Ini 5 Contoh Inovasi dalam Dunia Finansial atau Investasi

2
584
Contoh Inovasi

Diakui atau tidak, perubahan merupakan bagian dari kehidupan manusia. Apalagi di kalangan Millenials. Seperti yang kita tahu, kalangan ini identik dengan istilah dinamis dan berkembang seiring dengan perkembangan teknologi di sekitar mereka. Jadi tidak perlu heran apabila dari kalangan ini, banyak lahir inovasi baru.

Inovasi sejatinya merupakan perwujudan dari mimpi dan obsesi manusia untuk berkembang menjadi lebih baik. Inovasi terjadi tidak hanya dalam bentuk aksi tetapi juga produk bermanfaat yang mengikuti kebutuhan zaman. Inilah mengapa di era digital seperti sekarang, ada banyak sekali inovasi baru yang diperkenalkan.

Beberapa yang cukup berpengaruh dalam kehidupan dan membawa perubahan siginifikan adalah inovasi di bidang finansial atau investasi. Jika dulu hal ini merupakan urusan bank serta lembaga keuangan konvensional lainnya, di era digital seperti sekarang kita bisa terlibat aktif dalam mengelola uang kita sendiri dan membelanjakannya sesuai yang diinginkan.

Salah satu contoh inovasi dalam bidang keuangan dan investasi adalah financial technology (fintech) atau teknologi keuangan. Sebagaimana namanya, inovasi ini berhubungan dengan teknologi di dunia keuangan. Dari fintech, muncul beberapa inovasi lain yang cukup membawa beberapa perubahan.

5 Contoh Inovasi di Bidang Keuangan dan Investasi

1. P2P Lending dan Pinjaman Online

Jika dulu pinjaman bisa dilakukan melalui bank atau koperasi dengan memberi jaminan berupa sertifikat properti atau BPKB kendaraan, saat ini kita bisa mendapatkan dana instan tanpa agunan dari platform Peer to Peer Lending (P2P) atau pinjaman online (Pinjol).

P2P Lending merupakan contoh inovasi berupa layanan pinjaman online yang dananya berasal dari investor (lender) untuk mereka yang telah mendaftarkan diri sebagai peminjam (borrower). Supaya bisa mendapatkan pinjaman, borrower diwajibkan mengisi beberapa informasi pribadi, dan mengunggah beberapa dokumen seperti KTP secara online.

2. Bank Digital

Tidak hanya mendapatkan pinjaman secara online, di era digital ini kita juga bisa menyimpan, mengirim, dan menerima uang, membuat rekening tabungan berjangka, hingga melakukan investasi melalui layanan bank digital. Jika dulu kita mengenal internet banking, maka bank digital hadir dalam bentuk aplikasi smartphone yang bisa diakses di mana serta kapan saja dengan sistem keamanan yang baik.

Berkat adanya bank digital, kita tidak perlu lagi repot-repot ke bank untuk membuka rekening atau melakukan transaksi keuangan lainnya. Beberapa contoh inovasi dalam bentuk bank digital yang cukup banyak digunakan orang adalah Jenius, Bank Jago, Livin’ by Mandiri, BCA Mobile, BRImo, dan Flip.

3. E-Wallet

Sekarang sudah bukan zamannya lagi membawa uang tunai kesana kemari agar bisa bertransaksi di mini market atau mal. Berkat adanya e-wallet, kita bisa dengan mudah melakukan pembayaran tanpa khawatir uang kurang atau tidak ada kembalian. Sebelumnya, e-wallet hadir dalam bentuk kartu debit.

Seiring perkembangan teknologi, e-wallet hadir dalam bentuk aplikasi smartphone praktis. Beberapa contoh produk e-wallet yang kita kenal adalah Gopay, Ovo, Dana, dan Shopeepay.

Baca juga: Mengenal Lebih dalam Mengenai Sistem Transaksi yang Berlaku di Indonesia

4. Aplikasi Trading

Selain layanan perbankan, saat ini layanan investasi seperti trading dan reksadana juga hadir dalam bentuk aplikasi smartphone. Biasanya aplikasi ini bisa dihubungkan dengan layanan bank digital atau e-wallet. Jadi dimana dan kapan saja, kita bisa melakukan investasi lalu mendapatkan keuntungan.

Meskipun kelihatannya mudah, tidak semua aplikasi aman digunakan. Pastikan aplikasi yang dipasang di smartphone benar-benar aman dan perusahaan pembuatnya telah mengantongi izin dari lembaga terkait seperti OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

5. Aplikasi Manajemen Keuangan

Apabila dulu kita harus mendatangi lembaga akuntansi untuk berkonsultasi tentang masalah keuangan pribadi ataupun perusahaan, saat ini kita bisa meng-install aplikasi manajemen keuangan untuk mendapatkan informasi dan layanan yang dibutuhkan. Aplikasi manajemen keuangan sendiri merupakan produk dari startup yang bergerak di bidang finansial.

Aplikasi ini biasanya memuat ragam informasi keuangan dan berbagai produk finansial profesional tepercaya. Berkat salah satu contoh inovasi finansial atau investasi ini, kita bisa lebih bijak dalam membelanjakan uang serta memiliki kesempatan untuk mendapatkan untung dari inovasi yang dilakukan.

Jadi, mana contoh inovasi yang cukup memberikan banyak manfaat? Itulah ulasan tentang 5 inovasi di bidang keuangan dan investasi yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

2 COMMENTS

Comments are closed.