Cara Pinjam Uang di Bank Serta Tips Agar Disetujui!

0
951
Pinjam Uang di Bank

Cara Pinjam Uang di Bank – Ada beragam alasan mengapa Anda mungkin membutuhkan pinjaman uang, mulai dari mencari modal usaha, biaya renovasi rumah, serta keperluan lain yang membutuhkan urgensi tinggi. Apa pun alasannya, tempat untuk mencari pinjaman terbaik tentu saja adalah bank.

Sebagian orang menghindari pinjaman lewat bank karena menganggap prosesnya terlalu rumit. Padahal, proses tersebut telah dirancang sedemikian rupa untuk menjamin kelancaran pinjaman dan urusan Anda. Pada akhirnya, pinjaman lewat bank jauh lebih terjamin legalitasnya daripada pinjaman kilat melalui beragam aplikasi fintech yang kini merajalela.

Bagi Anda yang tidak memahami cara pinjam uang di bank, artikel ini akan memberikan penjelasan singkat mengenai tata cara mengajukan pinjaman dan tips untuk mendapat persetujuan dengan cepat.

Cara dan Syarat Mengajukan Pinjaman

Pertama-tama, penting untuk dipahami bahwa syarat peminjaman dana sangat bervariasi pada tiap bank. Untungnya, ada beberapa syarat dasar harus dipenuhi oleh calon peminjam dan berlaku untuk hampir semua bank di Indonesia, yaitu:

  • Fotokopi bukti identitas resmi, entah itu KTP, KK (kartu keluarga), atau akta nikah apabila status Anda sudah menikah.
  • Slip gaji. Beberapa bank meminta bukti berupa slip gaji asli, tetapi ada juga yang hanya meminta fotokopi slip tersebut.
  • Fotokopi bukti pembayaran pajak berupa nomor NPWP atau dokumen sejenis.
  • Fotokopi buku tabungan atas nama orang yang mengajukan pinjaman.
  • Dokumen penjamin. Pada umumnya, bank akan meminta Anda menyertakan bukti-bukti kepemilikan benda berharga yang akan dipakai sebagai jaminan pinjaman. Benda yang dimaksud bisa berupa rumah, tanah, kendaraan bermotor, atau surat-surat berharga.

Sebelum membawa dokumen-dokumen tersebut ke bank pilihan Anda, sebaiknya hubungi call center bank yang bersangkutan atau datang secara langsung ke bank untuk meminta penjelasan yang lebih lengkap dari petugas customer service. Dengan demikian Anda akan benar-benar memahami cara pinjam uang di bank tersebut.

Tips Mendapat Persetujuan Pinjaman dari Bank

Sama seperti tempat lain yang menawarkan pinjaman uang, bank juga memiliki hak untuk menolak pengajuan pinjaman Anda apabila ada syarat atau ketentuan yang tidak terpenuhi.  

Selain itu, tiap bank juga memiliki pertimbangkan khusus untuk memberi persetujuan kepada calon peminjam, misalnya berdasarkan riwayat keuangan atau jenis pekerjaan yang ia lakukaan saat itu.

Setelah mengetahui cara pinjam uang dari bank, perhatikan beberapa tips berikut ini untuk mendapat persetujuan yang lebih cepat:

  • Pastikan Anda Tidak Memiliki Cicilan atau Utang Lain dalam Jumlah Besar

Hal ini adalah salah satu sandungan terbesar saat seseorang mencoba mengajukan pinjaman ke bank. Pasalnya, bank selalu melakukan perhitungan cermat mengenai kondisi keuangan Anda untuk memastikan risiko pemberian pinjaman masih ada dalam ambang normal.

Beberapa bank bahkan memberikan syarat untuk menyertakan dokumen yang menyatakan bahwa Anda bebas dari pinjaman di tempat lain. Oleh sebab itu, pastikan Anda tidak memiliki tanggungan atau kredit (terutama dalam jumlah besar) saat mengajukan pinjaman.

  • Jaga Skor Kredit Anda

Skor kredit adalah nilai yang diberikan berdasarkan riwayat peminjaman yang pernah Anda pakai. Skor ini biasanya juga diambil dari riwayat kredit Anda di bank yang bersangkutan.

Apabila Anda sudah menjadi nasabah suatu bank dalam jangka panjang dan telah menyelesaikan pembayaran kredit secara teratur, besar kemungkinan pinjaman yang Anda ajukan akan mendapat persetujuan dalam waktu singkat.

Baca juga: Pentingnya Mengetahui Apa Itu Credit Scoring

  • Cari Program yang Tepat Sesuai Kebutuhan Anda

Tiap bank memiliki beragam program pemberian pinjaman kepada para nasabahnya. Jika Anda pernah menjadi kreditur di sebuah bank dan mendapat skor kredit yang baik, Anda mungkin akan mendapat penawaran pinjaman langsung dari bank meskipun tidak mencarinya.

Mempelajari keuntungan dari masing-masing program pinjaman adalah hal pertama yang harus dilakukan sebelum menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan. Keuntungan yang dimaksud bisa berupa pengurangan atau penghapusan bunga, pemberian hadiah tertentu, cashback. atau penambahan tenor pinjaman tanpa syarat.

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai cara pinjam uang di bank beserta tips untuk mendapat persetujuan dengan lebih cepat. Dari tulisan di atas, dapat dilihat bahwa pengajuan pinjaman ke bank sejatinya membutuhkan persyaratan yang cukup mudah. Oleh sebab itu, jangan segan untuk mengajukan pinjaman apabila Anda benar-benar membutuhkannya.

Akhir kata, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang tepat bagi Anda yang membutuhkan. Hubungilah bank pilihan Anda untuk mendapat informasi yang lebih lengkap.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]