Dapat Angpao Imlek yang Banyak? Optimalkan dengan Cara Ini!

0
2222
angpao

Seperti yang kita ketahui di tahun 2020 lalu pandemi merusak segala aspek ekonomi, bisnis dan finansial. Tetapi, mungkin sebagian dari kalian di awal tahun 2021 ini, ada yang sudah mendapatkan bonus berupa THR, bonus tahunan, atau Angpao (amplop merah) yang akan datang beberapa hari lagi.

Mendapatkan bonus bisa membuat banyak orang akhirnya menjadi impulsif dalam memanjakan dirinya dengan membeli barang atau pengalaman baru tanpa pertimbangan yang matang. Karenanya baik itu bonus, THR ataupun angpao memang harus dikelola dan direncanakan dengan matang penggunaannya supaya lebih produktif hasilnya. 

Lalu, bagaimana sih cara mengelolanya agar lebih optimal? Berikut agar kamu dapat menyusun prioritas yang baik dalam mengelola bonusmu!

Kelola Bonusmu dengan Memilih Prioritasnya

  • Melunasi Hutang dan Tagihan

Saat menerima gaji bulanan maupun bonus, THR maupun angpao hal yang pertama bisa dilakukan adalah memprioritaskan hutang dan tagihan yang kamu miliki. Hal ini dilakukan agar saat kamu dapat lebih tenang dalam menjalani hidup tanpa adanya hutang maupun tagihan. 

Hutang-hutang seperti kartu kredit, KPR rumah dan tagihan lainnya dapat diselesaikan terlebih dahulu, dengan melunasinya kamu terhindar dari adanya denda keterlambatan yang bisa membuat kamu malah membayar lebih untuk tagihan tersebut.

  • Jangan Lupa Untuk Berbagi

Banyak yang percaya bahwa semakin banyak memberi, maka akan semakin banyak pula dana yang bisa kamu dapatkan. Percaya atau tidak banyak orang yang sudah merasakan manfaat dari rutinnya berbagi. Kamu dapat mulai berbagi dengan memberikan beberapa persen dari angpao kamu tahun ini ke organisasi amal, panti asuhan hingga kepada mereka yang terdampak bencana. Sehingga bonus yang kamu dapatkan ini akan lebih bermanfaat bagi banyak orang.

  • Menyisihkan untuk Menabung

Berapapun dana yang kamu dapatkan, jangan lupa untuk menyisihkan sebagian untuk ditabung. Karena dengan menabung artinya kamu sudah mempersiapkan dana darurat di kemudian hari. Jika kamu sudah memiliki keluarga, dana darurat adalah hal penting yang harus kamu persiapkan. Minimal setidaknya setara dengan 6 hingga 12 bulan pengeluaran rutin. Tetapi, ini menyesuaikan seberapa besar pendapatan yang kamu miliki.

Apabila dana darurat yang saat ini jumlahnya belum ideal, maka optimalkan bonusmu untuk dana darurat. Manfaat menabung lainnya adalah kamu dapat mengembangkan dana milikmu dengan melakukan investasi. 

Baca juga: 5 Tips dan Cara Agar Kamu Konsisten Menabung!

  • Jangan Lupa Untuk Memanjakan Dirimu

Bonus memang tidak perlu sepenuhnya untuk kenikmatan di masa depan. Kamu juga perlu memanjakan dirimu dengan bonus tahunan yang sudah kamu dapatkan. Hal ini penting untuk memberikan dirimu reward atas segala perjuangan yang kamu lakukan untuk mendapatkan bonus tersebut.

Manjakan dirimu dengan berbelanja, travelling, bersantai bersama keluarga dan saudara dan lainnya. Namun, ingat kamu juga tetap harus memperhitungkan segala pengeluarannya. Jangan sampai terlena dengan itu semua, segala pengeluaran yang kamu lakukan juga tetap harus sesuai kontrol.

  • Menambah Nilai Investasimu

Untuk semakin memaksimalkan nilai uangmu, sisihkan sebagian pendapatan, bonus, THR maupun angpao untuk menambah nilai investasi. Dengan berinvestasi, nilai uang yang kamu terima juga akan berkembang sesuai dengan imbal hasil yang dijanjikan instrumen investasi tersebut.

Untuk kamu yang belum mulai berinvestasi, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memulai investasi dengan menggunakan sebagian dari bonus. Dan bagi kamu yang sudah berinvestasi, tidak ada salahnya untuk terus menambah nilai investasi dengan sebagian dari bonus tahunanmu.

Nah, beberapa hari lagi atau tepat pada tanggal 12 Februari 2021 ini kan Tahun Baru Imlek yang dalam kalender Cina 2572 adalah Tahun Kerbau Logam. Pada momen tersebut tentunya banyak yang mendapatkan angpao sebagai bagian dari perayaan hari raya Imlek.

Jangan lupa setelah mendapatkan angpao, maka optimalkan dengan melakukan pengembangan dana di Akseleran sehingga dana yang kamu miliki akan berkembang.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].