Ingin Tahu Arti Istilah HODL? Ini Penjelasan dan Sejarahnya!

0
2701
HODL Adalah

Bagi Anda yang sedang mendalami dunia mata uang kripto, tentu sering menjumpai “HODL”. HODL adalah istilah yang memiliki kisah unik di baliknya. Kata ini sudah menyebar ke berbagai komunitas kripto. HODL bukan hanya sebuah istilah yang populer, tetapi juga dianggap sebagai salah satu strategi investasi.

Belum tahu apa itu HODL? Ingin menilik sejarahnya? Berikut ini pembahasan ringkasnya!

Apa Itu HODL?

HODL adalah istilah salah eja dari “hold” yang merujuk kepada strategi buy-and-hold di antara investor mata uang kripto. Langkah “hodling” membantu para trader menghindari kerugian nyata dari volatilitas jangka pendek mata uang kripto dan memperoleh keuntungan dari nilai apresiasi jangka panjang. Walau “hodling” terlihat mempunyai sedikit risiko ketimbang menjual aset, investor tetap harus mempertimbangkan perubahan peraturan dan pandangan publik.

Contoh tepat dari “hodling” adalah si kembar Winklevoss, yang dikenal pro terhadap bitcoin dan anti dengan Mark Zuckerberg. Mereka mengumumkan telah mengumpulkan 11 juta dolar AS di Bitcoin pada Agustus 2013. Walau si kembar Winklevoss tidak menyebutkan berapa bitcoin yang sudah dibeli, mereka menyebutkan pembelian pertama dilakukan pada musim panas 2012, tepatnya ketika nilai bitcoin hanya 1 digit.

Jika ditaksir dengan harga 1 bitcoin senilai 265 dolar AS pada Agustus 2013, itu berarti si kembar sudah memperoleh 41.509 bitcoin. Ketika musim panas 2012, harga 1 bitcoin hanya senilai 7 dolar AS. Beli 41.509 bitcoin di harga tersebut menghasilkan 290.566 dolar AS.

Beberapa hari setelah pengumuman tersebut, mata uang kripto terjun dari 265 menjadi 120 dolar AS per bitcoin. Alhasil, 11 juta dolar AS mereka anjlok menjadi 5 juta dolar AS.

Bagaimana Sejarahnya?

Kata ini pertama kali muncul pada suatu pagi di bulan Desember 2013. Seorang anggota forum bitcoin dengan nama pengguna GameKyuubi mengirimkan sebuah entri yang berjudul “I AM HODLING”. Entri tersebut diawali dengan kalimat yang penuh saltik dan huruf kapital seperti ditulis oleh orang mabuk, menyatakan bahwa dirinya sampai menulis judul dua kali karena tahu awalnya salah eja.

Dalam utasnya, GameKyuubi mengomel tentang kemampuan trading-nya yang payah. Selain itu, dia mengungkapkan niatnya yang hanya ingin menahan bitcoin tanpa perlu merasa rugi karena mengalami harga yang anjlok saat itu. Anda dapat melihat entri beserta komentar-komentar selengkapnya di sini.

Kala itu, harga bitcoin terjun sebanyak 39 persen, dari 716 ke 438 dolar AS. Banyak pemilik bitcoin yang akhirnya menjual mata uang kripto mereka karena takut harganya akan terus anjlok. Dengan alasan yang agak berhubungan, GameKyuubi menelurkan istilah HODL adalah strategi yang berkebalikan dengan para trader di masa tersebut.

Baca juga: Ingin Mulai Trading Saham? Berikut Cara dan Tipsnya

Kesalahan pengejaan “HODL” menyebar secara cepat di antara komunitas kripto. Kemudian, kata ini menjadi bahasa gaul internet yang dimaksudkan untuk seseorang yang lebih memilih menahan bitcoin ketimbang menjualnya. Penggunaan istilah “HODL” pun akhirnya merambah ke mata uang kripto lainnya.

“Hodling” bukan sekadar menjadi istilah populer di dunia mata uang kripto, tetapi juga dianggap sebagai bentuk strategi oleh para trader. Terlebih, pasar kripto mempunyai sifat alami yang mudah berubah-ubah. HODL merujuk pada situasi beli dan tahan saat para “hodler” tetap menyimpan dan menahan diri dari perdagangan kripto jika harga aset mengalami penurunan.

Alhasil, para “hodler” secara teori akan aman dari beberapa kecenderungan trading, mau itu membeli harga tinggi maupun menjual dengan harga rendah. Situasi ini disebut juga sebagai “SODL”, yaitu istilah yang dikembangkan dari HODL.

Pada 2019, 7 tahun setelah HODL menjadi bagian dari istilah kripto dan 10 tahun sesudah lahirnya bitcoin, sang pencetus istilah, Mike alias GameKyuubi, diwawancarai oleh CoinDesk. Dia menyadari bahwa pandangannya terhadap trading telah berubah sejak ketenaran tidak disengaja yang diperolehnya berkat HODL.

Istilah HODL bisa jadi masih berkeliaran karena meme. Belum lagi, HODL makin viral karena meme film Braveheart dan 300. Namun, secara umum, meme yang menjadi favorit warganet adalah tokoh Hodor dari Game of Thrones yang sedang menahan pintu, seolah tengah “hodling” bitcoin-nya.

HODL adalah salah satu istilah kekinian dalam komunitas kripto yang paling sering digunakan. Sekarang, Anda tidak perlu bingung lagi ketika menjumpai istilah ini, baik ketika membaca maupun berkomunikasi dengan orang-orang komunitas. Semoga informasi kali ini memperkaya wawasan, ya!

Ingat! Apapun Instrumen Investasi Maupun Strategi Investasi yang Dilakukan Pastikan Untuk Mengetahui Risiko di dalamnya!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]