5 Pilihan Investasi Dana Pendidikan Untuk Anak!

2
2500
Dana Pendidikan

Investasi dana pendidikan anak merupakan salah satu investasi yang perlu dipikirkan untuk para orang tua muda, karena biaya pendidikan yang setiap tahunnya meningkat cukup cepat membuat kadang orang tua tidak sadar akan kenaikan ini. Banyak para orang tua yang bingung dalam menentukan investasi seperti apa yang cocok untuk dapat menjamin pendidikan anaknya di masa depan.

Kenaikan biaya pendidikan sebesar 10%-15% per tahun ini tentu tidak akan cukup apabila hanya dengan menabung saja, maka dari itu para orang tua perlu mencari investasi pendidikan anak yang terbaik untuk masa depannya dengan lebih baik.

Pilih Investasi atau Tabungan Pendidikan Anak?

Tabungan merupakan salah satu pilihan investasi yang paling mudah dan sering dipilih masyarakat. Para orang tua memilih tabungan, karena relatif lebih fleksibel dimana saat kamu membutuhkan dana darurat kamu dapat langsung mengambilnya dengan mudah.

Tetapi, saat ini investasi lainnya banyak memberikan keuntungan yang lebih baik dibandingkan hanya dengan tabungan konvensional. Seperti salah satunya investasi P2P Lending.

Beberapa, pilihan investasi di bawah ini sangat cocok untuk kamu yang ingin melakukan investasi untuk pendidikan anak kamu di masa depan:

  • Tabungan Pendidikan Anak

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, tabungan pendidikan tetap menjadi pilihan yang paling banyak dipilih oleh para orang tua. Tabungan pendidikan sangat tepat untuk pengelolaan biaya pendidikan yang sifatnya rutin seperti kebutuhan sekolah.

Tetapi dari segi keuntungan, tabungan pendidikan kurang menguntungkan untuk investasi jangka panjang mengingat bunga yang didapatkan hanya 2%-3% per tahun, tentu ini tidak sebanding dengan kenaikan biaya pendidikan yang mencapai 10%-15% per tahun.

  • Deposito

Tidak jauh berbeda seperti pada poin pertama. Hanya saja untuk deposito bunganya lebih tinggi dibandingkan tabungan yaitu 4%-6% per tahun dan tentunya tidak dapat diambil sewaktu-waktu.

Biasanya di deposito penarikannya hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun, tergantung perjanjian yang telah disepakati. Sebagai catatan, saat membuka deposito di bank usahakan kamu meminta program auto roll over.

Program ini berguna karena bunga yang didapatkan pada bulan berikutnya akan ditambahkan ke dana deposito, sehingga setiap bulan dana dan bunga deposito langsung bertambah.

Sama seperti halnya tabungan, deposito masih belum cukup untuk dijadikan investasi dana pendidikan karena bunga keuntungan yang berada di angka 4%-6%. Tetapi untuk jangka pendek, seperti biaya bimbel secara tahunan deposito bisa menjadi pilihanmu.

  • Asuransi Pendidikan

Produk ini juga mulai diminati masyarakat. Sesuai dengan namanya, asuransi merupakan sebuah proteksi untuk mengurangi risiko yang ada. Contoh, kita menggunakan asuransi pendidikan, lalu terjadi sesuatu hal dengan orang tua, maka anak tersebut akan tetap mendapatkan dana pendidikan yang sudah di asuransikan oleh kedua orang tuanya sesuai dengan akad yang telah disepakati di awal, tanpa harus membayar premi kembali.

Beberapa perusahaan asuransi sekarang juga sudah banyak yang menawarkan program ini. Oleh karena itu, asuransi pendidikan ini akan sangat berguna untuk pendidikan anak di masa depan.

Baca juga: 5 Hal Kenapa Kamu Harus Memulai Asuransi Pendidikan Anak Sekarang!

  • Emas

Investasi yang satu ini merupakan investasi yang tak pernah tergerus zaman. Emas merupakan investasi yang memiliki nilai cukup baik, apalagi salah satunya karena mudah dicairkan dan tentu harganya relatif lebih stabil.

Jika kamu ingin melakukan investasi emas untuk biaya pendidikan anak, maka emas adalah salah satu pilihan terbaiknya. Sebagai catatan, ada baiknya jika kamu memilih investasi emas batangan yang memiliki kadar 99% dibandingkan emas yang berbentuk perhiasan.

  • Reksadana Saham

Reksadana saham adalah pilihan yang paling tepat untuk kamu yang memiliki ketertarikan dalam dunia saham. Investasi ini juga dapat mempermudah kamu untuk mempersiapkan dana pendidikan. bunga dalam reksadana saham juga cukup menjanjikan, karena reksadana saham ini dikenal dengan investasi yang dapat menghasilkan namun dengan risiko yang cukup rendah.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here