Awal Mula Munculnya Hari Pramuka di Indonesia dan Dunia!

0
3594
Hari Pramuka

Pada tanggal 14 Agustus di setiap tahunnya diperingati Hari Pramuka dimana dahulu juga dikenal sebagai satu gerakan kepanduan. Gerakan tersebut juga tidak hanya dilakukan di Indonesia, namun di seluruh dunia dan gerakan tersebut juga memiliki sejarah panjang. Di tahun lalu atau HUT Pramuka yang ke-58 diselenggarakan suatu kegiatan di setiap sekolah yang mewajibkan mereka untuk berseragam lengkap, topi pandan, peluit merah, dasi merah putih dan sepatu hitam. 

Pada momen yang sama mereka juga akan diajarkan mengenai tali temali, kode morse, kemah dan berbagai macam aktivitas luar ruangan lainnya. Karenanya, pramuka bukan hanya sekedar ekstrakurikuler semata namun terdapat sejarah panjang yang menarik akan kita bahas di bawah ini sebagai peringatan Hari Pramuka yang ke-59.

Sejarah dan Fakta Hari Pramuka

Dimulai dari munculnya gerakan kepanduan di Indonesia yang muncul di era zaman kolonial Hindia Belanda. Di tahun 1916, Mangkunegara VII di Surakarta memprakarsai berdirinya Javaansche Padvinders Organisatie. Setelah itu, muncul gerakan-gerakan sejenis yang dikelola oleh organisasi-organisasi pergerakan seperti Hizbul Wathan yang sekarang lebih dikenal sebagai Muhammadiyah dan berbagai macam organisasi pergerakan lainnya.

Gerakan Kepanduan Pramuka sendiri awalnya dikembangkan oleh Lord Baden Powell. Powell awalnya membuat sebuah gerakan untuk membina kaum muda di Inggris yang terlibat dalam berbagai tindakan kekerasan dan kriminal pada 1907.

Sesuai dengan Panduan Museum Sumpah Pemuda (2009), gerakan kepanduan di tanah air yang berlingkup nasional dimulai pada tahun 1923 dengan berdirinya Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung dan Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO) di Batavia, lalu dilebur menjadi Indonesische Nationale Padvinderij Organisatie (INPO) pada 1926.

Jambore Pertama yang Dilakukan

Seperti yang diketahui bahwa Lord Baden Powell juga telah membuat sebuah buku yang berjudul Scouting for Boy. Setelah rilisnya buku ini akhirnya banyak orang yang terinspirasi dan mulai mendirikan gerakan pramuka di berbagai belahan dunia. Lalu, 1918 adalah tahun dimana dia mendirikan organisasi yang disebutnya sebagai Rover Scout yang semuanya beranggotakan remaja.

Antusiasme dari buku tersebut juga tidak berhenti sampai di situ, karena gerakan tersebut juga memulai mengadakan jambore pertamanya di London pada 30 Juli hingga 8 Agustus 1920. Ajang tersebut dihadiri oleh 8000 anggota pramuka dari berbagai negara di dunia dalam jambore itu juga Powel dinobatkan sebagai bapak pramuka dunia.

Di Indonesia sendiri Sri Sultan Hamengkubuwono IX adalah bapak pramuka Indonesia ia juga sekaligus menjabat sebagai ketua Kwartir Nasional pertama sejak tahun 1961.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Sejarah Munculnya Hari Pers Nasional

Sudah Tahu Alasan Mengapa Seragam Pramuka Berwarna Coklat?

Coklat adalah warna yang dipilih oleh anggota pramuka yang melambangkan mereka tidak akan lupa akan semangat dan jasa dari para pahlawan yang sudah berjuang untuk negara. Sesuai pada Bab I Pasal 5 Ayat B dalam Petunjuk Penyelenggaraan Pakaian Anggota Gerakan Pramuka. Karena Coklat memang digambarkan sebagai suatu medan perang. Warna itu juga digunakan oleh sederet pejuang kemerdekaan saat melawan penjajah saat akan merebut kemerdekaan. 

Selain itu Coklat juga memiliki metafora sebagai tanah dan air di seluruh nusantara. Terakhir Powell juga menginisiasikan bahwa warna Coklat juga merupakan warna yang paling tepat untuk menjadi seragam anggota Pramuka. Karena seperti yang sudah kita ketahui bahwa warna tersebut adalah warna yang selaras dengan alam sehingga warna tersebut tidak akan mudah kotor apabila digunakan dalam alam bebas.

Itulah sedikit banyak informasi mengenai sejarah hari pramuka serta penjelasan dari pramuka itu sendiri. Untuk kamu yang ingin mencari suatu organisasi pramuka bisa menjadi salah satu pilihanmu, karena pramuka dapat mengajarkan banyak hal terutama terkait kerjasama serta kedisiplinan.

Selamat Hari Pramuka yang ke-59. Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]