Cara Terbaik untuk Memperoleh Vendor yang Tepat!

0
1480
Vendor adalah

Bila Anda menjalankan bisnis, baik offline maupun online, kemungkinan besar akan membutuhkan bantuan dari pihak ketiga seperti vendor. Kehadiran vendor adalah salah satu hal yang berpengaruh terhadap proses produksi serta omzet bisnis Anda. Karena itu, Anda harus memilih vendor secara teliti. Nah, berikut beberapa tips yang dapat membantu agar bisa mendapatkan vendor yang tepat. 

  • Utamakan Kualitas

Selalu utamakan kualitas bila berhubungan dengan bisnis Anda. Apabila kualitas barang yang didapatkan dari vendor buruk, produk yang Anda hasilkan pun tidak bagus. Jangan tergiur dengan tawaran harga murah ketika hendak menentukan vendor bisnis, meski memang terdapat vendor yang memberikan harga murah dengan kualitas barang bagus.

Salah satu syarat agar sebuah bisnis bertahan lama adalah produk yang dijual. Bila produk Anda memiliki konsistensi dalam kualitas, konsumen akan puas dan percaya. Mereka pun kemungkinan besar akan kembali membeli. 

  • Selidiki Rekam Jejak

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan saat hendak menentukan vendor adalah mengetahui rekam jejak mereka dari para pengguna jasa sebelumnya. Luangkan waktu sejenak untuk mencari tahu rekam jejak vendor yang akan dipilih baik melalui komunitas, media sosial, bahkan berbagai forum diskusi di situs online.

Biasanya vendor yang berkualitas tidak pernah terlibat masalah dengan para pelanggannya. Tak hanya soal kualitas barang, perhatikan pula apakah vendor tersebut sering terkendala soal pengiriman produk atau tidak. Lamanya pengiriman barang merupakan salah satu hal yang berpengaruh pada proses produksi bisnis Anda. Jadi, jangan sampai memilih vendor yang sering melakukan pengiriman barang sesuai tidak sesuai kesepakatan. 

  • Produsen Langsung

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan vendor adalah memilih mereka yang merupakan produsen langsung atau produsen utama. Tentu harga bahan yang disediakan akan jauh lebih murah ketimbang bila vendor tersebut sudah berstatus tangan kedua dan seterusnya. Meski perbedaan harga tidak terlalu jauh, ini akan berpengaruh pada margin keuntungan bisnis Anda. Terlebih lagi saat Anda membeli bahan baku dalam jumlah besar, keuntungan pun akan makin besar.

  • Minta Sampel

Untuk membuktikan apakah calon vendor yang akan Anda pilih benar-benar berkualitas, mintalah sampel produk lebih dulu. Hal tersebut akan membantu Anda membuat keputusan lanjut apakah akan menggunakan jasa vendor tersebut atau tidak. Namun, Anda harus tetap waspada karena masih saja ada vendor nakal yang membuat produk sampel bagus tetapi setelah itu menurunkan kualitasnya. Karena itu, selalu cek kualitas produk ketika memesan kembali. 

  • Punya Keahlian

Menggunakan jasa vendor bukan hanya untuk mendapatkan supply bahan tertentu saja. Lebih dari itu, Anda dapat menggunakan jasa vendor untuk memberi sudut pandang baru terhadap bisnis yang sedang dijalankan. Tentu yang menjadi vendor adalah mereka yang sudah memiliki keahlian di bidang tersebut.

Vendor yang baik tentu tidak akan sungkan memberi saran kepada Anda. Sebaliknya, mereka bersikap terbuka dan menjelaskan seluruh kebutuhan bisnis Anda. Beberapa masukan bisa berarti untuk mengembangkan kualitas produk Anda menjadi lebih baik. 

  • Pelajari Soal Garansi dan Sistem Retur

Untuk berjaga-jaga, pelajari kembali kebijakan dan aturan dari calon vendor mengenai garansi dan pengembalian barang (retur). Sebaiknya pilih vendor menawarkan garansi produk untuk meminimalisasikan kerugian. Bayangkan ketika barang yang diterima sudah rusak dan tak bisa digunakan, tentu akan berdampak terhadap jalannya bisnis Anda. 

Baca juga: Nota Kredit: Pengertian, Tujuan Serta Manfaatnya

  • Punya Lebih dari Satu Vendor

Hanya bergantung kepada satu vendor adalah kesalahan besar dalam menjalankan bisnis. Dalam perjalanan, bisa saja vendor yang Anda gunakan tiba-tiba kehabisan stok barang atau mengalami ha-hal tak terduga lainnya. Hal tersebut secara otomatis akan membuat bisnis Anda pun ikut terhambat.

Karena itu, sebaiknya miliki lebih dari satu vendor. Soal harga, pilihlah vendor-vendor yang harga produknya tidak terlalu jauh berbeda. Namun, tetap pastikan agar kualitas setiap vendor yang digunakan seragam.

Memperoleh vendor yang tepat merupakan salah satu kunci sukses dalam menjalankan bisnis. Vendor adalah rekan kerja Anda dalam kurun waktu tertentu. Jadi, pastikan jangan sampai salah mengambil keputusan sehingga masa depan bisnis Anda akan menjadi taruhannya. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].