Distributor Financing, Produk Pinjaman yang Mempermudah Proses Bisnismu!

0
123
Distributor Financing

Distributor Financing – Saat memiliki sebuah perusahaan tentu sudah memahami mengenai persediaan barang dagang atau inventory. Namun, memahami terkait persediaan barang dagang ini tidak hanya harus diketahui oleh perusahaan tetapi kamu sebagai calon pengusaha juga harus mengetahui apa dan juga fungsi dari persediaan barang dagang itu sendiri.

Kenapa harus memahaminya? Salah satu alasannya adalah barang atau inventory tersebut merupakan komponen utama yang diperjualbelikan dalam industri perdagangan dan distribusi. Di bawah ini kita akan membahasnya dengan lebih lengkap!

Apa Itu Persediaan Barang Dagang?

Persediaan barang dagang atau inventory merupakan aset perusahaan yang sengaja dibeli dan disimpan, lalu dijual kembali untuk mendapatkan keuntungan. Jika dilihat dari jenis operasional perusahaannya, tidak hanya barang yang telah diproduksi atau siap jual yang dikategorikan sebagai persediaan. Tetapi, inventory ini juga mencakup barang yang sedang dalam proses produksi atau dalam proses penyelesaian.

Termasuk juga seperti bahan baku serta perlengkapan yang akan digunakan dalam proses produksi tersebut. Namun, tidak hanya retail tetapi rumah juga bisa dikatakan sebagai persediaan apabila perusahaan tersebut bergerak pada bidang properti. Sama halnya juga mobil jika perusahaan tersebut bergerak dibidang jual beli mobil.

Jenis-Jenis Persediaan Dagang

  • Bahan Baku yang merupakan material dan digunakan untuk memproduksi barang jadi seperti contohnya kain menjadi bahan baku utama dalam industri
  • Perlengkapan pabrik yakni barang yang berfungsi untuk melancarkan proses produksi contohnya oli dan bahan pembersih mesin.
  • Bahan penolong pabrik yaitu hal yang meliputi barang dan bahan yang juga menjadi bagian dari proses produksi yang nilainya kecil contohnya seperti benang pada industri garmen.
  • Barang dalam proses, maksudnya adalah bahan baku yang sudah masuk melalui proses produksi, namun belum selesai dikerjakan. Contohnya, kain yang baru selesai jahit pada industri ini.
  • Barang jadi, yaitu semua barang yang siap dijual kepada konsumen.

Metode Persediaan Barang Dagang

Selain jenis persediaan barang dagang ada juga 2 metode dari persediaan barang dagang yang dimana dengan metode ini kamu dapat melakukan perhitungan dalam merchandise inventory seperti:

  • Metode Perpetual

Metode ini merupakan suatu metode atau cara menghitung persediaan di dalam gudang secara berkelanjutan. Hal tersebut tentunya akan lebih mudah untuk para pemilik usaha untuk mengetahui serta mengupdate stok yang tersedia di dalam gudang.

Namun, penggunaan metode perpetual ini tentunya membutuhkan waktu yang lebih lama dan harus dilakukan secara rutin dengan periode waktu yang sudah ditentukan sehingga dapat terlihat hasilnya lebih optimal.

Baca juga: Mudahnya Mengajukan Pinjaman di Akseleran Dengan Invoice Financing

  • Metode Periodik

Metode periodik ini berbanding terbalik dengan metode perpetual, karena metode ini hanya satu kali melakukan pencatatan barang. Biasanya, metode ini dihitung ketika seorang pemilik usaha yang ingin melakukan tutup buku. Dimana perhitungan itu hanya akan terjadi pada akhir periode saja. Dengan begitu, ia tidak harus menghabiskan banyak waktu dalam pengelolaan stok barangnya.

Itulah sedikit banyak informasi mengenai persediaan barang dagang. Dengan pengelolaan yang baik tentu tentu perusahaan akan menghasilkan hasil yang baik. Namun, untuk pengembangan perusahaan tidak hanya membutuhkan pengetahuan mengenai persediaan barang dagang saja tetapi modal ataupun dana lebih juga dibutuhkan.

Karena itu apabila kamu ingin mengembangkan perusahaan milikmu namun terkendala untuk mencari dananya, maka Akseleran dapat menjadi solusinya. Di Akseleran kamu dapat mengajukan pinjaman hingga Rp2 miliar dengan jaminan persediaan dagang atau inventory perusahaan menggunakan Distributor Financing.

Distributor/Buyer Financing yang merupakan produk pinjaman dari Akseleran untuk distributor atau pembeli dari principal yang telah bermitra dengan Akseleran dengan agunan berupa persediaan barang dagang atau inventory. 

Ajukan Pinjaman untuk Usahamu Menggunakan Distributor Financing di Akseleran!

Akseleran memiliki produk pinjaman yang beragam sesuai dengan kebutuhanmu. Setiap produk pinjaman juga memiliki jaminan yang beragam, bunga yang kompetitif serta kemudahan proses pengajuan. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]