Rumus Produktivitas Kerja Serta Cara Perhitungannya!

0
30556
Rumus Produktivitas

Rumus Produktivitas – Setiap perusahaan tentunya memiliki banyak kriteria penilaian terhadap produktivitas dari setiap orang yang terlebih dalam proses produksi. Kriteria universal ini memungkinkan para pengusaha untuk melakukan kontrol terhadap indikator dasar yang mencerminkan situasi nyata dari suatu perusahaan. Karenanya salah satu tingkat keberhasilan dari suatu perusahaan juga bisa bergantung terhadap kesesuaian perhitungan produktivitas kerja.

Produktivitas tenaga kerja harus dipahami sebagai satu efektivitas biaya tenaga kerja untuk periode waktu tertentu. Contohnya saat kamu dapat mengetahui berapa banyak output yang dihasilkan oleh seorang pekerja sesuai dengan jam waktu kerjanya. 

Produktivitas Tenaga Kerja

Produktivitas tenaga kerja adalah ukuran produktivitas, efisiensi tenaga kerja manusia. Produktivitas tenaga kerja dinyatakan oleh beberapa indikator yaitu output satu karyawan dan kompleksitas dari unit output. 

Karena itu, dapat dikatakan bahwa produktivitas tenaga kerja merupakan volume produksi yang dihasilkan dari satu karyawan per unit waktu atau waktu yang dihabiskan untuk produksi suatu unit produksi. Seperti yang perlu diketahui bahwa indikator produktivitas tenaga kerja ini dapat dihitung di tempat kerja yang terpisah dan rata-rata di dalam suatu perusahaan.

Formula Produktivitas Tenaga Kerja

Biasanya dalam perhitungan produktivitas ini tidak menggunakan perhitungan output dalam bentuk fisik karena perusahaan melakukan berbagai pekerjaan serta layanannya sendiri. Volume total penjualan perusahaan komunikasi biasanya akan terlihat dalam pendapatan yang diterima, dimana ketika menghitung produktivitas tenaga kerja di perusahaan komunikasi secara keseluruhan, indikator pendapatan dari penjualan produk digunakan.

Rata-rata keluaran tahunan atau bulanan untuk suatu perusahaan dihitung menggunakan rumus rata-rata produksi harian atau rata-rata jam dihitung dengan rumus pertumbuhan dalam produktivitas tenaga kerja yang memungkinkan untuk menghasilkan volume produksi tambahan atau untuk melakukan volume kerja tambahan dengan jumlah karyawan yang sama atau mungkin lebih sedikit.

Baca juga: 3 Indikator Produktivitas Kerja dalam Sebuah Perusahaan

Metode Untuk Menghitung Produktivitas Tenaga Kerja

Metode untuk melakukan perhitungan produktivitas tenaga kerja contohnya seperti pada tahun 2010 dimana pangsa produksi material Amerika dalam PDB negara itu kurang dari 20% di sini menjadi lebih jelas bahwa produktivitas seorang insinyur, seorang analis, ditentukan oleh kriteria lain yang berbeda dari yang relevan dengan seorang pekerja industri. Indikator kualifikasinya dalam penggunaan program khusus, akses ke data referensi relevan untuk mereka. Kompetensi kepemimpinan dan koherensi tim kerja juga ikut mempengaruhi produktivitas mereka.

Rumus Pengukuran Produktivitas Kerja

Seperti yang sudah kita bahas sedikit di atas bahwa untuk mengukur produktivitas kerja perusahaan membutuhkan suatu formulasi matematis yang nyata sehingga bisa menghasilkan hasil yang terlihat. Biasanya dapat diformulasikan rumus perhitungan produktivitas kerja karyawan sebagai hasil dari pembagian nilai output perusahaan dengan nilai input yang dihasilkan atau dalam persamaannya dituliskan sebagai:

  • Total Produktivitas = hasil total/ masukan total
  • Produktivitas parsial= hasil parsial/ masukan total

Hasil dari perhitungan tersebut nantinya dapat menggambarkan capaian produktivitas kerja yang dilakukan oleh karyawan, apakah hasilnya akan sesuai dengan standar perusahaan atau belum angka ini sekaligus menjadi bahan evaluasi juga bagi para manajer untuk mengambil satu keputusan dalam pembenahan perusahaannya.

Nah, itulah sedikit banyak informasi mengenai cara perhitungan rumus produktivitas. Jadi, sekarang apabila kamu memiliki tanggung jawab untuk melihat efisiensi dari seorang karyawan terkait produktivitas kerjanya kamu dapat menghitungnya menggunakan rumus produktivitas ini ya.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].