Contoh Proposal 17 Agustus Agar dapat Diterima!

0
1484
Contoh Proposal 17 Agustus

Contoh  Proposal 17 Agustus – Tepat pada tanggal 17 Agustus 2021 nanti seluruh masyarakat Indonesia akan memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia. Momen tersebut biasanya diisi dengan sambutan suka cita mengingat perjuangan yang dilakukan para pahlawan yang sudah berkorban jiwa raga untuk kemerdekaan Indonesia. Tidak hanya bersuka cita tetapi juga biasanya diisi dengan pengibaran bendera merah putih dan melakukan lomba secara serempak pada hari tersebut.

Karenanya, untuk menyukseskan kegiatan tersebut biasanya dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak salah satunya melalui kegiatan untuk pengumpulan dana secara kolektif. Namun, sebelum melakukan pengumpulan dana biasanya akan mengajukan terlebih dahulu. Sudah tahu prosesnya harus mulai darimana pengajuannya?

Pengajuan Dana dengan Melalui Proposal 17 Agustus

Saat ingin melakukan pengajuan dana pastikan terlebih dahulu untuk membuat proposal dengan baik sehingga kemungkinan untuk mendapatkan dana bisa lebih besar. Karenanya, kita akan membahas cara dan contoh proposal 17 Agustus yang baik dan benar.

  • Penulisan Pada Cover

Untuk membuat proposal 17 Agustus yang baik dan benar tentunya memiliki tahapan-tahapan yang sesuai sehingga maksud dan tujuan dari pengajuan proposalnya juga dapat tersampaikan. Susunan proposal adalah hal yang paling wajib untuk diperhatikan mulai dari isi hingga cara penulisannya.

Dimulai dari cara penulisan peringatan serta dirgahayu juga harus benar ya contohnya seperti di bawah ini:

Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia
HUT ke-75 RI
Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia
Peringatan Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia
Selamat Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia

  • Maksud dan Tujuan

Seringkali isi proposal dari 17 Agustus ini bertele-tele dan tidak memberikan penjelasan yang baik. Padahal, harusnya proposal yang baik dan benar harus disampaikan dengan jelas dan terperinci. Karenanya, hindari kalimat yang berlebihan agar maksud dan tujuannya dapat tersampaikan dengan baik.

  • Cantumkan Kebutuhan Biaya

Hal lainnya yang penting adalah menyangkut kebutuhan biaya. Dimana salah satu tujuan utama pembuatan proposal ini adalah permohonan bantuan dana, karena itu dapat menyertakan juga kebutuhan biaya yang dibutuhkan dalam kegiatan tersebut.

  • Transparansi

Terakhir juga jangan lupa terkait transparansi. Kamu dapat menyertakan susunan panitia serta dengan siapa uang tersebut dikelola. Bahkan, kamu dapat menyampaikan untuk apa nantinya uang yang dikumpulkan itu digunakan.

  • Contoh Proposal 17 Agustus

Latar Belakang

17 Agustus adalah hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia dimana setiap tanggal tersebut, rakyat Indonesia memperingati hari kemerdekaan. Dengan semangat patriotisme itu juga dapat menjadikan kita manusia yang memiliki jiwa nasionalisme dan kecintaan terhadap tanah air.

Karena itu, karang taruna kelurahan ….. Memiliki inisiatif untuk menyelenggarakan perlombaan serta pentas seni demi memperingati hari kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia.

Baca juga: Sejarah 17 Agustus 1945 Sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia!

Landasan Kegiatan

UUD 1945, Pancasila, Anggaran Dasar Karang Taruna, Anggaran Rumah Karang Taruna dan Program Kerja Karang Taruna.

Nama dan Tema Kegiatan

Kegiatan ini adalah Peringatan HUT Kemerdekaan ke-75 RI dengan Tema “Indonesia Maju”.

Tujuan Kegiatan

Tujuan diadakannya acara ini juga antara lain yaitu:

Mengajak seluruh warga untuk mengingat jasa para pahlawan
Mempererat tali silaturahmi antar sesama warga
Meningkatkan semangat juang dalam meraih prestasi bagi anak-anak
Memupuk jiwa sportifitas dalam berlomba bagi anak-anak

Bentuk Kegiatan

Kegiatan yang akan dilaksanakan untuk memperingati HUT ke-76 RI adalah lomba 17-an dengan beberapa jenis lomba seperti di bawah ini yaitu:

1. Lomba Anak-anak
Balap Kelereng
Pecah Air
Balap Karung
Memasukan Paku ke Botol
Pecah Balon
Makan Kerupuk
Mengambil Koin Dalam Jeruk

2. Lomba Group
Balap Bakiak
Volley Net Tertutup
Sepak Bola Daster

Pelaksanaan Kegiatan

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Hari dan Tanggal : Sabtu dan Minggu, 17 dan 18 Agustus 2021

Waktu : 09.00 s.d. Selesai

Tempat : Lapangan ……

Panitia Pelaksana

Susunan Panita 17-an Karang Taruna:
Penanggung Jawab: …………
Ketua Panitia: …………
Wakil Ketua: …………
Sekretaris: …………….
Bendahara: …………….

Seksi Acara: ……….
Seksi Dokumentasi: ………
Seksi Upacara: ………..
Seksi Peralatan: …………
Seksi Lomba: ……….

Estimasi Biaya

Karung 15 item Rp50.000
Bakiak 5 pasang Rp100.000
Kerupuk 1 kaleng Rp75.000
Buah jeruk 1 kg Rp25.000
Balon 50 Pcs Rp20.000
Bola Plastik 5 pcs Rp10.000
Kertas kado 5 pcs Rp10.000
Tali tambang 2 pcs Rp50.000
Bendera merah putih 1 buah Rp50.000
Konsumsi dewan juri Rp 200.000
Benang/tali 1 pcs Rp5.000
Bendera merah putih 5 buah Rp100.000
Perlengkapan hadiah Rp700.000
Akuntabel Rp50.000
Sewa panggung Rp2.000.000

Total Kebutuhan dana Rp3.455.000

Penutup

Demikian proposal 17 Agustus yang kami ajukan sebagai bahan pertimbangan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Itulah cara dan contoh proposal 17 Agustus yang bisa kamu persiapkan apabila kamu ingin mengajukan proposal, ingat pastikan untuk memahami setiap bagian dari contoh proposal 17 Agustus di atas agar lebih mudah dipahami.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]