5 Resep Masakan dengan Harga di Bawah Rp50 ribu

0
1336
Tumis Kangkung Udang - Sumber Foto: www.chilibeli.com

Era tananan baru menuntut kita untuk bisa beradaptasi, salah satunya dengan berhemat dan pola hidup sehat yang ketat. Untuk mencapai itu salah satunya adalah dengan memasak. Memasak merupakan pilihan terbaik untuk berhemat dibandingkan harus membeli makan di luar yang kebersihan makanannya tidak bisa kita kontrol. Ditambah lagi jika kita harus berhemat, jelas belanja dan masak sendiri adalah pilihan yang lebih cocok agar dompet tidak jebol.

Sobat, ingin makan enak dan kebersihan terkontrol yang murah meriah? Berikut 5 resep masakan dengan harga di bawah Rp50 ribu yang bisa dicoba di rumah.

1. Teri Kacang Balado
Bagi pecinta ikan laut tanpa tulang, teri bisa menjadi solusi untuk menjadi lauk teman makan Sobat. Ikan teri bisa didapatkan dengan mudah dan harga yang terjangkau. Selain itu, mengolah ikan teri menjadi penganan pun bisa dikatakan mudah.

Bahan-Bahan:
Ikan teri segar (bersihkan perutnya, lumuri air perasan jeruk nipis, cuci & tiriskan)
Kacang tanah
Minyak goreng

Bumbu:
Cabe merah keriting
Cabe rawit merah
Bawang merah
Bawang putih
Gula merah yang sudah diiris tipis
Gula pasir
Garam

Cara Memasak:
Goreng kacang tanah hingga berwarna kecoklatan angkat dan tiriskan
Goreng ikan hingga kering crispy, angkat dan tiriskan
Haluskan bumbu untuk balado, kemudian tumis, masukkan gula pasir dan garam sambil koreksi rasa, tumis hingga harum dan berubah warna merah kecoklatan
Terakhir masukkan ikan teri goreng dan kacang goreng, aduk hingga tercampur rata. Angkat dan sajikan.

2. Tumis Kangkung Udang
Kangkung mungkin menjadi salah satu kegemaran orang Indonesia, karena selain murah meriah mudah dimasak tetapi juga nikmat untuk disantap bersama nasi hangat. Agar tetap segar saat disantap, masaklah saat mendekati waktu makan.

Bahan-Bahan:
Kangkung
Udang (bersihkan kepalanya, lepaskan kulit kerasnya, jika tidak suka kepala udang dan buntut silakan dilepaskan)

Bumbu:
Bawang putih
Cabai merah
Bumbu kaldu ayam
Garam dan air

Cara Memasak:
Tumis bawang putih dan cabai merah hingga harum. Masukkan udang dan masak hingga berubah warna. Masukkan kangkung dan aduk hingga rata serta tambahkan sedikit air. Bumbui dengan kaldu ayam dan sedikit garam. Aduk sebentar lalu angkat dan sajikan.

3. Sop Ceker Ayam
Hidangan kuah sop ceker ayam biasanya dihidangkan saat cuaca sedang dingin atau untuk makan malam. Tetapi bagi pecinta ceker, penganan ini akan terasa sedap dan nikmat untuk disantap kapan saja, terlebih jika disajikan dalam kondisi hangat.

Bahan-Bahan:
Ceker ayam (cuci hingga bersih)
Wortel, Kentang, Buncis, Kol, Daun bawang seledri, Tomat (agar mudah dan hemat bisa beli paket sayur sop)

Bumbu:
Bawang putih
Bawang merah goreng
Lada bubuk
Garam
Gula
Bumbu kaldu ayam
Minyak sayur
Air

Cara Memasak:
Geprek dan cincang bawang putih, lalu sisihkan. Bersihkan semua bahan-bahan sayuran, lalu potong sesuai selera. Panaskan minyak sayur di wajan, tumis bawang putih sampai wangi. Masukkan ceker dan tumis sebentar. Tambahkan air, tunggu sampai mendidih lalu masukkan lada. Masukkan kentang, wortel, buncis, kol, tomat, dan daun bawang seledri. Memasukkan bahan-bahan tersebut secara berurutan. Tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa, lalu koreksi rasa, angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng.

Baca Juga:
Tips Berburu Belanja Diskon di Tengah Pandemi Covid-19
Hindari Hidup Boros, Ikuti Kebiasaan Baik ini
Bonus Tahunan Tiba, Bagaimana Mengelolanya?

4. Tongkol dan Terong Balado
Tongkol dan terong balado bisa menjadi hidangan yang sangat nikmat karena hidangan ini merupakan perpaduan tongkol yang asin, terong yang manis dan lembut, dan juga sambal balado yang pedas nikmat.

Bahan-Bahan:
Terong ungu
Tongkol pindang

Bumbu:
Bawang merah
Bawang putih
Tomat
Cabe merah keriting
Serai
Laos
Daun salam
Daun jeruk
Garam
Bumbu kaldu bubuk

Cara Memasak:
Bersihkan terong dan ikan tongkol. Potong terong dan ikan tongkol sesuai selera. Haluskan bawang putih dan bawang merah. Panaskan minyak di wajan. Masukkan terong dan ikan tongkol, goreng sampai matang. Angkat dan sisihkan.

Panaskan minyak sedikit di wajan, lalu tumis bawang merah, bawang putih, cabai, sereh, laos, daun salam, dan daun jeruk. Aduk sampai wangi. Tambahkan tomat halus, aduk. Masukkan terong dan ikan tongkol. Aduk sampai tercampur rata dan bumbu meresap. Angkat dan sajikan.

5. Capcay Goreng
Penganan yang bisa dikategorikan sebagai jenis penganan negeri tirai bambu, karena capcay goreng sering dijadikan menu utama saat makan bersama keluarga. Pangan ini selain mudah untuk dibuat tetapi juga murah dan sangat bergizi karena kandungan bahan utamanya terdiri dari sayur mayur yang menyehatkan.

Bahan-Bahan:
Ayam fillet (potong kecil) atau Udang (cuci hingga bersih)
Wortel
Sawi hijau
Sawi putih
Brokoli
Kubis
Bawang Daun
Tepung maizena

Bumbu:
Bawang putih
Penyedap rasa bubuk
Saus tiram
Gula, garam, lada bubuk

Cara Memasak:
Cuci bersih semua sayuran, potong sesuai selera. Geprek bawang putih dan haluskan.
Potong daun bawang. Panaskan wajan dan oleskan minyak. Tumis bawang putih, masukkan ayam fillet atau udang dan daun bawang yang sudah dipotong. Tambahkan sedikit air. Masukkan sayuran (sayur yang keras terlebih dahulu: wortel, kubis, brokoli, sawi putih). Larutkan tepung maizena dalam air, masukkan ke dalam wajan. Tambahkan gula, garam, penyedap rasa, dan saus tiram, koreksi rasa, ketika rasa sudah pas, angkat dan sajikan

Demikian 5 resep masakan dengan harga di bawah Rp50 ribu semoga bermanfaat ya. Jadi jangan sedih ketika kantong sedang tipis, karena selalu ada cara untuk tetap makan enak! Selamat mencoba memasak di rumah akhir pekan ini ya!

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]