10 Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan

0
127
Usaha Sampingan Untuk Karyawan

Siapa pun pasti menginginkan penghasilan tambahan. Anda pun tentu merasakan hal yang serupa, apalagi jika masih banyak hal yang ada di bucket list yang belum tercapai. Karena besaran gaji susah naiknya, maka hal yang bisa dilakukan adalah membuka pintu cuan lainnya untuk menambah penghasilan, misalnya seperti membuka usaha sampingan. 

Kira-kira, apa saja ide usaha sampingan untuk karyawan yang bisa Anda mulai sekarang? Berikut ulasannya.

Rekomendasi Usaha Sampingan untuk Karyawan 

Berikut ini adalah 10 rekomendasi kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk menambah pundi-pundi penghasilan. 

Bisnis loket PPOB

Rekomendasi usaha sampingan untuk karyawan yang pertama adalah membuka loket PPOB. Bisnis ini cocok jika rumah Anda berlokasi di tempat yang cukup strategis. 

Jika Anda melakukan bisnis ini, sumber pendapatan utama Anda adalah komisi yang didapatkan per transaksi. Maka dari itu, semakin banyak transaksi yang ditangani, maka semakin cuan juga bisnis yang satu ini.

Membuka angkringan sederhana

Hobi nongkrong dengan teman-teman di angkringan? Kini giliran Anda untuk menjadikan angkringan sebagai ladang cuan Anda. 

Untuk memulai usaha angkringan, hal yang penting adalah mencari lokasi yang strategis, misalnya seperti daerah kampus atau daerah pusat perkantoran. Pasalnya, di dua kawasan tersebut, orang-orang cukup sering nongkrong terutama pada saat istirahat maupun setelah pulang kerja.

Menjual jasa desain grafis

Punya skill desain grafis? Anda bisa jadikan skill tersebut sebagai kesempatan menambah cuan, lho. Caranya pun beragam, misalnya seperti menjadi desainer grafis freelance atau menjual desain dalam bentuk produk jadi (kaos, tote bag, dll.). 

Membuka jasa cuci mobil/motor

Rekomendasi usaha sampingan untuk karyawan lainnya adalah membuka jasa cuci mobil/motor. Nah, untuk jenis usaha yang satu ini, Anda pasti perlu merekrut karyawan untuk melayani pengunjung. Meski Anda perlu modal yang tidak sedikit, bisa dikatakan usaha ini adalah usaha yang kontinyu sehingga tidak ada salahnya mencoba mendirikan usaha ini. 

Membuka booth minuman kekinian

Ingin memulai usaha yang tidak butuh modal besar? Membeli franchise dan membuka booth minuman kekinian bisa menjadi jawabannya. Anda hanya perlu mencari lokasi yang strategis supaya usaha minuman ini banyak dikenal orang. Jika memungkinkan, lakukan kerja sama dengan ojek online agar produk Anda bisa dikenal lebih banyak orang. 

Membuka warung ayam goreng

Opsi usaha sampingan untuk karyawan selanjutnya adalah membuka usaha warung ayam goreng. Menu ayam goreng yang bisa Anda jual bisa bermacam-macam, misalnya seperti ayam goreng crispy, ayam geprek, ayam lalapan, maupun ayam goreng laos. 

Nah, jika tidak bisa melayani pembeli secara langsung, Anda perlu merekrut orang lain untuk menjaga warung dan melayani pembeli. Risikonya, profit Anda bisa berkurang karena alokasi dana dibutuhkan untuk menggaji seseorang. 

Meski demikian, bisa dikatakan warung ayam merupakan jenis usaha yang kontinyu. Selain karena banyak orang suka makan dengan ayam, harga per porsi yang murah dibandingkan lauk lain pun menjadi alasan mengapa warung ayam dicintai banyak orang.

Baca juga: 12 Rekomendasi Franchise Makanan Terlaris 2023

Menawarkan jasa penulis freelance

Pernah bekerja sebagai penulis artikel atau mungkin memiliki skill yang mumpuni untuk menulis artikel? Anda bisa coba tawarkan jasa sebagai penulis artikel freelance. Saat ini, Anda bisa menjumpai banyak lowongan kepenulisan freelance dengan fee yang lumayan. 

Nah, jika Anda punya skill dalam bidang penulisan artikel baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, tidak ada salahnya mencoba untuk menjadi seorang penulis freelance, bukan?

Menjadi makelar penjualan properti

Jenis usaha yang satu ini memang sifatnya tidak selalu ada, sebab karena tidak semua orang mau menjual properti miliknya dengan bantuan perantara. Akan tetapi, sekali berhasil, keuntungan yang bisa Anda dapatkan lumayan, lho! Bahkan, Anda bisa dapatkan komisi hingga puluhan juta untuk satu kali transaksi. 

Membuat usaha bingkisan atau hampers

Rekomendasi usaha sampingan untuk karyawan selanjutnya adalah membuka bisnis hampers. Jenis usaha yang satu ini juga termasuk sebagai usaha yang ramai pada musim-musim tertentu, misalnya seperti menjelang hari raya. 

Nah, supaya usaha Anda tidak hanya ramai pada musim-musim tertentu, Anda bisa menyiasatinya dengan membuka usaha hampers dengan layanan yang lebih banyak. Misalnya, Anda bisa membuka jasa hampers tidak hanya untuk untuk hari raya saja. Sediakan juga paket hampers untuk ulang tahun, wisuda, kelahiran bayi, dsb. 

Membuka usaha laundry

Usaha laundry bisa Anda pilih sebagai jenis usaha sampingan untuk karyawan yang cukup menguntungkan. Pasalnya, akhir-akhir ini semakin banyak orang yang kehabisan waktu untuk mencuci karena kesibukan di kantor. Nah, supaya bisnis laundry Anda banyak dikenal dan digunakan orang, Anda bisa mencari lokasi di dekat kawasan universitas ataupun di sekitar kawasan perkantoran.

Nah, itulah 10 rekomendasi usaha sampingan untuk karyawan yang bisa Anda coba. Jadi, jenis usaha yang mana, nih, yang sesuai dengan bujet dan kemampuan Anda? 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].