Ini Dia Rekor Ikan Cupang Termahal!

0
956
Ikan Cupang Termahal

Ikan Cupang Termahal – Ikan cupang tentu sudah akrab di telinga masyarakat Indonesia. Biota air ini awalnya ditemukan di Asia Tenggara. Nama ikan cupang berasal dari klan petarung kuno yang bernama “bettah”. Penamaan betta fish mulai berlaku sekitar pertengahan 1800-an, saat ikan tersebut mencapai popularitas.

Ikan yang berhabitat di air tawar ini kerap dipelihara, bahkan diburu oleh para kolektor hewan unik. Pasalnya, ikan cupang alias betta fish memiliki daya tarik dari fisiknya yang beraneka motif dan warna.

Namun, tahukah Anda bahwa terdapat rekor ikan cupang termahal di dunia? Semahal apa sih? Yuk, cari tahu jawabannya dari daftar di bawah ini!

1. Crowntail

Salah satu ikan cupang termahal adalah Crowntail. Sesuai namanya, ikan ini memiliki karakteristik ekor seperti mahkota yang lancip. Crowntail termasuk ikan cupang dengan ekor terpanjang di antara familinya. Maka dari itu, betta fish ini membutuhkan akuarium yang luas sebagai tempat tinggalnya agar leluasa bergerak.

Crowntail rentan terhadap penyakit yang menjangkiti sirip. Jadi, perlu untuk menyediakan air yang super jernih supaya terhindar dari penyakit.

Ikan cupang ini bisa dihargai 500 hingga 1.500 dolar AS atau Rp7 juta sampai Rp21 juta, tergantung kelangkaannya di pasaran.

2. Halfmoon King of Gold Dragon

Berikutnya, ada ikan cupang yang masuk dalam jenis halfmoon. Namun, hewan ini berbeda dengan halfmoon pada umumnya. Halfmoon King of Gold Dragon mencerminkan fisiknya yang sangat elegan dan mewah bak raja. Tubuh ikan cupang ini didominasi dengan warna keemasan, serta ekor dan sirip lebar yang transparan. Halfmoon King of Gold Dragon termasuk dalam rekor cupang termahal karena mencapai harga lelang akhir sekitar 570 dolar AS atau Rp8,1 juta di Aquabid.

3. Rose White Platinum Dragon

Ikan cupang Rose White Platinum Dragon ini mempunyai warna yang mencerminkan namanya. Bentuk ekornya menyerupai kelopak bunga yang mekar. Seluruh tubuh ikan cupang ini berwarna putih platina dengan aksen merah muda di beberapa bagian. Tak heran jika nama ikan ini melambangkan fisiknya yang seperti mawar putih. Ikan cupang Rose White Platinum Dragon laku di pelelangan Aquabid dengan banderol 680 dolar AS alias Rp9,6 juta.

4. Pea Kloaw

Ikan cupang berjenis fancy copper ini laku dalam sebuah pelelangan daring. Lelang Pea Kloaw ditutup di angka 23.500 baht atau sekitar 753 dolar AS (Rp 10,7 juta). Ikan cupang ini memiliki pola berwarna merah di bagian sirip depannya. Kemudian, seluruh tubuhnya didominasi warna putih dengan aksen-aksen merah di sekelilingnya. Pea Kloaw merupakan cupang termahal kedua di dunia.

Baca juga: Mulai Budidaya Ikan Lele, Beserta Cara Perhitungan Lengkapnya

5. Trai Rong

Seekor ikan cupang halfmoon laku dengan harga lebih dari 50.000 baht karena warnanya yang menyerupai bendera nasional Thailand, yakni merah, putih, dan biru. Ikan ini dilelang secara daring oleh seorang pengguna Facebook bernama Kachen Worachai. Kala itu, ikan cupangnya berusia 3 bulan.

Awalnya, pelelangan dimulai dengan harga 99 baht. Kemudian, pemenangnya berhasil memenangkan lelang dengan banderol 53.500 baht atau 1.530 dolar AS (Rp21,7 juta) pada 15 November 2016. Dilaporkan oleh Thairath Online, Kachen, penjual yang membesarkan ikan tersebut, kaget dengan harga finalnya. Ini karena kebanyakan ikan cupang halfmoon bermotif unik maksimal mencapai angka 4 digit di pelelangan kala itu.

Banyak orang yang sudah berusaha mengembangbiakkan ikan cupang berpola bendera nasional Thailand. Namun, ikan milik Kachen sangat spesial karena benar-benar menyerupai pola bendera tersebut. Thairath Online juga mengutip bahwa si pemilik baru, Chuchart Lekdaeng, menamai ikan cupang ini dengan “Trai Rong”. “Trai Rong” pada dasarnya berarti “tiga warna”.

Chuchart, pemimpin perkumpulan ikan hias di provinsi Nakhon Pathom, mengatakan bahwa jarang ada ikan cupang halfmoon yang benar-benar memiliki pola bendera nasional Thailand yang jelas. Kemenangannya di pelelangan membuat Chuchart memperoleh ikan cupang paling mahal di dunia.

Itulah info tentang rekor ikan cupang termahal di dunia yang sayang untuk dilewatkan. Betta fish sangat unik dan cocok dirawat sebagai binatang piaraan rumahan. Tak heran, banyak yang menggemari ikan hias satu ini.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]