Jadi, Pilih Apartemen atau Rumah Sebagai Asetmu?

0
323
Apartemen atau Rumah

Semua orang tentu ingin memiliki hunian impiannya sendiri baik itu hunian seperti apartemen atau rumah. Mungkin di jaman dahulu orang tentu lebih menginginkan memiliki rumah dibandingkan beberapa jenis tempat tinggal lainnya. Namun, semakin banyaknya jenis tempat tinggal baru yang lebih modern muncul membuat beberapa orang mulai melirik tempat tinggal lainnya untuk menambah pengalaman baru serta tempat tinggal yang lebih nyaman.

Apartemen menjadi salah satu pilihan yang paling sering dipilih. Baik apartemen atau rumah keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Tetapi, sebelum membeli apartemen atau rumah pastikan kamu mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini agar tempat tinggal yang kamu miliki dapat lebih aman dan nyaman.

Tentukan Tujuan, Baik Itu Memilih Apartemen atau Rumah

Membeli sebuah properti tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit sehingga sebelum melakukan pembelian pastinya akan memikirkannya dengan matang. Karena itu terlebih dahulu kamu perlu mempertimbangkan hal-hal seperti lokasi yang sesuai dan daerah dari tempat tinggal yang diinginkannya. 

Biasanya keputusan yang diambil ini adalah terkait tujuan yang sifatnya berjangka panjang. Karena hak dan kewajiban dari hunian apartemen atau rumah ini tentunya sangat berbeda. Pertimbangan yang paling utama dari para calon pembeli tentunya adalah lokasi, biaya serta luas bangunan. Oleh karenanya, penting untuk memperhatikan ketiga hal tersebut dan beberapa pertimbangan tambahan lainnya seperti di bawah ini:

  • Memahami Status Hak Milik

Status dari hak milik rumah dan apartemen ini perlu diketahui lebih dalam untuk para calon pembeli mengingat saat membeli rumah tentunya akan jauh berbeda dengan membeli apartemen. Pada saat membeli rumah tentunya kamu akan membeli rumah serta tanahnya, sedangkan saat membeli apartemen hanya membeli ruangannya saja.

Namun, kelebihan lainnya dari apartemen adalah kamu dapat menikmati fasilitas yang disediakan untuk digunakan secara bersama dengan penghuni lainnya.

  • Mempertimbangkan Proses Serta Biaya Maintenance

Saat membeli rumah artinya sepenuhnya segala hal yang menyangkut rumah tersebut adalah tanggung jawab dari pemilik rumah. Sedangkan saat membeli apartemen, pengelola juga memiliki tanggung jawab terhadap apartemen yang kamu miliki. Namun, seiring perkembangan zaman membuat banyak rumah yang berada di daerah cluster memiliki hal seperti layaknya apartemen.

Karenanya pastikan untuk melihat biaya pemeliharaan saat memutuskan untuk membeli apartemen maupun rumah. 

  • Fasilitas dari Apartemen Lebih Baik

Seperti yang sudah kita bahas sedikit di atas, tentunya saat membeli sebuah apartemen tentunya kamu akan mendapatkan fasilitas lebih dibandingkan jika kamu membeli rumah. Contoh fasilitas yang bisa didapatkan seperti kolam renang, lapangan tenis, gym dan sebagainya. 

Fasilitas tersebut pula yang bisa dijadikan pertimbangan untuk para calon pembeli saat ingin memilih tempat tinggal yang sesuai dan cocok dengan kebutuhannya.

  • Mempertimbangkan Lokasi

Poin ini juga menjadi pertimbangan yang cukup penting mengingat lokasi dapat membuat suatu properti itu meningkat harganya. Selain itu dengan lokasi yang strategis properti yang dimiliki juga dapat digunakan untuk kegiatan lainnya mulai dari untuk membangun usaha ataupun yang lainnya.

  • Mengecek Legalitas Properti

Yang terakhir jangan lupa untuk mengecek legalitas dari pengembang properti atau developer agar terhindar dari kerugian yang dapat terjadi seperti bangunan yang dibangun tidak sesuai dengan master plan atau rencana di awal.

Untuk rumah, jangan lupa juga untuk memastikan sertifikat seperti SHM harus ada. Sedangkan untuk apartemen, biasanya sertifikatnya berbentuk sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) yang batas waktu penggunaannya hanya sampai 20 tahun. 

Baca juga: Sertifikat Properti, Dokumen Penting dalam Investasi!

Dengan mempertimbangkan beberapa hal di atas tentunya tempat tinggal yang ingin kamu beli akan lebih baik. Ingat! Baik itu membeli apartemen atau rumah keduanya bersifat tujuan jangka panjang dan membutuhkan biaya yang terbilang tidak sedikit. Oleh karena itu, pastikan semuanya terlebih dahulu ya.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]