Daftar Lengkap Biaya Transfer Antar Bank

3
23761
Biaya Transfer Antar Bank

Transfer uang lewat bank saat ini menjadi aktivitas harian yang sulit untuk dilewatkan. Seiring dengan meningkatnya aktivitas jual beli online, masyarakat pun semakin banyak menggunakan layanan perbankan ini. Dalam situasi tersebut, masyarakat tidak hanya membutuhkan layanan transfer sesama bank, tetapi juga antar bank. 

Cara penggunaan layanan transfer bank juga sangat mudah. Anda bisa melakukan pengiriman ke rekening bank lain tanpa harus datang ke kantor cabang terdekat. Sebagai gantinya, Anda dapat memilih berbagai cara mudah untuk transfer uang, seperti mobile banking ataupun internet banking.

Jenis dan Biaya Transfer Antar Bank di Indonesia

Berkaitan dengan penggunaan layanan transfer uang antar bank, Anda perlu tahu bahwa sistem perbankan tanah air mempunyai 3 jenis sistem. Ketiga sistem tersebut punya cara kerja serta biaya transfer antar bank yang berbeda, yaitu: 

  1. Real Time Gross Settlement (RTGS)

Kalau Anda ingin melakukan transfer antar bank dalam jumlah besar, metode yang dapat dipilih adalah RTGS. Sistem ini bekerja untuk pengiriman uang minimal Rp100 juta. Biaya transfer antar bank menggunakan sistem RTGS berkisar antara Rp25 ribu hingga Rp50 ribu. Dalam metode ini, uang bisa sampai di rekening penerima dalam kurun sekitar 4 jam. Namun, kalau transfer berlangsung di atas pukul 15.00, pengiriman akan diselesaikan esok harinya. 

  1. Kliring

Metode transfer uang antar bank selanjutnya adalah Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). Penggunaannya ditujukan untuk pengiriman uang dengan nominal lebih besar dari sistem transfer online. Di waktu bersamaan, nilainya juga tidak boleh melebihi Rp500 juta. Namun, batasan maksimal pengiriman uang melalui SKNBI terkadang bergantung dengan kebijakan masing-masing bank. 

Dibandingkan RTGS, biaya transfer antar bank menggunakan SKNBI relatif jauh lebih murah. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp2.900 per transaksi. Nominal biaya penggunaan layanan SKNBI tersebut mengalami penurunan per 1 April 2020, setelah sebelumnya berada di angka Rp3.500 per transaksi. 

  1. Transfer Online

Cara terakhir dan paling familier di kalangan masyarakat awam adalah transfer online. Transaksi ini bisa dilakukan secara cepat, dapat diterima bersamaan dengan waktu pengiriman. Cara pengirimannya juga mudah, dapat dilakukan lewat ATM, SMS banking, internet banking, serta mobile banking

Saat menggunakan layanan transfer online, Anda juga perlu mencermati biaya transfer antar bank yang dibebankan kepada pengirim. Biasanya, pihak bank menetapkan biaya berkisar antara Rp5.000 hingga Rp7.500 untuk setiap transaksi. Sementara itu, transfer sesama bank dapat dilaksanakan secara gratis. 

Dibandingkan dengan dua metode sebelumnya, transfer online memang memberi kemudahan terkait kecepatan pengiriman uang. Hanya saja, jumlah uang yang bisa dikirimkan sangat terbatas. Anda hanya bisa melakukan pengiriman uang maksimal sebanyak Rp50 juta kalau menggunakan metode transfer online

Untuk informasi lebih lengkap dan rinci terkait biaya transfer antar bank dengan metode transfer online, bisa dibaca sebagai berikut:

BCA ke Mandiri

  • Transfer antar bank yang dilakukan lewat ATM : Rp6.500
  • Transfer antar bank melalui internet banking : Rp6.500
  • Transfer antar bank lewat SMS banking : Rp6.500
  • Transfer antar bank via mobile banking : Rp6.500

Baca juga: Ini Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengajukan Pinjaman Bank

Transfer Antar Bank Sesama Jaringan LINK Himbara

LINK Himpunan Bank Negara merupakan jaringan yang terdiri dari empat bank negara, yaitu Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN. Mereka pun menetapkan kebijakan yang memberi rasa nyaman bagi para pengguna rekening sesama bank himbara. Berikut ini adalah biaya transfer antar bank yang berlaku di jaringan LINK Himbara:

  • Transfer antar bank sesama BUMN di ATM LINK : Rp4.000
  • Transfer antar bank via internet banking :  Rp6.500
  • Transfer antar bank lewat SMS banking : Rp6.500
  • Transfer antar bank via mobile banking : Rp6.500

Mandiri ke BCA

  • Transfer antar bank lewat ATM : Rp6.500
  • Transfer antar bank via internet banking : Rp6.500
  • Transfer antar bank via SMS banking : Rp6.500
  • Transfer antar bank via mobile banking : Rp6.500

BNI ke BCA

  • Transfer antar bank melalui ATM : Rp6.500
  • Transfer antar bank via internet banking : Rp6.500
  • Transfer antar bank lewat SMS banking : Rp6.500
  • Transfer antar bank via mobile banking : Rp6.500

BRI ke BCA

  • Transfer antar bank memakai ATM : Rp6.500
  • Transfer antar bank lewat internet banking : Rp6.500
  • Transfer antar bank melalui SMS banking : Rp6.500
  • Transfer antar bank via mobile banking : Rp6.500

Semoga bermanfaat, ya. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

3 COMMENTS

Comments are closed.