Ini Kebiasaan Manusia yang Efektif dalam Kehidupan Sehari-Hari

1
4070
Kebiasaan Manusia yang Efektif

Setiap orang tentunya memiliki banyak kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari untuk menunjang segala kebutuhan hidup hariannya. Namun, kadang kebiasaan-kebiasaan yang dimiliki setiap orang ini berbeda-beda ada yang memang menghasilkan hasil yang lebih efektif dan ada juga kebiasaannya kurang efektif.

Karena itu, di bawah ini kita akan membahas beberapa kebiasaan manusia yang efektif dalam kehidupan sehari-hari serta dapat membuat pengelolaan keuangan pribadi menjadi lebih baik. Berikut selengkapnya:

Kebiasaan Manusia yang Efektif dalam Kehidupan Sehari-Hari

  • Menjadi Proaktif

Kebiasaan pertama yang bisa dilakukan adalah bersikap proaktif. Karena, orang yang proaktif memiliki inisiatif yang lebih baik, selain itu mereka juga berani bertanggung jawab atas diri sendiri. Mereka yang proaktif juga mampu memilih perilaku yang mau berkembang dan sukses. 

Contohnya, seperti saat dirasa kita memiliki pendapatan yang terbilang kurang, bukan berarti kita menyalahkan keadaan atau perusahaan kita. Karena orang yang memiliki sikap proaktif tahu bagaimana cara meningkatkan pendapatannya sehingga cara pengelolaan keuangannya lebih baik dengan menentukan setiap tujuan keuangan yang dimilikinya. 

Mereka yang proaktif juga biasanya menggunakan kata-kata seperti “saya mau”, “saya bisa”, “saya mampu”, “saya lebih memilih” dan kata-kata lainnya yang dapat memotivasi dirinya untuk melakukan yang lebih baik.

  • Melihat Tujuan ke Depan

Sebagai orang tua pernahkah kamu bertanya kepada anak-anak ingin jadi apakah mereka saat besar nanti? Atau sebagai seorang karyawan pernahkan bertanya berapa target penjualan di tahun ini?

Ya, semua pertanyaan itu didasarkan oleh suatu imajinasi, kemampuan tersebut untuk melihat sesuatu yang ada dipikiran yang belum dapat dilihat langsung oleh mata. Ketika seseorang membayangkan sesuatu yang positif dan bergerak ke arah kesuksesan, biasanya mereka akan mendapatkan apa yang ada dalam pikirannya.

Intinya kita harus membuat tujuan pribadi dimana tujuan tersebut menyangkut apa yang ingin kita capai, apa yang ingin kita tuju, apa yang kita ingin dapatkan dan tentunya apa tujuan dari keuangan yang kamu miliki? Setelahnya kamu dapat membuat rencana untuk mendapatkannya dan fokus sesuai dengan tujuannya.

  • Memiliki Prioritas

Kebiasaan selanjutnya adalah memprioritaskan yang utama seperti halnya yang menyangkut pekerjaan yaitu seperti membagi pekerjaan-pekerjaan utama yang harus diselesaikan segera mungkin, mana pekerjaan yang bisa ditunda terlebih dahulu dan mana pekerjaan yang bisa diperbaiki.

Baca juga: 6 Tahapan Mudah Untuk Pengelolaan Keuangan!

  • Memiliki Pemikiran untuk Sukses Bersama

Kebiasaan yang keempat adalah bagaimana memiliki pemikiran untuk sukses bersama. Hal ini bukanlah ilmu yang bisa dipahami dalam waktu singkat, karena untuk mencapai kesuksesan bersama didasarkan pada karakter seseorang dalam melakukan interaksi serta kolaborasi.

Contohnya seperti pendidikan yang mengajarkan kita untuk bekerja sendiri demi mencapai kesuksesan dan menjadi juara di dalam kelas. Karenanya, seseorang yang mampu dan memiliki pemikiran untuk sukses bersama pastinya memiliki beberapa karakter seperti integritas, kedewasaan hingga berpikir berlimpah.

  • Memahami Sebelum dipahami

Memahami sebelum dipahami adalah kebiasaan yang harus diterapkan dan dilakukan oleh banyak orang. Karena, untuk berkomunikasi, berbicara di depan umum bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan justru kebanyakan orang malah kesulitan untuk dapat mendengar dan memahami orang lain. Padahal hal tersebut cukup penting untuk diterapkan dan dibiasakan

  • Wujudkan Sinergi

Selanjutnya adalah dapat memiliki kebiasaan untuk mewujudkan sinergi karena sinergi merupakan cara terbaik untuk menghasilkan alternatif ketiga atau cara yang lebih baik dibandingkan cara yang sudah ada sebelumnya. Intinya adalah memanfaatkan segala perbedaan yang ada untuk mengatasi masalah dan dapat memanfaatkan peluang.

Tentunya saat bersama atau bekerja secara tim pasti pernah berbeda pendapat. Nah, perbedaan tersebut adalah hal yang baik apabila kita bisa menyikapi dan melakukan sinergi terkait perbedaan tersebut sehingga dapat menghasilkan output yang lebih baik, namun untuk menyatukan perbedaan pendapat tersebut kamu dapat melakukan diskusi sehingga sinergi satu sama lain dapat berjalan dengan baik.

  • Mengasah Kemampuan

Yang terakhir adalah mengasah kemampuan karena dengan mengasah kemampuan yang kita miliki tentunya dapat mengoptimalkan segala kemampuan yang ada dan menyeimbangkan fisik, sosial, mental hingga spiritualnya.

Itulah beberapa kebiasaan manusia yang efektif dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ingat segala kebiasaan yang sudah kita sebutkan di atas ini dapat efektif apabila kebiasaan ini dilakukan secara rutin dan terus menerus.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

1 COMMENT

Comments are closed.