Perencanaan Keuangan untuk Mahasiswa

0
1231

“Jangan lebih besar pasak daripada tiang”

Menjadi seorang mahasiswa pasti memiliki cerita yang sangat mengesankan. Mulai dari persoalan akademik, percintaan hingga keuangan. Belum lagi jika mahasiswa tersebut adalah perantau. Duh, menjadi persoalan besar nih jika kiriman uang telat, iya nggak? 

Sobat, tinggal jauh dari orang tua selain pintar akademik tetapi juga menuntut kita harus pintar dalam mengelola pengeluaran hingga akhir bulan. Belum lagi, banyaknya godaan mengerjakan tugas kelompok di coffee shop atau sekedar nongkrong, belanja atau liburan singkat dengan teman-teman. Alih-alih menghilangkan jenuh, pengeluaran malah tak terkontrol akhirnya menyusahkan diri sendiri bahkan terlilit utang.

Mengutip indonesiana.id, Ligwina Hananto selaku CEO Quantum Magma Financial atau perencana keuangan mengatakan, bersenang-senang di masa muda tidak menjadi masalah asalkan perlu menyesuaikan keuangan agar nantinya tidak besar pasak daripada tiang.

Sob, agar akademik berjalan mulus karena tidak direpotkan soal pulus, Ligwina berbagi caranya. Berikut 4 hal perencanaan keuangan bagi mahasiswa:

  1. Pandai Mengambil Keputusan

Membeli suatu barang diperlukan adanya pertimbangan yang matang dan memperhitungkan harga dengan kualitas. Selain untuk menghindari kerugian tetapi untuk mengetahui apakah barang tersebut  benar-benar diperlukan atau hanya sekedar diinginkan? Artinya Sobat jangan mudah terpengaruh bujukan teman atau banderol diskon, karena setiap orang memiliki kemampuan finansial yang berbeda.

  1. Belajar Untuk Berbagi

Memiliki dana terbatas bukan berarti tidak bisa belajar berbagi, karena berbagi sejak dini dengan teman bisa membentuk sifat empati pada diri pribadi. Selain itu dengan berbagi bisa membangun rasa lebih “menghargai” uang. Percayalah bahwa berbagi juga bisa membantu Sobat membuka pintu rezeki.

  1. Mulai Menabung

Menyandang status sebagai mahasiswa, isi kantong biasanya tipis atau nge-pas maklum tugas utama seorang mahasiswa adalah mencari ilmu atau belajar bukan mencari uang. Maka Sobat tak perlu khawatir jika isi dompet tipis asalkan nilai akademik fantastis. Namun alangkah baiknya jika nilai akademi fantastis dan Sobat bisa mulai belajar menyisihkan uang supaya kedepannya bisa menentukan prioritas. Kebiasaan ini nantinya bisa membantu hidupmu jika ada hal darurat yang tidak diinginkan, misalnya ingin ganti handphone atau gadget rusak, membeli perlengkapan kuliah dadakan atau nge-print/foto copy dan lain sebagainya.

Baca Juga:
Cara Mudah Kembangkan Dana di P2P Lending
Special Guest: Lender ini Dapat Bunga Ratusan Juta
Sudah Gajian? Jangan Lupa Kembangkan Danamu

  1. Mandiri Secara Finansial Sejak Dini

Seorang mahasiswa biasanya memiliki ide kreatif dan inovatif. Ide-ide tersebut bisa disalurkan sebagai kegiatan yang memberikan manfaat, seperti berwirausaha kecil-kecilan atau mungkin mulai mengembangkan dana di financial technology (fintech) Peer to Peer (P2P) Lending tanpa harus mengganggu jadwal kuliah.

Di usia yang tergolong muda, yuk mulai mengembangkan dana untuk mempersiapkan rencana masa depanmu dan bisa mandiri secara finansial sejak dini.

Untuk mulai mengembangkan dana, tak perlu modal besar karena bisa mulai dari Rp100 ribu. Caranya menjadi pemberi pinjaman (lender) di Akseleran. Di Akseleran Sobat bisa mendapatkan bunga hingga 21% per tahun. Selain itu juga Sobat membantu para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang sedang membutuhkan modal usaha untuk mengembangkan bisnisnya.

Mengembangkan dana di Akseleran, selain mudah dan menguntungkan tetapi juga aman. Karena Akseleran sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta memiliki proteksi asuransi kredit dan hampir 98% pinjaman memiliki agunan.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]