5 Ide Usaha yang Bisa Dicoba di Tengah Pandemi

0
1529
Usaha di Tengah Pandemi

Ekonomi merupakan salah satu bidang yang cukup terdampak selama pandemi berlangsung. Hampir seluruh sektor mengalami penurunan omset yang berakibat pada banyaknya karyawan di-PHK agar perusahaan bisa tetap berdiri. Kondisi ini diakui atau tidak menjadi masalah bersama.

Tingginya angka PHK membuat kebutuhan lapangan pekerjaan meningkat. Padahal di masa pandemi, peluang mendapat pekerjaan semakin mengecil sebab banyak pemilik usaha yang lebih memilih mengencangkan ikat pinggang dari pada merekrut karyawan baru. Alhasil banyak yang banting setir menjadi pengusaha.

Tapi mendirikan usaha di zaman serba tidak menentu seperti saat ini pun cukup sulit. Dibutuhkan strategi solid dan ide inovatif agar bisa bertahan serta mendapatkan keuntungan. Sebagai rekomendasi, berikut beberapa ide usaha di tengah pandemi yang dapat kita coba.

Rekomendasi Usaha di Tengah Pandemi

  • Bisnis Masker Kain

Meskipun saat ini produk masker medis tidak selangka seperti masa-masa awal pandemi, tetapi minat orang terhadap masker kain masih cukup besar. Apalagi jika kita mampu membuat masker kain lapis tiga yang sesuai dengan anjuran pemerintah. Selain bahannya mudah didapatkan, membuat masker kain juga tidak butuh mesin khusus.

Berbekal mesin jahit biasa dan beberapa orang penjahit profesional, Anda bisa memulai bisnis ini dari rumah dan memasarkannya secara online. Agar lebih menarik, buatlah ragam masker kain yang unik dan kreatif. Misalnya, masker untuk pesta pernikahan atau masker fashion.

  • Jual Tanaman Online

Adanya kebijakan sekolah online, WFH, PPKM, dan PSBB selama masa pandemi membuat banyak orang mengembangkan hobi baru agar tidak bosan selama di rumah, salah satunya adalah bertanam. Melihat peluang ini, membuka usaha jual tanaman online tentu saja merupakan ide cemerlang.

Untuk memasarkannya, manfaatkan platform media sosial dan marketplace. Agar lebih menarik, buatlah inovasi yang akan membuat orang lebih memilih membeli produk tanaman Anda. Misalnya, gunakan packaging unik saat pengiriman atau beri bonus berupa booklet tutorial menanam dan bibit bunga.

  • Bisnis New Normal Kit

Selain masker, orang juga membutuhkan perlengkapan kesehatan dan kebersihan lainnya agar bisa tetap aman beraktivitas di luar rumah selama pandemi. Fenomena ini bisa menjadi peluang usaha di tengah pandemi dengan cara membuat New Normal Kit.

New Normal Kit bisa berupa satu set peralatan yang terdiri dari peralatan makan, hand sanitizer, face shield, dan botol minuman BPA free. Jika ingin lebih menarik, gunakan packaging unik dan bahan go green untuk membuat New Normal Kit ini. Agar menjangkau lebih banyak konsumen, kita juga bisa menjualnya secara terpisah.

  • Usaha Kuliner

Baik di masa pandemi atau normal, sepertinya bisnis kuliner merupakan pilihan paling tepat. Untuk memulai bisnis ini, Anda tidak perlu repot membuka warung atau restoran. Buatlah produk yang bisa diproduksi di rumah dengan mudah seperti keripik, pastry, cake, atau bahkan frozen food.

Untuk memasarkannya, manfaatkan media sosial dan jangan ragu bergabung dengan aplikasi makanan online. Agar lebih menarik, gunakan packaging unik seperti besek, toples akrilik, aluminium foil, atau box lucu. Sebagai langkah awal, buatlah produk dalam jumlah terbatas agar tidak terbuang sia-sia.

  • Menjadi Dropshipper

Sebelum pandemi usaha dropship merupakan pilihan brilian bagi yang ingin memulai bisnis tanpa modal. Tanpa harus memiliki toko, Anda bisa menjual produk-produk orang lain melalui media sosial dan marketplace dengan mudah. Sebagai langkah awal, coba lakukan riset produk yang ingin dijual, misalnya pakaian.

Saat melakukan riset, cobalah mencari produsen pakaian murah dan berkualitas melaui internet. Jika sudah ketemu, pastikan produsen tersebut melayani dropship agar kita bisa memulai bisnis. Selanjutnya, Anda hanya perlu mem-posting foto-foto produk yang dijual dengan selisih harga sebagai keuntungan.

Baca juga: Dropship dan Reseller, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Jika ada yang membeli, Anda hanya perlu menghubungi produsen pakaian untuk mengemas produk yang diinginkan dan mengirimkannya langsung ke alamat pembeli. Bisa dibilang bisnis ini hanya membutuhkan smartphone dan kemampuan riset untuk mencari harga terbaik agar mendapat keuntungan.

Kesimpulan

Menurut Fahmy Radhi, pengamat ekonomi dari Universitas Gadjah mada, pandemi Covid 19 memang membuat seluruh bisnis mengalami penurunan. Tapi di sisi lain, bisnis consumer goods online justru sedang menjadi tren dan memiliki peluang sukses cukup tinggi. Jadi tunggu apalagi, segera mulai bisnis Anda sendiri.

Semoga informasi ide usaha di tengah pandemi di atas bermanfaat, selamat berbisnis.

Membangun Usaha di Tengah Pandemi Seperti Saat Ini Memang Susah-Susah Gampang, Untuk Mempermudahnya Kamu dapat Mengajukan Pinjaman Modal Usaha Melalui Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected].