Ingin Mulai Trading Saham? Berikut Cara dan Tipsnya

2
11993
Trading Saham

Banyak cara yang bisa dilakukan ketika ingin berinvestasi. Kalau ingin meraih keuntungan besar, saham bisa jadi pertimbangan menarik. Lewat aktivitas trading saham, Anda punya kesempatan menjadi salah satu investor di berbagai jenis perusahaan, termasuk perusahaan besar berskala internasional. Tingkat keuntungannya pun cukup menjanjikan. Apalagi, kalau Anda berinvestasi saham dengan modal cukup besar. 

Meski terlihat rumit, melakukan trading saham sebenarnya tidak terlalu sulit. Modal yang perlu dipersiapkan untuk berpartisipasi dalam dunia pasar saham juga cukup terjangkau, bisa dilakukan hanya dengan modal Rp100 ribu. Selanjutnya, kepemilikan saham bisa menjanjikan keuntungan dalam dua bentuk, yakni capital gain atau selisih nilai transaksi saham serta pembagian keuntungan (dividen). 

Panduan dan Langkah-Langkah Memulai Trading Saham

Tahapan yang perlu dilakukan untuk menjadi seorang pemilik saham di pasar modal sangat mudah. Terdapat 3 langkah utama yang harus dilaksanakan, yaitu: 

  • Membuka rekening 

Langkah awal yang harus Anda lakukan untuk memulai trading saham ialah memiliki rekening. Rekening tersebut bukan rekening tabungan biasa, melainkan rekening efek. Proses pembuatannya dapat dilakukan dengan mendatangi perusahaan sekuritas. Persiapkan syarat yang dibutuhkan, termasuk adalah fotokopi KTP, NPWP, buku tabungan, serta materai Rp6.000 sebanyak 2 lembar. 

  • Penyetoran dana

Setelah proses pembukaan rekening efek berhasil, tahapan selanjutnya adalah menyetorkan dana. Nominal dana yang wajib disetorkan untuk pertama kalinya berbeda-beda, disesuaikan ketentuan oleh masing-masing perusahaan sekuritas. Dengan adanya penyetoran dana ke rekening efek, investor pun bisa mulai melakukan proses jual beli saham. 

  • Mulai berinvestasi

Cara melakukan transaksi saham sangatlah mudah. Anda tidak perlu datang secara langsung ke kantor Bursa Efek Indonesia (BEI) terdekat. Tersedia pilihan praktis bertransaksi saham cukup menggunakan akses internet. Saat ini, sudah cukup banyak perusahaan sekuritas yang menyediakan layanan trading saham online kepada para investor.

Beberapa perusahaan sekuritas yang menyediakan layanan transaksi saham online di antaranya adalah: 

  1. Layanan BEST milik BCA Sekuritas
  2. MOST dari Mandiri Sekuritas
  3. eSmart milik BNI Sekuritas
  4. POST yang dirilis oleh Panin Sekuritas
  5. Prima milik Trimegah Sekuritas

Tips Bermain Saham Bagi Pemula

Menjadi seorang investor saham tidak akan memberi jaminan kemakmuran. Bahkan, dibandingkan dengan instrumen investasi lain, saham merupakan jenis investasi yang berisiko tinggi. Oleh sebab itu, pelaksanaannya harus dilakukan secara cermat dan penuh perhitungan. 

Biar mampu memanfaatkan peluang meraih keuntungan dari investasi saham, ada 5 tips penting yang perlu diperhatikan oleh investor pemula, yaitu: 

  • Gali informasi

Setiap pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pemilik saham harus dilakukan dengan analisis matang. Hal ini hanya bisa berjalan kalau Anda punya bekal informasi yang masif dan kredibel. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menggali informasi tepercaya dan semuanya bisa dilakukan secara gratis. Anda dapat memanfaatkan laporan keuangan, laporan tahunan, corporate action, ataupun public expose dari setiap perusahaan. 

  • Jangan sembarang pilih perusahaan sekuritas

Ketika melakukan transaksi saham, Anda akan dibebani beban yang disebut dengan istilah biaya transaksi. Besaran biaya transaksi tersebut dibayarkan kepada perusahaan sekuritas. Nominalnya bervariasi dan merupakan salah satu bentuk pemasukan bagi perusahaan sekuritas. 

Oleh karena itu, investor perlu mempertimbangkan besaran biaya transaksi yang ditetapkan perusahaan sekuritas ketika ingin membuka rekening efek. Usahakan untuk memilih perusahaan sekuritas dengan biaya transaksi kecil. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk setiap transaksi. 

  • Kenali saham dengan nilai likuiditas tinggi

Dalam dunia saham, Anda perlu mengenal jenis-jenis saham yang dikenal memiliki likuiditas tinggi, biasanya dikenal dengan istilah blue chip. Cara mengetahui saham blue chip cukup mudah, cukup dengan melihat daftar saham yang ada dalam indeks LQ45 atau IDX30. 

Baca juga: 5 Cara Memulai Investasi Saham Untuk Pemula

  • Ingin menjadi trader atau investor?

Seperti yang telah disebutkan, kepemilikan saham menjanjikan peluang keuntungan dalam dua bentuk. Keuntungan berupa dividen bisa Anda peroleh kalau menanamkan saham dalam jangka panjang. Sementara itu, keuntungan berupa capital gain bisa didapatkan kalau Anda menjadi seorang trader. 

  • Diversifikasi

Tips yang terakhir adalah melakukan diversifikasi investasi. Langkah ini sangat penting dilakukan oleh setiap investor untuk meminimalkan potensi terjadinya kerugian. Cara melakukannya juga gampang, cukup dengan membeli saham yang berasal dari berbagai sektor seperti consumer goods, perbankan, ataupun properti. 

Nah, itulah panduan serta tips yang dapat Anda praktikkan ketika ingin terjun dalam dunia trading saham. Semoga bermanfaat, ya!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

2 COMMENTS

Comments are closed.