuh mungil, hanya sekitar 29 gram saja, jenis burung ini tersohor dengan suara kicauannya yang merdu dan khas. Habitat asli untuk murai batu dapat dijumpai di Semenanjung Malaysia, Jawa, dan Sumatera. Variasi dari jenis burung ini juga beragam.

Untuk mendapatkan seekor murai batu biasa, orang bahkan harus merogoh kocek hingga Rp2 juta lho. Harga burung ini juga akan naik secara drastis jika berhasil memenangkan berbagai kejuaraan. Murai batu jawara biasanya akan ditawarkan di kisaran Rp50 juta atau dalam beberapa kasus, harganya bisa melonjak sampai Rp800 juta. 

Kenari

Burung kicau berikutnya yang sering dijumpai dalam perlombaan adalah kenari. Harga burung ini juga terbilang mahal. Untuk harga terendahnya saja, Anda harus menyiapkan uang setidaknya Rp200.000 per ekor. Akan tetapi, ada juga jenis kenari yang dibanderol mulai dari Rp1 juta. Habitat asli dari kenari berasal dari Pulau Jawa. 

Kacer

Selain disebut kacer, burung kicau ini juga dikenal dengan nama Kucica Kampong. Sering dijumpai di ajang lomba burung kicau, harga kacer juga tidak murah. Harga satu ekor burung kacer dibuka mulai dari Rp500.000 sampai dengan Rp1,5 juta. Mahal atau tidaknya burung kacer juga sangat bergantung pada suara kicau dan bentuk fisiknya. Untuk kacer jawara, harganya tentu melebihi harga standar di pasaran, yakni bisa mencapai puluhan juta rupiah. Selain itu, spesies kacer pun terbilang beragam, antara lain kacer putih, kacer Bali, kacer hutan, kacer poci, dan masih banyak lagi. 

Lovebird

Burung mungil ini memiliki panjang tubuh sekitar 13-17 cm. Selain tersohor dengan suara kicaunya yang merdu, lovebird juga digemari karena warnanya yang cantik. Habitat asli dari burung ini berada di Afrika, dengan jenis spesies yang beragam. Jenis lovebird yang populer antara lain lovebird Pipi, lovebird Nyasa, lovebird Abisinia, lovebird Muka Salem, dan seterusnya. 

Untuk ciri lovebird yang bisa diperlombakan, orang biasanya memilih yang memiliki syarat berikut: paruh dengan pangkal yang tebal dan lebar serta kepala yang terbilang besar. Harga burung ini di pasaran dibuka mulai dari Rp400.000. Namun, jika sudah berhasil memenangkan berbagai perlombaan, harganya bisa melambung jadi Rp10 juta hingga Rp30 juta. 

Cucak Hijau

Seperti namanya, burung kicau ini dikenal dengan bulunya yang berwarna hijau. Di alam bebas, cucak hijau tergolong semifighter atau jenis burung yang hidupnya berkelompok. Pun, dibandingkan spesies cucak lainnya, jenis burung yang satu ini memiliki ukuran tubuh yang lebih mini.

Nah, untuk bisa dikatakan sebagai cucak hijau yang unggul, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Cucak hijau yang berkualitas biasanya mempunyai paruh yang lebih besar dan tebal. Bentuk tubuhnya juga harus proporsional. Harga burung ini di pasaran berada di kisaran Rp400.000—Rp3 juta. Namun, bila berhasil menyabet gelar jawara, seekor cucak hijau bisa dibanderol hingga puluhan juta rupiah. 

Baca juga: Melihat Peluang Usaha Ternak Sebagai Pilihan Usaha di 2021!

Cucak Rowo

Jika dibandingkan dengan jenis burung berkicau lainnya, tampilan fisik dari cucak rowo terbilang biasa saja. Akan tetapi, suara kicau dari cucak rowo dikenal sangat nyaring dan merdu. Itulah mengapa, harga satu ekor cucak rowo bisa dibanderol hingga Rp5 juta. Sementara itu, untuk yang sudah menyandang gelar jawara, per ekornya bisa dijual hingga Rp25 juta lho. 

Jalak Suren

Fisik dari jalak suren menjadi salah satu daya tarik dari burung ini. Selain tentunya karena kicauannya yang juga merdu, burung ini biasanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp300.000—Rp1,5 juta. Pun, berbeda dengan jenis burung berkicau lainnya, tubuh jalak suren tergolong lebih panjang dan besar. Spesies dari burung ini juga sangat variatif, antara lain jalak suren Malaysia, jalak suren Jawa, jalak suren Bakalan, dan lain sebagainya.

Demikian beberapa jenis burung kicau berharga fantastis yang sering diperlombakan di Indonesia. Apakah Anda mengoleksi salah satu di antaranya? Persiapkan dananya di Akseleran hanya mulai dari Rp100 ribu.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

2 COMMENTS

Comments are closed.