3 Indikator Produktivitas Kerja dalam Sebuah Perusahaan

0
3830
Indikator Produktivitas

Saat dalam dunia pekerjaan tentunya sering mendengar kata produktivitas. Karena produktivitas kerja adalah salah satu hal yang harus dilakukan oleh para pekerja demi mencapai hasil yang optimal. Namun, beberapa orang kurang memahami apa produktivitas itu sendiri.

Produktivitas kerja merupakan suatu perbandingan yang sistematis dimana antara hasil kerja yang dicapai dengan jumlah sumber daya yang digunakan dalam sebuah produksi. Perbandingan tersebut membutuhkan suatu indikator produktivitas kerja untuk mengukurnya, sehingga bisa didapatkan perhitungan yang jelas terhadap hasil akhir yang ingin dicapai.

Tentunya semua perusahaan memiliki berbagai cara untuk mewujudkan produktivitas kerja dalam perusahaannya baik itu secara individu maupun secara organisasi perusahaan. 

Indikator Produktivitas Kerja dalam Sebuah Perusahaan

Ingat! Untuk membuat suatu penilaian terkait apakah suatu capaian produktivitas kerja dari sebuah perusahaan bisa dikatakan baik atau tidak, tentunya membutuhkan suatu indikator yang dapat dijadikan acuan penilaiannya. Karena itu berikut ini beberapa indikator produktivitas kerja:

  • Kuantitas Kerja

Kuantitas kerja atau jumlah kerja yang dihasilkan oleh beberapa karyawan perusahaan tentunya menjadi satu indikator penilaian pertama bagi perusahaan. Namun, kuantitas kerja ini memiliki cara untuk melakukan penilaiannya yaitu dengan membandingkan target kuantitas kerja yang menjadi standar perusahaan tersebut apakah sudah tercapai atau belum.

Sehingga karyawan yang bekerja dengan kuantitas lebih dari target yang sudah ditentukan oleh sebuah perusahaan, maka indikator ini dikatakan sukses. Tetapi, jika mendapatkan nilai perbandingan yang rendah, perusahaan harus melakukan pembenahan terkait mengapa seorang karyawan menghasilkan kerja yang rendah dibandingkan pekerjaan yang sudah ditentukan oleh perusahaan sebagai target bersama. 

Karenanya faktor-faktor produktivitas dari suatu individu yang belum terpenuhi dengan baik bisa menjadi faktor mengapa karyawan tidak menghasilkan suatu pekerjaan yang optimal.

  • Kualitas Kerja

Bila kuantitas adalah jumlah, maka indikator selanjutnya adalah kualitas yang menyangkut mutu produk yang dihasilkan oleh karyawan. Seperti yang kita tahu bahwa kemampuan terbaik seorang karyawan saat menyelesaikan tugas secara teknis tersebutlah yang dikatakan kualitas. Semakin baik kualitas kerja individu, maka produktivitasnya juga semakin baik.

Kualitas mungkin saja tidak diperoleh hanya dari sisi pengembangan SDM karyawannya, pihak perusahaan pun memiliki andil dalam proses pengembangannya. Promosi serta pengembangan SDM perusahaan tentu harus sebanding dengan perkembangan dari perusahaan sehingga karyawan merasakan kesenangan dan kenyamanan dalam pekerjaannya sehingga dapat menghasilkan pekerjaan yang lebih optimal.

Walaupun kuantitasnya tinggi, namun dari sisi kualitasnya rendah tentu hasilnya pun akan tetap tidak optimal. Sehingga, kuantitas yang sudah baik dapat didukung dengan kualitas kerja yang baik sehingga indikator produktivitas satu sama lain berjalan optimal.

Baca juga: 5 Pilihan Kerja Sampingan yang Mudah Untuk dimulai

  • Ketepatan Waktu

Ketepatan waktu yang berkaitan dengan hasil kerja merupakan suatu persepsi seorang karyawan yang harus dimiliki sejak awal. Memaksimalkan waktu pengerjaan juga akan berbanding dengan output kerja yang lebih baik dibutuhkan dari seorang karyawan. 

Dengan memaksimalkan waktu pengerjaan ini akan dikaitkan dengan aktivitas lainnya yang bisa dilakukan oleh karyawan. Apabila capaian dari ketepatan waktu yang dihasilkan dari kinerja seorang karyawan sudah cukup baik, maka pengaruh produktivitas kerja perusahan juga akan baik.

Jadi, apabila seorang karyawan atau seorang individu ingin mendapatkan hasil kerja yang yang optimal tentunya bisa menerapkan beberapa indikator produktivitas yang sudah kita bahas di atas.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].