Mengenal 5 Faktor yang Mempengaruhi Permintaan

0
27353
Faktor yang Mempengaruhi Permintaan

Faktor yang Mempengaruhi Permintaan – Adanya permintaan ini tentu dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Selain itu dengan membangun bisnis juga akan meningkatkan permintaan agar terus dapat meningkatkan keuntungan karena pemerintah serta bank sentral ini ingin terus meningkatkan permintaan agar dapat mengakhiri resesi yang terjadi.

Mereka juga akan memperlambatnya selama fase dari ekspansi siklus bisnis ini untuk melawan inflasi. Apabila kamu menawarkan layanan berbayar apapun, artinya kamu akan meningkatkan permintaan layanan tersebut.

Lalu, sebenarnya apa saja sih yang dapat mendorong permintaan? Beberapa faktor yang memiliki potensi dapat mempengaruhi keputusan setiap konsumen saat ingin membeli sesuatu. Dalam ilmu ekonomi, ada satu istilah yang dinamakan 5 Shifters of Demand dimana menjadi penentu atau faktor dari permintaan selengkapnya akan kita bahas di bawah ini!

5 Faktor yang Mempengaruhi Permintaan

  • Harga barang atau jasa
  • Pendapatan pembeli
  • Harga barang atau jasa yang terkait baik itu pelengkap dan dibeli bersama dengan barang lainnya atau barang pengganti dan dibeli, bukan produk
  • Selera atau preferensi dari konsumen yang dapat mendorong permintaan
  • Harapan konsumen. Dimana ini akan mengacu pada apakah konsumen yakin harga produk tersebut akan naik atau turun di masa depan

Di luar dari ke-5 permintaan di atas ada satu lagi terkait permintaan agregat dimana jumlah pembeli di pasar adalah penentu keenam.

Persamaan atau Fungsi Permintaan

Persamaan ini mengungkapkan hubungan antara permintaan serta lima faktor atau penentu permintaannya dengan rumus:

qD = f (harga, pendapatan, harga barang terkait, selera, ekspektasi)

Dari rumus di atas persamaan memang tidak sesederhana itu karena membuat persamaan yang secara akurat memprediksi persis yang akan diminta.

Sebaliknya, dari persamaan ini menyoroti hubungan antara permintaan serta faktor utamanya. Jadi qD sebagai kuantitas yang diminta adalah fungsi dari kelima faktor di atas yaitu harga, pendapatan pembeli, harga barang terkait, selera konsumen dan ekspektasi konsumen terhadap penawaran dan harga di masa depan. Ketika faktor-faktor ini berubah, tentu kuantitas yang diminta juga akan berubah.

Lalu, Bagaimana Setiap Determinan Mempengaruhi Permintaan?

Setiap faktor di atas tentu akan mempengaruhi permintaan yang unik dimana ketika pendapatan pembeli sedang meningkat tentu itu juga akan meningkatkan permintaan. Pembeli juga akan memiliki lebih banyak uang dan kemungkinan untuk membelanjakannya akan lebih besar. Namun, apabila faktor lain naik seperti faktor harga barang yang sedang meningkat tentu permintaan akan menurun.

Sebelum menjelaskan efek dari setiap determinan itu, penting itu memahami bahwa setiap faktor tersebut akan berubah. Karena itu untuk memahami bagaimana satu determinan dapat mempengaruhi permintaan, terlebih dahulu kamu harus mengasumsikan secara hipotetis bahwa semua determinan lainnya tidak akan berubah.

  • Harga

The Law of Demand menyatakan bahwa saat harga naik, maka kuantitas permintaan akan menurun. Sebaliknya juga saat harga menurun, maka permintaan akan meningkat. Orang mendasarkan keputusan pembelian mereka pada harga yang sama. Jumlah pasti dari yang dibeli untuk setiap tingkat harga akan dijelaskan dalam jadwal permintaannya. Hal ini kemudian akan ditampilkan pada grafik untuk menunjukkan kurva permintaan.

Pada kurva permintaan ini juga hanya akan menunjukkan hubungan antara harga serta kuantitas. Apabila salah satu faktor penentu nya berubah, maka seluruh permintaan akan berubah.

Baca juga: Daftar Lengkap Standar Biaya Masukan 2020

  • Pendapatan

Ketika pendapatan naik, begitu pula juga kuantitas yang akan naik. Saat pendapatan sedang menurun, begitu juga permintaan akan menurun. Namun, apabila penghasilan kamu berlipat ganda, kamu tidak perlu untuk membeli barang atau jasa dengan dua kali lebih banyak.

  • Harga Barang atau Jasa Terkait

Harga barang atau jasa menaikkan biaya penggunaan produk yang paling banyak diminta sehingga kamu hanya menginginkan lebih sedikit. Contohnya, saat harga bahan bakar mencapai harga tertingginya, penggunaan bahan bakar untuk mobil-mobil besar akan menurun karena mobil-mobil besar ini relatif penggunaannya lebih besar sehingga membuat biaya menjadi lebih boros.

Reaksi sebaliknya terjadi saat harga substitusi naik. Dimana orang akan menginginkan lebih banyak barang atau jasa dan lebih sedikit penggantinya. Itulah mengapa Apple terus berinovasi dengan iPhone, iPad, iWatch dan Macnya. Begitu pengganti, seperti ponsel Android baru, muncul dengan harga yang lebih terjangkau, Apple akan keluar dengan produk yang lebih baik. Sehingga Android, bukan lagi sebagai pengganti.

faktor yang mempengaruhi permintaan
  • Selera

Saat keinginan, emosi atau preferensi publik berubah mendukung suatu produk, begitu pula kuantitas yang diminta. Demikian juga saat selera melawannya, itu akan menekan jumlah yang diminta. Iklan merek mencoba meningkatkan keinginan dari barang yang akan dikonsumsi.

  • Harapan

Saat orang berharap bahwa nilai sesuatu baik itu barang atau jasa naik, mereka akan berharap barang atau jasa tersebut juga lebih baik. Contohnya, saat harga rumah naik namun tetap banyak orang membeli rumah karena mereka memiliki harapan harga rumah akan terus meningkat.

  • Jumlah Pembeli di Pasar

Jumlah konsumen mempengaruhi keseluruhan atau permintaan “agregat”. Semakin banyak pembeli yang memasuki pasar, permintaan pun akan semakin meningkat. Contohnya, KPR yang berbiaya murah atau rendah akan meningkatkan jumlah orang yang mampu membeli rumah sehingga akan meningkatkan permintaan. 

Sekarang sudah mengerti kan mengenai sebenarnya apa saja faktor atau penentu dari permintaan? 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 10,5% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]