Beli Mobil Bekas? Ini Rincian Proses Biaya Balik Nama Mobil!

0
383
Biaya Balik Nama Mobil

Saat membeli mobil seken atau bekas, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan balik nama. Data pada STNK dan BPKB yang masih memakai pemilik lama akan diubah. Jadi, kendaraan akan resmi jadi hak milik Anda. Jadi, jangan malas saat melakukan balik nama agar kendaraan bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Saat melakukan balik nama, akan ada biaya besar yang  dibebankan. Biaya balik nama mobil umumnya menyesuaikan harga kendaraan. Untuk lebih memahami seperti apa rincian biaya balik nama mobil, simak ulasan di bawah ini.

Persyaratan Pengurusan Balik Nama

Sebelum memutuskan untuk melakukan balik nama mobil, ada baiknya untuk menyiapkan berkas atau persyaratan di bawah ini sampai lengkap.

  • Fotokopi KTP pemilik baru dari mobil yang sudah dibeli.
  • BPKB asli dari mobil dilengkapi dengan salinannya beberapa buah.
  • STNK asli dari mobil beserta salinannya beberapa buah.
  • Kuitansi atau bukti jual beli kendaraan yang sudah dibubuhi materai 6000. Dalam tanda bukti harus ada tanda tangan asli. Salinan dari kuitansi juga dibutuhkan.
  • Hasil cek fisik dari kendaraan yang dikeluarkan oleh Samsat setempat.

Semua berkas yang sudah disiapkan di atas langsung dibawa ke Samsat. Biasanya akan ada pendaftaran dan verifikasi sampai proses balik nama akhirnya selesai ditangani.

Tahap Mengurus Balik Nama

Saat mengurus balik nama mobil, tahapan di bawah ini akan dialami oleh semua orang:

  1. Melakukan pengecekan fisik secara detail mulai dari mesin sampai ke komponen lain. Petugas di Samsat yang memang sudah ahli di bidangnya akan melakukan pengecekan itu dan mengeluarkan hasilnya.
  2. Petugas akan memberikan semacam borang yang harus diisi dengan data kendaraan. Isi semuanya dengan benar khususnya data pada STNK. Selanjutnya, data yang sudah diisi bisa dibawa ke loket. Petugas akan mengarahkan apa Anda harus melakukan apa.
  3. Hafalkan nama pada STNK karena masih menggunakan pemilik lama. Kalau nama Anda dipanggil, segera datang ke lokasi yang disiapkan sambil membawa semua berkas.
  4. Saat bertemu dengan petugas, mereka akan meminta Anda untuk menunjukkan cek fisik kendaraan asli, STNK, BPKB, KTP pemilik baru, dan semua berkas yang sudah disebutkan sebelumnya.
  5. Petugas akan mengecek semuanya satu per satu. Jika sudah lengkap, Anda akan diarahkan ke loket khusus. Semua berkas yang disiapkan akan diberikan semuanya di sana.
  6. Kembali ke loket utama dan membayar biaya balik nama mobil yang sudah dibuat rinciannya. Pembayaran harus dilakukan sampai lunas. Petugas akan memberikan tanda bukti yang dipakai untuk pengambilan STNK dan BPKB baru.
  7. Waktu pengerjaan biasanya 5 hari kerja. Lebih dari itu, dokumen kendaraan yang baru sudah selesai dibuat.

Baca juga: Sedang Merencanakan Untuk Membeli Rumah? Perhitungan Biaya Pajak Jual Beli!

Biaya Balik Nama Mobil

Biaya balik nama mobil bervariasi dan bergantung pada merek atau tipe kendaraan. Namun, secara umum biaya di bawah ini akan dikenakan pada semua orang.

  • Biaya pendaftaran balik nama mobil. Umurnya sekitar Rp100.000.
  • Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor atau BBN KB. Biaya ini sekitar 1% dari harga beli. Misal harga mobil Rp200 juta. Biaya yang dibebankan sekitar Rp2 juta.
  • Biaya pembuatan STNK baru Rp200.000.
  • Biaya TNKB sebesar Rp100.000.
  • Biaya pembuatan BPKB baru Rp375.000.
  • Biaya untuk mengurus surat atau dokumen mutasi sekitar Rp250.000.

Selain biaya di atas, tidak ada lagi yang perlu dibayar. Kalau ada biaya lain-lain, coba tanyakan dulu. Dikhawatirkan biaya itu hanya pungli.

Biaya balik nama mobil tidak sedikit apalagi mobil yang dibeli berjenis premium atau mewah. Biaya untuk BBN KB saja 1% dari nilai. Biaya ini masih diikuti dengan tetek bengek lainnya. 

Karena biaya balik nama besar, saat membeli mobil seken, ada baiknya Anda melakukan penawaran sesuai dengan kebutuhan. Margin biaya bisa dipakai untuk mensubsidi biaya balik nama mobil. Anda jadi tidak perlu keluar uang terlalu banyak.

Lebih lanjut, balik nama harus dilakukan untuk menjaga keamanan dari kendaraan. Saat Anda menjualnya lagi di kemudian hari, daya jualnya akan meningkatkan karena barang milik sendiri dan ada bukti namanya.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]