Ini Format Invoice yang Paling Banyak Digunakan

0
5406
Format Invoice

Anda yang berkecimpung dalam dunia bisnis atau sering melakukan transaksi jual beli barang maupun jasa pasti tak asing dengan invoice. Bila diperhatikan, format invoice yang dikeluarkan oleh pihak penyedia barang atau jasa yang satu dan lainnya tentu tidak sama antara satu dan yang lainnya, bukan?

Sekilas Tentang Invoice

Invoice adalah dokumen tertulis yang memuat penagihan biaya atas pembelian atau penggunaan sebuah produk baik barang maupun jasa. Biasanya sebuah invoice dibuat dalam bentuk rangkap tiga—satu untuk arsip perusahaan, satu lagi untuk pembeli, dan satu sisanya untuk arsip keuangan.

Istilah invoice juga biasanya sering disebut dengan faktur. Namun yang perlu diperhatikan, faktur yang dimaksud di sini bukanlah faktur pajak. Adapun yang dimaksud faktur pajak ialah bukti pungutan pajak PKP (Pengusaha Kena Pajak) yang melakukan penyerahan BKP (Barang Kena Pajak) atau JKP (Jasa Kena Pajak).

Format Invoice

Seiring perkembangan zaman, sebuah invoice kini tidak lagi harus berupa lembaran tiga rangkap berwarna-warni meski masih cukup banyak yang menggunakan bentuk ini. Invoice kini pun juga banyak yang diberikan dalam format digital untuk mendukung gerakan paperless serta meningkatkan tingkat kepraktisan. 

Format invoice dapat disesuaikan dengan karakter maupun kebutuhan setiap pihak. Kendati demikian, beberapa unsur yang tetap harus ada pada sebuah invoice antara lain adalah sebagai berikut.

  • Nama dan Alamat Perusahaan Penerbit Invoice

Data ini berisi identitas pihak penjual atau penyedia barang atau jasa sebagai penerbit invoice. 

  • Nomor Resmi dan Tanggal Penerbitan Invoice

Setiap invoice perlu disertai nomor dan tanggal resmi penerbitannya—tidak mungkin ada nomor invoice yang sama pada tanggal penerbitan yang sama dari sebuah perusahaan. Hal ini juga akan mempermudah proses verifikasi jika diperlukan di kemudian hari.

  • Identitas Pembeli

Data berikutnya yang harus ada dalam setiap format invoice adalah identitas pembeli. Identitas tersebut dapat berupa nama perorangan atau instansi, tergantung dari jenis transaksi yang dilakukan.

  • Deskripsi dan Jumlah Produk

Deskripsi dan jumlah produk harus dicantumkan dalam setiap invoice sebagai bukti bahwa pembayaran yang dilakukan adalah benar atas sebuah barang atau jasa yang dimaksud. 

  • Harga Satuan dan Harga Total

Invoice harus memuat rincian harga satuan maupun total keseluruhan barang atau jasa yang dikenakan pada pembeli. Jika ada pajak yang dikenakan, maka perlu dicantumkan harga sebelum dan sesudah pajaknya.

  • Stempel dan Tanda Tangan Resmi

Stempel dan tanda tangan resmi merupakan tanda pengesahan invoice.

Contoh Format Invoice yang Banyak Digunakan

Seperti yang disampaikan sebelumnya, ada banyak format invoice yang digunakan oleh para pelaku usaha. Anda pun dapat berkreasi membuat invoice yang menunjukkan karakter bisnis sendiri, tetapi dengan tidak mengabaikan unsur-unsur penting sebuah invoice.

Invoice sederhana atas biaya jasa instalasi/telepon/lainnya

PT Indo Rising Tech

Jalan Japati No 94 Bandung

No. invoice : C255

No. layanan : 156889456

Sudah terima dari : Tri Wahyu Mandalika

Uang sebesar

Terbilang : Seratus enam puluh lima ribu rupiah

Sebagai biaya-biaya : Pemasangan baru saluran internet (1 line)

Bandung, 13 Maret 2020

Lolita Armani

Finance support         

Invoice sederhana atas pembelian barang skema B2B

PT Grafika Bima

Jalan Pandjaitan No. 28 Samarinda

INVOICE

No. 354335428

Customer Tanggal : 10 Mei 2020

Nama : Arcana Stationery

Alamat : Jalan Teuku Umar No. 77B 

Kota : Samarinda No. Order : 77767

Telepon : 62541 88354xx

Nama Barang Satuan Jumlah Harga Satuan Total
Ballpoint Std

Buku Tulis TRX 36

A4 SD 70

Lusin

Lusin

Rim

4

20

17

37.500

42000

38000

150.000

840.000

646.000

Sub Total 1.636.000
Discount 163.600
Total 1.472.400

PT Grafika Bima

     

Yulistia W.

Manager Sales

Invoice merupakan sebuah dokumen yang berisi biaya atas pembelian barang atau jasa yang dikeluarkan oleh pihak penjual atau pelaku usaha. Adapun seiring berjalannya waktu, format invoice dibuat semakin bervariasi sesuai karakter dan kebutuhan tiap pelaku usaha tetapi dengan tidak mengabaikan berbagai elemen penting di dalamnya berupa identitas penjual dan pembeli, nomor resmi dan tanggal penerbitan invoice, deskripsi dan jumlah produk, harga satuan dan harga total, dan stempel serta tanda tangan resmi.

Baca juga: Sudah Tahu Komponen dan Contoh Invoice yang Sering Kamu Gunakan?

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

pinjaman modal usaha

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]