Gaya Casual yang Selalu Jadi Pilihan Pekerja Serta Contohnya

0
10943
Gaya Casual

Gaya casual adalah salah satu gaya berpakaian yang cenderung santai dan fokus pada kenyamanan pemakainya. Selama beberapa waktu terakhir, gaya casual pun mulai banyak diterapkan pula dalam lingkungan kerja profesional. Kelompok milenial dan gen Z khususnya, pun kini lebih banyak memilih gaya smart casual untuk pergi ke kantor dan bertemu klien bisnis.

Apa Itu Gaya Casual?

Dunia fashion tidak pernah berhenti menghadirkan berbagai gaya dan tampilan baru untuk berbagai suasana dan kesempatan. Namun, banyaknya pilihan ini terkadang justru membuat beberapa orang bingung menentukan gaya apa yang cocok dan bahkan dapat menunjukkan kepribadian atau karakter mereka.

Dari sekian banyak pilihan yang ada, gaya casual adalah salah satu gaya yang paling banyak diminati. Gaya casual pada dasarnya merujuk pada pakaian yang dapat digunakan sehari-hari dan nyaman digunakan untuk melakukan beberapa aktivitas yang berbeda sekalipun. Gaya casual pun memberi kesan yang santai tanpa berarti menghilangkan kerapian maupun kelas.

Bagi perempuan, salah satu contoh gaya casual adalah T-shirt polos yang dipadukan dengan celana kulot berbahan santai seperti linen dan sandal santai dengan hak yang tidak terlalu tinggi. Sebagai aksesori, gunakan jam tangan dan kalung yang simpel agar tidak terlalu ramai, tetapi cukup memberikan statement.

Smart Casual Jadi Pilihan untuk Situasi Lebih Formal

Nah, untuk urusan ke kantor atau acara yang lebih formal, dikenal gaya bernama smart casual. Merujuk dari Oxford Dictionary, smart casual adalah kode atau gaya berpakaian yang rapi dan konvensional, tetapi tidak formal. 

Kendati mengusung kata “casual”, bukan berarti smart casual “sebebas” saat kamu menerapkan gaya casual biasa. Pasalnya, smart casual merupakan titik temu dan keseimbangan antara gaya casual yang santai dan formal sehingga kamu tetap harus menerapkan etika yang tepat sesuai lingkungan formal yang akan didatangi.

Seperti contoh gaya smart casual adalah penggunaan celana jeans dan T-shirt dengan ukuran yang pas (tidak terlalu kecil atau besar; bukan model crop-top), lalu padankan dengan blazer. Jenis alas kaki yang dapat dikenakan pun bervariasi, baik sneakers, loafers, heels, atau yang lainnya—selama bukan sandal atau jenis lainnya yang memberi impresi terlalu santai.

Berpakaian seperti ini tidak cuma cocok digunakan pada lingkungan profesional. Jika kamu makan siang di sebuah kafe atau restoran maupun berbelanja misalnya, berpakaian smart casual tidak akan meninggalkan kesan yang berlebihan dan terlalu eksklusif—berbeda jika kamu mengenakan setelan kemeja dan blazer yang terlihat terlalu formal dan kaku.

blog100

Ciri-Ciri Gaya Casual

Gaya casual dapat diadaptasi oleh siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Kamu pun dapat berkreasi dengan aneka mix and match sesuai mood atau lingkungan yang akan dikunjungi. 

Adapun beberapa ciri gaya casual adalah sebagai berikut.

Tidak Banyak Detail dan Motif

Desain pakaian casual cenderung sederhana sehingga tidak terlalu banyak motif, pola, dan corak. Umumnya gaya casual cenderung pada pakaian yang polos dan warna-warna yang netral dan tidak terlalu mencolok atau atau terlalu kontras bertabrakan. 

Baca juga: Cari Baju Murah dan Berkualitas? Cek Brand Lokal Keren Ini!

Nyaman Dipakai

Titik berat gaya casual adalah pembawaan yang santai dan rasa nyaman penggunanya. Oleh sebab itu, pastikan kamu memilih pakaian dengan bahan yang pas dan membuatmu merasa nyaman. Beberapa contoh bahan yang biasa dipakai untuk gaya casual adalah denim, linen, dan katun—tanpa menutup kemungkinan bahan-bahan seperti suede, wool, dan yang lain juga bisa digunakan untuk model pakaian casual.

Aksesori Tidak Berlebihan

Selain pakaian, aksesori yang kamu kenakan juga menjadi kelengkapan gaya. Saat memilih gaya casual, pastikan kamu tidak memakai terlalu banyak aksesori—kamu bahkan dapat menggunakan satu aksesori saja yang cukup memberi statement kuat seperti jam tangan. Di samping itu, pastikan desain aksesori tersebut juga tidak berlebihan—pilihlah desain yang simpel dan cenderung timeless. 

Gaya casual adalah pilihan terbaik untuk kamu yang ingin tampil santai dan nyaman. Kamu dapat mengkombinasikannya dengan berbagai jenis pakaian sesuai occasion yang akan didatangi. Dengan padu padan yang tepat, kamu dapat tetap terlihat chic dan bahkan profesional tanpa menghilangkan kenyamanan.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan UntuCari Baju Murah dan Berkualitas? Cek Brand Lokal Keren Ini!k UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].