10 Ide Bisnis Baru Sambut 17 Agustus

0
545
Logo 75th Indonesia Merdeka - Sumber Photo: Sekretariat Negara

Hari kemerdekaan Indonesia tinggal beberapa hari lagi, artinya perhelatan perayaan kemerdekaan akan digelar dari pelosok desa hingga pusat kota. Dalam pelaksanaannya, memicu ide bisnis baru menyambut 17 Agustus.

Untuk meraup peluang bisnis dari perayaan 17 Agustus, Akseleran merangkum 10 ide bisnis yang bisa Sobat terapkan agar mendapatkan keuntungan. Berikut 10 jenis bisnis yang menjanjikan di bulan kemerdekaan republik Indonesia.

1. Bendera Merah Putih dan Umbul-Umbul
Menyambut tanggal 17 Agustus, biasanya terdapat pengumuman atau inisiatif sendiri untuk memasang bendera merah putih di halaman rumah. Tujuannya untuk mengenang jasa-jasa pahlawan kemerdekaan. Artinya menjual bendera merah putih dan umbul-umbul bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan

Caranya bisa dengan menjadi reseller dari toko online atau menjajakan langsung dengan menjahit sendiri lalu dipromosikan ke grup WhatsApp perumahan atau grup lainnya.

2. Kaos Bertemakan Indonesia
Menjelang hari kemerdekaan atau tepat di hari kemerdekaan pada 17 Agustus, masyarakat Indonesia biasanya ingin merayakan kemerdekaan dengan tetap tampil stylish. Untuk itu, peluang bisnis menjual kaos bertemakan Indonesia akan menjanjikan.

Jika kaos yang dijual bosan dengan warna merah putih, Sobat juga bisa bermain dengan warna lain asalkan desainnya harus menarik dan bertemakan Indonesia. Mengingat bisnis ini memerlukan tangan orang lain, maka Sobat harus pintar-pintar mencari vendor berkualitas ya. Terkadang ada yang murah tapi kualitasnya tidak bagus. Ada juga yang bagus tapi harganya mahal.

3. Pakaian Nuansa Merah dan Putih
Berbeda dengan kaos, bisnis pakaian nuansa merah dan putih terbilang menjanjikan juga karena beberapa instansi atau perusahaan mewajibkan karyawannya mengenakan seragam tematik jelang Hari Kemerdekaan.

Jika di tempat Sobat bekerja ada himbauan tersebut, daripada rekan kerja bingung bingung cari baju di mana dan nanti ujung-ujungnya mahal, mendingan Sobat bisa mengambil peluang tersebut dengan jual pakaian seperti kemeja, celana, rok bahkan jaket yang bernuansa merah dan putih. Pastikan harga juga tidak terlalu mahal asalkan tetap mendapatkan cuan.

Sobat, mengingat masih mewabahnya pandemi Covid-19 maka masker dengan nuansa merah putih menjadi bisnis yang menjanjikan. Selain membawa nuansa semangat kemerdekaan tetapi juga membawa semangat melawan Covid-19. Menggunakan masker untuk kesehatan dan keamanan bersama, merdeka lawan Covid-19, merdeka Indonesia.

4. Penyewaan Baju Adat & Tata Rias
Penyewaan baju adat bisa terbilang menjanjikan karena generasi milenial cenderung meniru budaya luar, sehingga enggan untuk membeli baju adat. Tetapi baju adat juga biasanya banyak disewa oleh orang tua yang anaknya masih duduk di bangku Taman Kanak-Kanak. Sambil menyewakan baju, bagi Sobat yang memiliki keahlian merias, bisnis ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang mencari uang tambahan. Selain meningkatkan keahlian merias, Sobat juga turut mempertahankan budaya Indonesia.

