Tips Memilih Pinjaman Untuk Renovasi Rumah

0
445
Pinjaman Untuk Renovasi Rumah

Renovasi rumah sering kali memakan biaya yang cukup besar, terutama jika Anda melakukan renovasi total yang membutuhkan banyak tenaga, material, serta waktu. Karena alasan ini, wajar jika Anda mempertimbangkan untuk mencari pinjaman sebelum merenovasi rumah.

Kabar baiknya, saat ini ada banyak program pinjaman untuk renovasi rumah, baik dari bank atau lembaga-lembaga pembiayaan swasta lainnya. Dengan kata lain, Anda memiliki banyak opsi untuk mencari pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kabar buruknya, memilih pinjaman yang tepat dapat menjadi pekerjaan yang cukup melelahkan, terutama jika Anda belum berpengalaman dalam pengajuan kredit jangka menengah dan panjang.

Untuk membantu Anda mencari pinjaman untuk renovasi rumah yang paling pas, ikutilah beberapa tips berikut ini:

Utamakan Pinjaman dari Bank

Seiring menjamurnya jasa peminjaman dana kilat atau fintech yang menawarkan pinjaman tunai dengan syarat minimal, Anda mungkin kurang tertarik dengan program yang diberikan bank karena persyaratannya yang lebih banyak. Padahal, pinjaman lewat bank jauh lebih aman dan terjamin daripada lembaga-lembaga lain yang tidak jelas.

Utamakanlah bank untuk mencari dana pinjaman. Jangan mudar tergiur dengan iming-iming dana kilat dan persyaratan yang ringan. Ingat, sudah banyak kasus penipuan terselubung melalui pinjaman daring ilegal.

Gunakan Bank Langganan Anda

Pinjaman untuk renovasi rumah umumnya berupa uang tunai sehingga proses pengajuannya sama seperti pengajuan pinjaman lain. Oleh karena itu, bank biasanya memakai skor kredit untuk memberi persetujuan peminjaman dana kepada Anda selaku kreditur.

Pakailah bank langganan yang sudah Anda pakai dalam waktu lama. Jika bisa, pakailah bank yang pernah Anda pakai untuk membayar cicilan atau kredit tertentu sampai lunas. Riwayat kredit tersebut adalah patokan skor kredit yang berpengaruh besar terhadap persetujuan pinjaman Anda.

Pilih Program Khusus Renovasi Rumah

Besarnya minat masyarakat untuk mengajukan pinjaman dengan alasan renovasi rumah membuat banyak bank berlomba-lomba membuat program yang mewadahi minat tersebut. Sebagai gambaran, inilah beberapa program yang cukup diminati:

  • Bank BCA – Program Renovasi Hunian Saya

Sebagai salah satu bank swasta dengan pasar terbesar di Indonesia, BCA menghadirkan program Renovasi Hunian Saya untuk para krediturnya. Program ini memungkinkan Anda untuk memilih sendiri jenis angsuran (angsuran tetap atau fleksibel) serta jaminannya.

  • Bank Mandiri – Program KPR Multiguna

Program yang diselenggarkan oleh Bank Mandiri ini dapat diikuti oleh Anda yang berpenghasilan minimal 5 juta per tahun. Batas kredit yang bisa diajukan cukup besar, yaitu hingga 10 miliar untuk jangka waktu maksimal 10 tahun. Jika memilih tenor 8 tahun atau lebih, Anda hanya akan dikenakan bunga flat sebesar 0,42% untuk 3 tahun pertama.

  • Bank BNI – Program Griya Multiguna

BNI memiliki program angsuran berbunga rendah untuk memberi kesempatan pinjaman untuk renovasi rumah kepada para nasabahnya. Anda bisa mengajukan pinjaman hingga 10 tahun dengan persyaratan yang relatif mudah. Anda bisa mengajukan kredit untuk mengikuti program ini dengan mengisi formulir daring yang tersedia di situs resmi BNI.

Baca juga: 5 Produk Perbankan yang Paling Sering Digunakan

Hitung Tenor Pinjaman

Kebanyakan orang fokus menghitung besaran dana yang hendak dipinjam tanpa merencanakan tenor pembayaran angsuran. Padahal, tenggat pembayaran terkadang bisa saja “bertabrakan” dengan hal-hal lain yang membutuhkan biaya tidak sedikit.

Sebagai contoh, jika Anda mengajukan pinjaman selama jangka panjang sesaat sebelum memasuki usia pensiun, besar kemungkinan pinjaman tersebut akan ditolak karena dianggap “berisiko” tinggi bagi pihak bank. 

Sebagai contoh lain, Anda mungkin akan kesulitan melakukan pembayaran angsuran di satu waktu karena harus membayar biaya sekolah anak atau keperluan lainnya. Hal ini wajib menjadi pertimbangkan tersendiri sebelum menentukan tenor angsuran.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips memilih pinjaman untuk renovasi rumah. Pada akhirnya, memiliki rumah yang bagus dan laik huni adalah impian semua orang. Apabila tidak ada sumber dana primer yang tersedia, mengajukan pinjaman tentu menjadi salah satu opsi terbaik.

Anda tentu sudah memiliki pertimbangan sendiri sebelum memutuskan untuk merenovasi rumah dengan dana pinjaman. Hal ini adalah praktik yang wajar selama Anda sanggup melunasinya dalam jangka yang sudah ditentukan dan bertanggung jawab terhadap keputusan tersebut.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]