Apa Itu UKT dan Apa Bedanya dengan BKT?

0
11355
UKT Adalah

UKT Adalah – Sejak tahun 2013 silam, semua perguruan tinggi di Indonesia menerapkan sistem UKT atau Uang Kuliah Tunggal. Kebijakan ini dilakukan untuk memberikan kemudahan pada calon mahasiswa yang masuk dalam golongan tidak mampu. UKT juga dianggap sangat sederhana karena biaya yang diterapkan tunggal dan sama rata sejak semester awal sampai akhir.

Selain UKT, ada istilah lain dalam sistem pembayaran kuliah. Istilah itu memiliki nama BKT atau Biaya Kuliah Tunggal. Dua istilah ini saling terkait satu dengan lainnya meski terdapat perbedaan yang sangat besar. Kalau Anda ingin tahu seperti apa pengertian UKT, BKT, dan perbedaannya, simak ulasan di bawah ini.

Pengertian UKT

Uang Kuliah Tunggal atau UKT adalah biaya yang dibebankan pada mahasiswa dalam satu semester penuh. Sistem biaya ini diaktifkan oleh pemerintah untuk mengatasi masalah pada masyarakat tidak mampu. Dengan sistem ini, pemerintah mampu melakukan subsidi silang sesuai dengan kebutuhan. Jadi, pemberian subsidi bisa tepat sasaran dan maksimal.

Sistem ini dianggap cukup sempurna untuk memberikan pemerataan biaya. Pemerintah tidak membuat biayanya habis, tapi dikurangi sesuai dengan kondisi keuangan. Penentuan ini biasanya dilakukan saat tahap wawancara atau survei langsung ke rumah calon mahasiswa.

Sistem UKT berbeda dengan sistem lawas yang membagi biaya kuliah jadi banyak komponen. Di masa lalu, biaya kuliah terbagi menjadi biaya semester, uang gedung, biaya praktikum, dan lainnya. Kalau menggunakan sistem UKT, semua biaya akan dijumlah jadi satu lalu dibagi rata sampai 8 semester.

Cara Menghitung UKT

UKT adalah biaya yang dihitung berdasarkan beberapa kriteria. Umumnya sebuah kampus negeri akan membagi biaya UKT menjadi beberapa kategori. Nantinya, calon mahasiswa akan dikelompokkan untuk masuk ke kategori tertentu mulai terendah sampai tinggi.

UKT dilihat dengan menjumlahkan semua penghasilan orang tua atau wali, melihat kondisi rumah, jumlah kendaraan yang dimiliki, dan aset lainnya. Dari melihat data ini saat wawancara, tim penaksir dari universitas akan tahu berapa biaya yang mampu ditanggung oleh seseorang.

Pengertian BKT

BKT atau Biaya Kuliah Tunggal adalah biaya yang dihitung berdasarkan biaya langsung dan tak langsung. Singkatnya biaya ini adalah apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan perkuliahan. Biaya ini dipatok rata ke semua orang tanpa terkecuali. 

Biasanya setiap kampus dan jurusan memiliki BKT yang berbeda-beda. Mahasiswa yang kuliah di jurusan Hukum akan memiliki BKT yang berbeda dengan mereka yang kuliah di jurusan Kedokteran.

Selanjutnya jurusan yang sama di kampus satu dengan lain juga akan berbeda. Apalagi ada perbedaan pada fasilitas dan tingkat akreditasi.

Baca juga: 5 Pilihan Investasi Dana Pendidikan Untuk Anak!

Cara Menghitung BKT

BKT dihitung berdasarkan rumus yang sudah pakem. 

BKT = C x K1 x K2 x K3

C merupakan biaya kuliah dasar dari kampus tertentu. K1 merupakan indeks program studi, K2 diartikan sebagai indeks mutu perguruan tinggi, dan terakhir K3 adalah indeks kemahalan wilayah.

Perbedaan BKT dan UKT

Secara umum perbedaan mendasar antara BKT dan UKT adalah:

  • UKT adalah biaya berdasarkan kondisi ekonomi atau keuangan calon mahasiswa. Sementara itu BKT adalah biaya pada jurusan tertentu yang belum diotak-atik.
  • UKT diberikan untuk subsidi silang sehingga keluarga mampu mensubsidi keluarga tidak mampu. Kondisi ini membuat semua calon mahasiswa tidak mampu yang berpotensi tinggi tetap bisa kuliah.
  • Penerapan UKT berdasar BKT. Jadi semakin tinggi BKT, biaya UKT juga tetap tinggi karena subsidi tidak bisa dilakukan sepenuhnya. Untuk beberapa jurusan, bisa saja biayanya sangat rendah. BKT hanya dihitung berdasarkan biaya standar operasional saja.

Seperti yang sudah dibahas di atas UKT adalah biaya modifikasi yang akan dibebankan pada sebagian mahasiswa. Semua orang akan dipatok biayanya sesuai dengan kondisi ekonomi. Kalau seorang mahasiswa mampu secara finansial, penerapan UKT tidak akan dilakukan. Dasar dari UKT adalah  tingkat kemampuan orang tua.

UKT adalah biaya yang masih diterapkan pada beberapa mahasiswa yang masuk kategori tidak mampu sampai sekarang. Efeknya, ada mahasiswa dengan biaya lebih tinggi karena digunakan untuk subsidi silang. 

Penerapan UKT dan BKT sangat membantu mahasiswa yang tidak mampu secara finansial. Dengan begitu, siapa saja bisa kuliah dengan baik.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah berizin resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

pinjaman modal usaha

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]