Harga Emas Masihkah Kokoh?

0
244
Ilustrasi Emas Batangan - Sumber Shutterstock

Mengacu situs www.logammulia.com, grafik perdagangan emas logam Di Butik Emas Logam Mulia Aneka Tambang Tbk (ANTM) hari ini, Jumat (04/12) ditutup menguat Rp4.000 per gram menjadi Rp961.000 per gram dibandingkan penutupan perdagangan Kamis (03/12) sebesar Rp957.000. Namun pada Senin (23/11), emas logam mulia dibanderol Rp942.000 per gram, artinya sepanjang pekan ini harga emas logam mulia mengalami penguatan sebesar Rp19.000 per gram.

Ariston Tjendra selaku Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures mengatakan, harga emas pekan ini mengalami rebound dibandingkan perdagangan pekan lalu. Hal ini karena sentimen prospek stimulus fiskal Amerika Serikat (AS) dan penegasan kebijakan suku bunga rendah dari the Fed.

“Stimulus dan kebijakan suku bunga rendah dari the Fed mendapat respon positif dari investor,” ujar Ariston kepada Akseleran, Jumat (04/12).

Menurut Ariston, isu kasus positif Covid-19 yang terus melonjak di dalam negeri juga turut mengerek penguatan harga emas dalam negeri.

Untuk pekan depan, Ariston memprediksi akan ada tarik-menarik sentimen antara prospek stimulus fiskal AS dan prospek peluncuran vaksin. “Bila vaksin yang lebih menonjol, harga emas bisa tergerus lagi,” tutur Ariston.

Proyeksi Ariston, harga Logam Mulia untuk pekan depan akan berada di kisaran Rp950.000 – Rp980.000 per gram.

Baca Juga:
Harga Emas Bakalan di Bawah Rp900 Ribu
Intip Harga Emas Pekan Depan

Sementara itu, Ibrahim Assuaibi selaku Direktur TRFX Garuda Berjangka mengatakan, untuk pekan depan harga emas akan kembali mengalami penguatan. Hal ini karena stimulus untuk vaksin sekitar US$800 miliar sudah akan diterapkan.

“Stimulus kemungkinan membawa emas sedikit mengalami kenaikan walaupun tidak besar kenaikannya,” ujar Ibrahim kepada Akseleran, Jumat (04/12).

Menurut Ibrahim, meski sudah ada isu penggelontoran stimulus untuk vaksin, tetapi kasus positif Covid-19 terus meningkat sehingga membuat pasar tetap saja khawatir.

Untuk pekan depan, prediksi Ibrahim emas logam mulia akan berada di kisaran Rp940.000 – Rp965.000 per gram.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]