7 Tips Presentasi Agar Kamu Lebih Percaya Diri

0
2285
Tips Presentasi

Melakukan suatu presentasi yang baik dan lancar memang terkadang bukanlah hal yang mudah, karena efektif atau tidaknya sebuah presentasi juga akan ditentukan oleh kemampuan dari si presenternya itu sendiri. Selain itu, tema pembahasan presentasinya juga harus harus diperhatikan. Cara penyampaian presentasi yang tidak sesuai dengan tema juga akan mempengaruhi efektif atau tidaknya presentasi tersebut. 

Untuk membuat presentasi yang dilakukan berjalan lebih lancar dan efektif, ini beberapa tips presentasi yang bisa dilakukan selengkapnya.

Tips Presentasi Agar Lebih Presentasi Lebih Efektif

  • Tunjukan Passion

Saat menyampaikan presentasi jangan lupa untuk menunjukan passion yang dimiliki kepada para audiens. Tunjukkan bahwa kamu memiliki semangat dan antusias saat membawakan presentasi tersebut. Walaupun tema yang dibawakan sangat bagus dan cocok, namun apabila kamu ragu maka tentu akan terlihat tidak baik dan juga tidak kompeten.

Karenanya, passion dapat ditampilkan dengan rasa percaya diri yang dimiliki oleh presenter. Saat kamu memiliki kepercayaan diri yang baik saat menyampaikan presentasi, maka tentu akan membuat para audiens melihat passion yang dimiliki oleh presenter itu sendiri. Dengan itu juga para audiens akan bersemangat mendengarkan kamu presentasi.

  • Berikan Pembukaan yang Meyakinkan

First impression adalah hal yang terpenting saat melakukan presentasi. Dengan kesan pertama yang baik dan meyakinkan tentu akan membuat para audiens lebih bersemangat untuk mendengarkan presentasi yang dilakukan olehmu. 

Pada menit menit awal saat presentasi awal dilakukan adalah waktu terpenting dimana audiens melihat dengan seksama. Pada saat itu juga audiens akan melihat apakah presentasi yang dibawakan akan menarik atau tidak. Jika audiens tertarik, maka pembukaan dari presentasi yang dilakukan efektif.

Ini sering terjadi dimana banyak presentasi yang kurang menarik dan terbilang gagal karena presenter tidak memberikan pembukaan presentasi yang meyakinkan sehingga audiens tidak lagi memperhatikan presentasi tersebut.

  • Singkat dan Jelas

Kamu tentu tidak akan tertarik mendengarkan orang berbicara dengan kurang jelas atau bertele-tele. Hal ini juga tentu sama dengan para audiens, dimana apabila presenternya membawakan penjelasan dengan cara yang bertele-tele dan kurang jelas maka sudah pasti audiens juga akan bosan dan akhirnya presentasi berjalan tidak efektif.

Hal terbaik adalah menyampaikan poin-poin terpenting di dalam presentasi itu tanpa mengurangi isi dari presentasi itu sendiri. Fokus terhadap pembukaan dan penutupan dari presentasi itu sendiri, pada bagian tersebut biasanya menjadi bagian yang paling diingat dari para audiens.

Selain itu usahakan slide presentasi yang dibuat lebih menarik sehingga tidak terkesan membosankan dan para audiens juga bisa lebih memperhatikan slide dengan lebih lama. Namun, slide yang menarik ini juga tetap harus dibuat dengan simpel agar mudah dipahami oleh para audiens ya.

  • Gunakan Teknologi

Seperti yang kita sudah bahas sedikit di atas, untuk membuat slide lebih menarik gunakan sedikit teknologi untuk mendukungnya. Contoh, kamu dapat menggunakan handheld remote sehingga kamu dapat menjelaskan dengan lebih mudah dengan menunjuk poin-poin penting yang ada di dalam presentasi tersebut. 

Tambahkan sedikit gambar, animasi ataupun video yang berhubungan dengan tema presentasi ke dalam slide dengan begitu para audiens juga semakin tertarik dan tidak bosan dengan presentasi milikmu.

Baca juga: Ini Dampak Perkembangan Teknologi yang Dapat Dirasakan

  • Berikan Kontak Mata Terhadap Audiens

Kontak mata merupakan poin penting untuk menjalin hubungan dengan para audiens. Saat presentasi yang dilakukan di depan audiens yang jumlahnya relatif tidak terlalu banyak, proses kontak mata ini tentu akan lebih mudah dilakukan.

Namun, bukan berarti apabila presentasi dilakukan dengan jumlah yang banyak kontak mata tidak dapat dilakukan. Tentu tetap bisa dilakukan dengan mengarahkan tatapan mata kepada para audiens yang bisa dianggap mewakili setiap sudutnya.

Dengan demikian para audiens akan merasa bahwa kamu memperhatikan mereka sehingga mereka juga akan memperhatikan kamu. Jangan lupa tambahan yang tak kalah penting yaitu dengan memberikan senyum terbaik kepada para audiens yang ada.

  • Kenali Audiens

Tips lainnya adalah mengenali audiens. Dengan mengenali audiens tentu akan membuat presentasi yang dilakukan lebih baik dan tepat jadi kamu dapat mengetahui bagaimana cara terbaik untuk menyampaikannya.

Untuk mengenali audiens ini bisa mulai melihat dari latar belakang, umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan hingga pekerjaan mereka. Materi dan gaya penyampaian presentasi kamu kepada para mahasiswa tentu akan berbeda dari presentasi di hadapan para manajer. Karena itu, penting mengenali para audiensmu.

  • Fokus dan Berikan Kepercayaan Diri

Saat akan melakukan presentasi tentu harus selalu ingat apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh para audiens. Karena itu, kamu harus memiliki fokus yang tinggi dan memiliki kemampuan untuk memahami audiens serta memahaminya. Penampilan bisa menjadi salah satu cara meningkatkan rasa percaya diri yang tinggi.

Selain penampilan beberapa hal seperti mempersiapkan isi dari slide yang lebih matang, pembawaan yang santai hingga melakukan latihan presentasi juga bisa meningkatkan fokus dan kepercayaan diri yang baik.

Itulah beberapa tips presentasi yang bisa dilakukan agar presentasimu lebih baik dan efektif.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].