Tips Melunasi Utang Kartu Kredit yang Menggunung

0
1860

Kartu kredit yang digunakan secara bijak sebenarnya bisa menopang kebutuhan finansial. Tetapi jika menggunakan kartu kredit tanpa perhitungan yang tepat akan membuat Sobat terlilit utang. Terlebih jika memiliki lebih dari 1 kartu kredit dan yang akhirnya bisa menimbulkan utang semakin menggunung. Lalu bingung bagaimana cara membayarnya?

Terdapat berbagai tips untuk melunasi kartu kredit yang menggunung. Berikut tipsnya yang berhasil Akseleran rangkum dari artikel-artikel terpercaya.

1. Berhenti Menggunakan Kartu Kredit
Langkah yang paling utama agar utang kartu kredit yang menggunung bisa dilunasi adalah berhenti menggunakan kartu kredit. Stop sekarang juga! Gunting atau potong-potong semua kartu kreditmu. Dengan berhenti memakai kartu kredit setiap melakukan pembayaran, artinya Sobat akan berhenti menambah utang. Jika sudah, lunasi semua utang sesuai jumlah saat ini.

2. Lakukan Pembayaran dengan Jumlah Terkecil
Agar tetap bisa memenuhi kebutuhan sebulan ke depan, coba dengan fokus melunasi utang kartu kredit yang jumlahnya tergolong kecil. Tetapi jika dengan membayar utang kartu kredit dengan bunga terbesar dan masih mencukupi biaya kebutuhan sebulan ke depan sangat disarankan. Dengan begitu, jumlahnya tak akan terus-terusan membengkak.

3. Gunakan Uang Tabungan dan Investasi
Apabila Sobat memiliki tabungan dan investasi yang bisa dicairkan, gunakan dua hal ini untuk membayar cicilan kartu kredit terlebih dahulu. Idealnya, tabungan dan investasi memang disiapkan untuk kebutuhan di masa depan. Namun bila keadaan sudah mendesak, lebih baik eliminasi dulu tagihan yang ada sekarang. Selanjutnya, Sobat bisa mulai menabung untuk kebutuhan masa depan lagi.

4. Hubungi Penerbit Kartu Kredit
Apabila Sobat merasa tidak sanggup membayar utang-utang kartu kredit karena masalah finansial, akibat kehilangan pekerjaan atau masalah pribadi lainya. Sobat bisa mengajukan keringanan dengan menjelaskan secara jujur atas keadaan yang Sobat alami saat ini.

5. Manfaatkan Periode Bebas Bunga
Jika penerbit kartu kredit memiliki program bebas bunga, Sobat bisa manfaatkan program tersebut. Biasanya periode bebas bunga bisa dimanfaatkan hingga 50 hari setelah Sobat melakukan transaksi atau belanja. Hal ini sebagai cara untuk menghindari pembayaran bunga yang besar.

Baca Juga:
Wajib Tahu Biaya Administrasi Tiap Bank
Kartu Kredit dengan Bunga Tertinggi

6. Bayarkan Lebih dari Jumlah Minimum
Membayar dalam jumlah minimum adalah cara praktis yang sering dilakukan oleh banyak pemegang kartu kredit. Jumlah utang yang terus menumpuk adalah masalah yang membuat para debitur terjebak dalam lingkaran utang. Padahal perlu diingat, kartu kredit memiliki suku bunga tertentu dan membayarkan tagihan dengan jumlah minimum hanya akan mengakumulasikan jumlah utang secara signifikan.

7. Perhatikan Siklus Tagihan
Untuk memanfaatkan periode bebas tagihan secara maksimal tadi, pastikan Sobat sudah mengetahui siklus tagihan (billing cycle). Contohnya, bila kartu kredit Sobat menawarkan periode bebas utang selama 30 hari, hal ini tidak dimulai pada hari di mana Sobat melakukan pembelanjaan, tapi dari hari pertama siklus tagihan bulanan.

Jadi misalnya, bila periode tagihan dimulai pada tanggal 10 setiap bulannya, segala pembelanjaan yang Sobat lakukan pada tanggal 9 membuat Sobat memiliki celah satu hari bebas bunga. Sedangkan segala pembelanjaan pada tanggal 11 memberi Sobat periode bebas bunga selama 29 hari. Mengetahui siklus tagihan ini dapat membantu Sobat merencanakan pembelian dan mengatur pembayaran kartu Sobat.

8. Pertimbangkan Fasilitas Pembayaran Autodebet
Memilih fasilitas pembayaran autodebet sangat dianjurkan untuk menghindari keterlambatan pembayaran. Dengan cara ini, jumlah tagihan akan memotong saldo tabungan Sobat secara otomatis tiap bulannya dan Sobat tidak perlu khawatir akan melewati jatuh tempo pembayaran. Hal ini perlu dipertimbangkan karena kartu kredit memiliki suku bunga dan akan memberi denda bila Sobat terlambat membayar.

9. Kurangi Jumlah Kartu Kredit
Jika Sobat memiliki lebih dari 4-5 kartu kredit, upayakan hanya gunakan 1 kartu. Jika mendapatkan penawaran pembuatan kartu baru dari penerbit lain, sebaiknya jangan diambil ya Sob! Karena memiliki beberapa kartu kredit akan meningkatkan risiko dan jatuh pada jebakan utang atau lubang yang sama. Padahal saat ini Sobat sedang berupaya untuk melunasi utang kartu kredit yang menggunung.

10. Selalu Periksa Tagihan
Setiap kali keluar tagihan bulanan, pastikan Sobat untuk mengeceknya ya. Apakah tagihan tersebut sesuai dengan pemakaian Sobat atau tidak?. Hal ini untuk minimalisir hal-hal yang tak diinginkan seperti tagihan ‘tuyul’ yang padahal Sobat tidak bertransaksi pada tanggal tersebut dan nominal tersebut.

Perlu diingat, kartu kredit adalah alat finansial yang amat baik bila digunakan secara bijak dan cerdas. Jika sudah terlambat, Sobat bisa ikuti tips di atas sehingga Sobat bisa melunasi utang kartu kredit yang menggunung.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]