Tips Berburu Belanja Diskon di Tengah Pandemi Covid-19

0
126

Penerapan pembatasan sosial terus dilakukan pemerintah untuk memutus rantai pandemi Covid-19. Pembatasan sosial tak menghentikan aktivitas jual beli masyarakat baik secara offline maupun online. Terlebih kini banyaknya marketplace yang bermunculan dengan menawarkan diskon yang menggiurkan. Padahal, kemudahan berbelanja dan penawaran diskon akan memberikan efek kecanduan dan menjadi ancaman.

Meski banyak marketplace yang menawarkan diskon menarik dan “sayang” untuk dilewatkan, semestinya Sobat tetap bijak berburu belanja diskon di tengah pandemi Covid-19. Karena Sobat perlu menyadari kondisi keuangan, terlebih tanpa disadari pandemi Covid-19 sudah mewabah Indonesia sejak 6 (enam) bulan lalu. Tepatnya pertama kali kasus diumumkan pemerintah pada Maret 2020 lalu.

Merangkum beberapa pakar perencana keuangan, agar bijak berburu diskon di tengah pandemi Covid-19 Sobat perlu menerapkan 4 (empat) tips berikut:

1. Pertimbangkan, Keinginan atau Kebutuhan?
Sebelum berbelanja, pastikan Sobat sudah mengetahui barang yang akan dibeli apakah sebuah kebutuhan atau sekedar keinginan? Jika tidak, kondisi keuangan akan “ambyar”. Mengingat kondisi keuangan seharusnya dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari yang secara otomatis mengalami peningkatan karena lebih banyak di rumah.

2. Kenali Kondisi Keuangan
Harus disadari bahwa mengenali kondisi keuangan dalam beberapa waktu ke depan sangat diperlukan. Apakah keuangan mendapatkan keuntungan dari adanya wabah atau justru sebaliknya seperti terkena dampak negatif seperti berupa dirumahkan, penghasilan usaha menurun atau bahkan ada yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)?

Baca Juga:
Bonus Tahunan Tiba, Bagaimana Mengelolanya?
Gajian di Akhir Pekan, Enaknya Lakukan ini
Perencanaan Keuangan untuk Mahasiswa

3. Waspada Jebakan Diskon
Penawaran diskon tidak serta merta barang yang didiskon pasti murah. Untuk memastikan itu, Sobat bisa lakukan pengecekan harga di tempat lain atau merchant online lainnya yang menawarkan produk sejenis agar bisa mengetahui apakah benar harga barang tersebut lebih murah saat didiskon atau harganya sama saja sebelum diskon? Karena bisa jadi diskon tersebut hanya iming-iming atau siasat penjualan.

Siasat penjualan lainnya adalah dengan menawarkan gratis ongkos kirim (free ongkir). Hal ini patut mendapatkan pertimbangan lebih, karena biasanya promo free ongkir ini bisa diberikan sebulan sekali atau bahkan 1-2 minggu sekali.

4. Penawaran Diskon Akan Selalu Ada
Sobat suka belanja? Pasti tidak asing dengan berbagai penawaran diskon yang diberikan penjual. Karena setiap momen atau bulan, biasanya penjual memberikan diskon untuk menarik pembeli. Maka tak perlu terburu-buru untuk membeli barang jika karena tawaran “diskon hanya berlaku hari ini”.

Sobat itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar bijak berburu belanja diskon di tengah pandemi Covid-19. Hal lain yang perlu dilakukan agar lebih bijak adalah mulai mengembangkan dana di Peer to Peer (P2P) Lending Akseleran.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]