Career Shifting Adalah: Definisi dan Tipsnya

0
546
Career Shifting Adalah: Definisi dan Tipsnya

Dalam perjalanan karir, pasti ada saat di mana kita merasa jenuh, bosan, dan stagnan. Baik dari sisi pekerjaan yang dilakukan, suasana pekerjaan, rekan kerja, hingga gaji yang didapatkan. Tak jarang, banyak orang yang memilih untuk melakukan career shift atau pindah karir.

Career shifting atau juga dikenal dengan istilah career switch atau career change adalah perpindahan karier seseorang dari satu bidang keahlian ke bidang keahlian lain. Sebelum memutuskan untuk pindah jalur karir, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan berikut ini.

1. Evaluasi kepuasan kerja saat ini

Coba lakukan evaluasi kepuasaan terhadap pekerjaan yang dilakukan saat ini. Misalnya dengan membuat jurnal harian terhadap situasi pekerjaan. Tulis aspek mana saja yang disukai dan tidak disukai dari pekerjaan. Lalu tulis juga apa ketidakpuasan yang berhubungan dengan pekerjaan, bagaimana budaya pekerjaan, dan bagaimana orang-orang yang bekerja dengan kita di kantor.

2. Lakukan penilaian terhadap minat, value, dan skill

Tinjau kembali peran suksesmu di masa lalu, pekerjaan sukarela, proyek dan pekerjaan yang pernah dilakukan untuk mengidentifikasi kegiatan dan skill atau keterampilan yang disukai. Tentukan apakah value dan skill inti yang dimiliki ditujukan untuk karier mu saat ini.

3. Pertimbangkan alternatif karir

Coba brainstorm ide untuk alternatif karier dengan meneliti pilihan karier dan mendiskusikan nilai-nilai dan keterampilan yang kamu miliki dengan keluarga, teman, dan networking yang dimiliki. Jika kesulitan menemukan ide, Mommies juga bisa pertimbang kan untuk bertemu dengan konselor karir untuk mendapatkan nasihat profesional.

4. Ambil kelas atau kursus

Untuk mendapatkan peluang yang akan menjembatani latar belakang mu dengan bidang baru yang akan diambil, cobalah untuk mengambil kelas atau kursus. Kamu juga bisa coba untuk meluangkan waktu di akhir pekan untuk mendapatkan seminar yang bisa menambah pengetahuan untuk bidang karir baru.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut