5 Cara Untuk Mengatur Arus Keuangan Keluarga!

1
582
Arus Keuangan Keluarga

Mengelola arus kas keluarga merupakan suatu dasar pengelolaan keuangan keluarga. Ini penting sekali untuk dipahami dan diterapkan,  tetapi kenapa sih arus kas keluarga harus dikelola secara baik?

Kebutuhan akan sesuatu hal saat sudah berkeluarga tentunya berbeda dengan kebutuhan untuk mereka yang belum berkeluarga, oleh karena itu pengelolaan arus kas keluarga ini perlu mendapatkan perhatian lebih dalam pengelolaannya. Pada dasarnya tidak ada aturan pasti terkait berapa persen untuk kebutuhan hidup. Tetapi aturan terbaik adalah memperhatikan urutan yang telah kamu keluarkan untuk kebutuhanmu

Mudah Atur Arus Keuangan Keluarga dengan Beberapa Cara Ini!

  • Buat Rencana Anggaran

Semua pemasukan dan pengeluaran perlu kamu pantau dengan baik. Kamu dapat memantau anggaran tersebut dengan membuat rencana anggaran, baik itu secara bulanan atau tahunan. Tapi bagaimana cara membuat rencana anggaran dengan baik?

Mudah, kamu hanya perlu mengalokasikan uangmu untuk keperluan yang lebih penting. Kamu dapat gunakan formula sederhana dengan formula 50:30:20 yaitu 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk dana darurat dan 20% untuk menabung. Semua ini bisa kamu terapkan dan tentu perlu kamu catat.

Baca juga: 6 Tahap Mengatur Rencana Keuangan Terbaik! 

  • Buat Kalender Penagihan

Saat sudah berkeluarga, cicilan dan tagihan yang kamu miliki biasanya akan semakin banyak. Cicilan dan tagihan biasanya seperti penggunaan listrik, air, cicilan rumah, cicilan kendaraan dan beberapa cicilan lainnya. Jangan sampai dengan banyak cicilan dan tagihan yang kamu miliki ini membuat kamu terkena denda, oleh karenanya kamu harus mengaturnya dengan membuat kalender penagihan.

Dengan adanya kalender penagihan ini, kamu dapat mengatur dan menyusun perencanaan keuangan keluarga dengan lebih matang dan terhindar dari denda telat pembayaran.

  • Gunakan Transaksi Melalui Uang Tunai

Seiring perkembangan zaman, segala sesuatu hal menjadi lebih mudah. Seperti halnya melakukan transaksi keuangan. Dengan hadirnya kartu debet atau kredit ini semakin mempermudah kamu dalam melakukan transaksi. Tetapi sebaiknya, kamu bisa hindari penggunaan kartu kartu ini dalam transaksi, karena dengan kemudahan yang dimiliki kartu ini kamu akan menjadi lebih konsumtif dan dapat membuat tagihan kamu membengkak.

  • Pantau Pengeluaran

Selanjutnya kamu perlu melakukan pemantauan khusus terhadap pengeluaran kamu. Kamu bisa melakukan pemantauan ini sekaligus melakukan pencatatan. Sekecil apapun pengeluaran kamu, kamu bisa mencatatnya 

Pemantauan ini dapat dilakukan secara bertahap, misalkan 1 minggu sekali, 1 bulan dua kali dan lainnya. Setelah pemantauan kamu dapat melakukan evaluasi dari pemantauan yang kamu lakukan, apakah hal tersebut efektif atau harus ditingkatkan lagi. Dengan dilakukannya pemantauan ini juga dapat membuat kamu mengetahui alur sekaligus melihat mana kebutuhan yang sifatnya tidak perlu,

  • Terapkan Pola Hidup Sederhana

Yang paling penting adalah terapkan pola hidup sederhana dalam lingkungan keluarga. Sederhana yang dimaksudkan adalah pandai dalam menggunakan uang yang kamu miliki untuk memilih mana kebutuhan yang diperlukan bukan yang diinginkan,

Beberapa hal di atas dapat mendukung kamu untuk meraih keuangan keluarga yang lebih baik. Ingat! Jangan sampai finansial menimbulkan permasalahan karena pengaturannya yang tidak sesuai.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here