Cari Baju Murah dan Berkualitas? Cek Brand Lokal Keren Ini!

3
3562
Brand Lokal

Produk clothing branded digemari karena kualitas dan desainnya yang menarik. Namun, produk dari brand lokal Indonesia juga tidak kalah saing, baik itu dari segi kualitas, desain, maupun harga. Bahkan, tidak sedikit brand clothing lokal yang sudah berhasil menembus pasar internasional. Jadi, bagi Anda yang sedang mencari inspirasi bisnis, khususnya yang berhubungan dengan usaha clothing, berikut adalah beberapa brand lokal yang sukses menancapkan namanya di industri fashion tanah air. 

  • Our Clothing

Biasa disingkat OCLO, brand lokal asal Bandung ini menawarkan aneka produk busana wanita berkualitas dengan desain terkini. Tak cuma lewat situs daring, produk-produk OCLO juga bisa dibeli langsung di toko offline mereka yang beralamat di Jalan Caringin Cikungkurak Nomor 8 RT 1 RW 6, Kelurahan/Kecamatan Babakan Ciparay, Bandung, Jawa Barat. Untuk harga, produk busana dari OCLO terbilang ramah di kantong karena dibanderol mulai dari Rp70 ribuan.  

  • Erigo

Bicara soal brand lokal Indonesia, Erigo bisa dikatakan sebagai salah satu clothing line terkemuka di kalangan anak muda. Produknya juga sangat variatif, mulai dari kaus oblong, jaket, hingga celana. Sebelum dikenal dengan nama Erigo, brand besutan Muhammad Sadad ini awalnya disebut Selected and Co, yang didirikan tepatnya pada 2010 silam.

Sempat mengalami keterpurukan, Erigo pun sukses melakukan rebranding pada bisnis clothing-nya pada tahun 2015. Sebelumnya, brand lokal ini menjual batik kasual dan kemudian beralih ke fashion bertema traveling dan streetwear. Kini, produk fashion Erigo bisa dengan mudah dibeli di offline stores mereka yang tersebar di beberapa kota besar, serta melalui situs web resmi atau platform e-commerce

  • RSCH

Disebut sebagai salah satu pelopor dalam industri clothing Indonesia, RSCH atau Ouval Research telah berdiri sejak tahun 1997. Adalah Muhammad Rizki Yanuar, Irman, dan Arif Mascom, orang-orang yang memprakarsai berdirinya brand lokal terkemuka ini. Berangkat dari hobi yang sama, yakni skateboard, hingga kemudian kompak menggeluti bisnis clothing, ketiganya sukses membuka setidaknya belasan toko resmi RSCH di beberapa kota besar di tanah air. 

Pun, produk clothing line asal Bandung ini telah bekerja sama dengan ratusan reseller, yang tidak hanya datang dari dalam negeri, tetapi bahkan sudah sampai ke tingkat internasional. Nah, berbeda dengan brand distro pada umumnya, RSCH lebih suka mengusung tema tipografi untuk desain clothing mereka. 

  • Screamous

Produk dari brand ini juga menjadi salah satu yang banyak diincar di acara-acara expo clothing. Didirikan pada 2004 silam, Screamous adalah clothing line yang lahir di Bandung dan awalnya bergerak di bisnis distro. Jadi, sebelum benar-benar menjual produk sendiri, Screamous sempat menerima titipan dari pengrajin clothing lain. 

Namun setelah itu, Nino Norman selaku pendiri Screamous memutuskan untuk memperluas ragam produksi mereka—dengan target pembeli dari rentang usia 18 hingga 24 tahun. Harga clothing buatan Screamous dijual mulai dari Rp100 ribuan sampai Rp400 ribuan. 

Baca juga: 7 Peluang Usaha yang Paling Menjanjikan di 2020

  • Adorable Projects

Pecinta fashion di tanah air tentunya tidak asing lagi dengan Adorable Projects. Resmi berdiri pada tahun 2008 silam, brand fashion asal Bandung ini diprakarsai oleh Ira Hanira dan Fajar Nugraha. Dari yang awalnya cuma modal ratusan ribu rupiah, omzet Adorable Projects sekarang sudah menyentuh ratusan juta per bulan. 

Uniknya, sebelum menggeluti bisnis clothing, brand ini awalnya hanya menjual aksesori seperti cincin, kalung, gelang, dan anting. Baru setelah itu, Adorable Projects mulai memproduksi jenis fashion item lain, khususnya clothing. Mulai dari atasan hingga bawahan, produk clothing dari brand ini pun dipasarkan dengan harga bersahabat untuk kalangan anak muda, yaitu mulai dari Rp150 ribuan.

  • Cosmic

Brand lokal Indonesia yang berdiri pada tahun 2001 ini dirintis oleh Yudhi Febriantono. Berbekal ilmu di bidang desain, bisnis pertama yang diambil Yudhi kala itu adalah mendesain kaus Golf. Baru setelahnya, brand ini mulai merambah pasar distro dan sekarang menjadi salah satu yang terdepan dalam bisnis clothing lokal. 

Jika kebanyakan brand lain hanya fokus pada salah satu segmen saja, entah itu fashion pria atau wanita, Cosmic justru menawarkan lebih banyak pilihan. Pada tahun 2010, misalnya, brand ini meluncurkan sebuah merek baru yang diberi nama Cosmic Girl dan setelah itu disusul beberapa line baru, seperti Cosmic Kids dan Infamous yang ditujukan untuk pasar kelas atas. 

Demikian ulasannya, apakah sekarang Anda tertarik untuk mencoba bisnis clothing

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah berizin resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

pinjaman modal usaha

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected].

3 COMMENTS

Comments are closed.