Tiga Langkah Mitigasi Risiko Pengembangan Dana

0
348

Salah satu faktor yang perlu dipahami sebelum melakukan pengembangan dana adalah faktor risiko. Dalam hal pengembangan dana di P2P Lending, contohnya risiko itu antara lain, borrower mengalami kendala pembayaran kredit. Misalnya, ada hal dalam aktivitas bisnis borrower yang tidak berjalan sesuai rencana sehingga pinjamannya terlambat atau mandek. 

Risiko tersebut bisa dimitigasi dengan beberapa cara. Dalam perbincangan di episode ke-25 Kata Akseleran, Eben Napitupulu selaku VP Sales Akseleran mengungkapkan ada tiga langkah mitigasi risiko kredit. Apa saja?

  • Jaminan

Mayoritas pinjaman di Akseleran, sekitar 90% di antaranya menggunakan jaminan yang terikat secara hukum. 

  • Asuransi Kredit

Hampir semua pinjaman di Akseleran menggunakan asuransi kredit. Nilai asuransinya sebesar 90% dari pokok pinjaman. Jadi, ketika terjadi gagal bayar, pokok pinjaman masih bisa dikembalikan hingga 90% setelah jadi asuransi cair.

  • Diversifikasi Pinjaman

Kalau dua langkah sebelumnya dilakukan oleh Akseleran, maka terkait diversifikasi pinjaman ini harus dilakukan sendiri oleh lender. Sebagai pemberi dana, kamu perlu membagi alokasi pendanaanmu ke beberapa jenis kampanye pendanaan. Jangan menempatkan seluruh danamu di satu borrower saja agar jika sewaktu-waktu terjadi risiko, dana yang dipinjamkan tidak seluruhnya macet. 

Selain faktor risiko, hal lain yang perlu diperhatikan sebelum mengembangkan dana adalah bunga dan likuiditas. Bunga yang kompetitif tentu akan lebih menarik. Begitu pula, soal likuiditas, tentu akan lebih nyaman bila dana yang kita kembangkan bisa dicairkan dengan praktis dan cepat prosesnya. 

Kembali ke soal risiko, Eben mengingatkan setiap instrument pengembangan dana memiliki risiko. Semakin tinggi imbal hasil, semakin tinggi pula risikonya.

“Kalau ada yang menawarkan pengembangan dengan imbal hasil tinggi tapi risiko rendah, ini patut dicurigai,” ungkap Eben.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]