Baca Juga:
Tips Mengelola Keuangan untuk Pria Menikah
Tips Mengatur Keuangan Bagi Pria Lajang
Perencanaan Keuangan untuk Mahasiswa

5. Piala atau Trofi
Berbagai perlombaan biasanya dimainkan baik oleh kelompok karang taruna maupun di perusahaan. Perlombaan ini bagian dari euforia merayakan hari kemerdekaan, perlombaan diartikan sebagai perjuangan menuju kemenangan. Nah, dari lomba tentunya ada pemenang dan yang kalah.

Untuk memeriahkan perlombaan, panitia lomba biasanya menyediakan piala atau trofi agar peserta lomba semakin semangat untuk menang. Piala atau trofi lebih menarik karena bisa menjadi kenangan sepanjang masa.

6. Jasa Fotografi
perayaan Hari Kemerdekaan erat dengan lomba. Momen perlombaan biasanya menjadi momen yang tak terlupakan sehingga jasa fotografi untuk mengabadikan momen tersebut. Well, jasa fotografi bisa juga menjadi ide bisnis yang menjanjikan.

Untuk meraup peluang ini, Sobat bisa menawarkan jasa fotografi ke ketua karang taruna, jika memang tidak mendapatkan persetujuan untuk dibayar, Sobat bisa menjual momen tersebut di internet karena banyak juga situs-situs siap membayar hasil karyamu.

7. Makanan dan Minuman Ringan
Setelah mengikuti perlombaan di lingkungan perumahan, biasanya peserta atau panitia merasakan dahaga dan lapar. Namun jika pulang ke rumah dirasa malas, di sini Sobat bisa mengambil peluang bisnis menjual makanan dan minuman ringan dengan membuka lapak di dekat lokasi perlombaan. Bahkan biasanya anak-anak yang tidak lomba akan meminta jajan.

8. Jasa Desain & Percetakan
Ide bisnis lainnya menjelang 17 Agustus adalah jasa desain dan percetakan. Jasa desain dan percetakan biasanya paling menjanjikan, karena desain dan cetak umbul-umbul atau spanduk ini tidak hanya dipesan oleh instansi-instansi pemerintah saja, namun juga pihak perusahaan swasta bahkan sampai lingkup RT/ RW. Umbul-umbul atau spanduk biasanya kita temui di jalan bahkan di depan gang menuju perumahan.

9. Berjualan Hiasan dan Pernak Pernik Bertema Hari Kemerdekaan
Hiasan atau pernak pernik biasanya digunakan untuk menghias rumah hingga kendaraan. Jika di lingkungan perumahan biasanya memasang bendera-bendera kertas yang menghiasi langit-langit rumah warga. Sementara pada kendaraan biasanya bendera-bendera kecil yang dipasang pada dashboard mobil atau kaca mobil.

Agar tetap bisa bersaing, Sobat bisa menjadi reseller dengan margin yang tidak terlalu besar atau menjajakannya langsung kepada teman atau tetangga.

10. Event Organizer
Perlombaan biasanya diselenggarakan oleh karang taruna, tetapi jika memang lingkungan tempat tinggal Sobat atau bahkan ingin menyatukan perlombaan antar RT agar lebih meriah, Sobat bisa mengambil peluang bisnis event organizer dengan menawarkan diri bersama teman-teman. Terlebih jika memang Sobat memiliki keterampilan dalam mengelola acara, jika ternyata tidak dibayar, paling tidak hal ini bisa menambah daftar portofolio Sobat untuk kedepannya.

Sobat, tertarik menjalankan salah satu ide bisnis di atas? Mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19, perayaan Agustus mungkin tidak akan semeriah seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu harus tetap jeli ketika ingin menerapkan salah satu dari 10 ide bisnis yang Akseleran rangkum ya. Upayakan ide bisnis yang akan diterapkan memang memiliki banyak peminat, minimal peminat di lingkungan Rukun Tetangga (RT) atau Rukun Warga (RW) bahkan tingkat Kelurahan tempat Sobat tinggal.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]