Pengertian Valuasi: Cara Menghitung dan Contohnya

1
11219
Valuasi Adalah

Kamu tentu sering mendengar penggunaan istilah valuasi, biasanya ditujukan untuk startup bisnis. Namun, tahukah kamu kalau valuasi adalah cara penilaian yang tidak terbatas pada startup. Metode seperti ini bisa pula kamu temukan pada perusahaan konvensional. Tujuan dari valuasi tersebut tidak lain untuk memperoleh nilai ekonomi dari sebuah perusahaan. 

Dalam praktiknya, valuasi adalah sebuah penilaian yang bersifat dinamis. Oleh karenanya, valuasi sebuah perusahaan dapat mengalami perubahan seiring berjalannya waktu, bisa naik atau turun. Ada banyak faktor yang berpengaruh pada valuasi, termasuk di antaranya adalah performa penjualan, model bisnis, kualitas manajemen, branding, kompetitor, aset, dan lain sebagainya. 

Manfaat Perhitungan Valuasi

Valuasi bisnis merupakan proses yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Pelaksanaannya dapat meningkatkan performa bisnis secara menyeluruh. Perusahaan bisa mendapatkan 5 manfaat dari valuasi adalah: 

1. Mendapatkan akses investasi

Kalau Anda ingin mengembangkan bisnis dan berharap memperoleh kucuran dana dari investor, valuasi adalah upaya tepat. Kamu dapat menjabarkan laporan valuasi secara komprehensif kepada para investor. Dari situ, mereka punya pertimbangan dalam memperoleh potensi bisnis dari perusahaan. 

2. Memperlancar akuisisi bisnis

Valuasi juga menjadi aspek penting ketika terdapat perusahaan besar yang ingin mengakuisisi bisnis kamu. Lewat valuasi, mereka dapat memperoleh penilaian secara objektif tentang nilai dari perusahaan. Selanjutnya, proses negosiasi dapat berlangsung dengan berlandaskan pada valuasi tersebut. 

3. Membantu proses pengambilan keputusan

Lewat valuasi, perusahaan punya pertimbangan matang dalam melakukan pengambilan keputusan yang strategis. Saat perusahaan memiliki valuasi tinggi, Anda bisa memutuskan untuk mengembangkan bisnis. Kondisi sebaliknya bisa Anda lakukan ketika valuasi rendah. Untuk menghindari kebangkrutan, Anda punya pertimbangan melakukan merger atau menjual bisnis ke perusahaan lain. 

4. Evaluasi

Pelaksanaan valuasi dapat digunakan perusahaan sebagai sarana melakukan evaluasi. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui apakah bisnis yang tengah dijalankan berjalan sehat atau tidak. 

5. Memahami nilai jual perusahaan

Pengetahuan tentang nilai jual perusahaan sangat penting bagi pebisnis. Informasi ini dapat berguna untuk memperoleh keuntungan yang lebih banyak ketika kamu memutuskan untuk melakukan merger atau menjual perusahaan. 

Cara Perhitungan Valuasi Perusahaan dan Contohnya

Ada berbagai metode yang dapat kamu gunakan untuk memperoleh valuasi perusahaan. Ada 4 metode perhitungan valuasi yang kerap digunakan dalam bisnis, yaitu: 

1. Profit Multiplier

Metode pertama adalah profit multiplier. Cara perhitungan valuasi dengan metode ini dilakukan dengan mengalikan profit perusahaan. Contoh, perusahaan mempunyai profit bersih Rp100 juta per tahun dengan valuasi multiple (VM) sebesar 4. Maka, valuasinya adalah Rp400 juta. Dari kacamata investor, perusahaan mempunyai potensi keuntungan per tahun sekitar Rp100 juta untuk modal investasi sebesar Rp400 juta. 

2. Komparasi

Cara selanjutnya, kamu bisa menggunakan metode yang disebut komparasi. Metode ini bisa kamu lakukan dengan membandingkan bisnis perusahaan dengan usaha serupa yang valuasinya sudah diketahui. Cara seperti ini cukup sederhana, tetapi kamu perlu memperoleh bisnis pembanding yang tepat. Hasilnya, kamu akan melakukan perbandingkan secara apple to apple. 

Baca juga: Apa itu ROI? Begini Cara Menghitungnya dengan Rumus

3. Discounted Cash Flow (DCF)

Ada pula metode yang dikenal sebagai DCF. Perhitungan dengan metode DCF dilakukan dengan menggunakan proyeksi arus kas di masa depan. Berbeda dengan metode profit multipler, DCF mempertimbangkan aspek inflasi untuk mendapatkan present value (PV) bisnis perusahaan. 

Perhitungan dengan metode DCF memerlukan estimasi pendapatan serta pengeluaran bisnis dalam beberapa tahun ke depan. Dari situ, kamu bisa memperoleh arus kas bersih. Selanjutnya, perhitungkan discount rate yang akurat setiap tahun untuk memperoleh PV bersih dari profit di masa depan. Di waktu yang sama, kamu memperoleh discounted cash flow

Metode perhitungan DCF memungkinkan seorang investor untuk melakukan komparasi sebelum berinvestasi. Dalam prosesnya, mereka dapat mempertimbangkan aspek risiko serta tingkat return yang bisa didapatkan. 

Contoh komprehensif dari perhitungan valuasi dengan metode DCF yang komprehensif bisa kamu temukan dalam video berikut

4. Valuasi aset

Metode yang terakhir adalah valuasi aset. Penerapan metode ini cukup sederhana, yakni dengan mempertimbangkan nilai jual keseluruhan aset milik perusahaan. Kamu dapat memperkirakan nilai jualnya dan sekaligus melakukan pembayaran seluruh utang, hasilnya merupakan valuasi bisnis dari perusahaan. 

Ingin Memiliki Valuasi di Masa Depan yang Berlimpah? Yuk Mulai Pengembangan Dana di Akseleran Hanya dengan Rp100 Ribu!

Semua orang tentu memiliki keinginan untuk memiliki dana masa depan yang cukup untuk kehidupannya. Karena itu, untuk kamu yang ingin memiliki dana masa depan yang banyak, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 10,5%-12% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.