Memahami Pasar Persaingan Sempurna dalam Dunia Bisnis

0
3642
Pasar Persaingan Sempurna

Dalam pembahasan tentang bisnis dan ekonomi, pasar persaingan sempurna sering disebut sebagai salah satu solusi bagus untuk menyokong ekonomi masyarakat serta menciptakan iklim transaksi sehat. Transaksi di dalamnya bebas dari pengaruh naik-turunnya harga, dan ada kesepakatan penuh antara penjual serta pembeli soal harga, sehingga ada sifat “itikad baik” dalam setiap transaksi.

Kedengaran seperti pasar ideal? Kenali karakteristik sesungguhnya pasar persaingan sempurna lebih dalam dalam panduan berikut ini.

Ciri Utama Pasar Persaingan Sempurna

Secara umum, ada beberapa ciri utama yang menggambarkan pasar dengan karakteristik persaingan sempurna, yaitu:

  • Ada Banyak Penjual dan Pembeli

Jumlah penjual dan pembeli yang melimpah mengurangi kemungkinan adanya kompetisi timpang. Hal ini karena pembeli dan penjual sama-sama memiliki banyak pilihan serta kesempatan saat berbelanja dan berdagang. Selain itu, risiko permainan harga juga berkurang karena pembeli memiliki banyak alternatif dan sumber referensi harga.

  • Produknya Homogen

Pasar persaingan sempurna cenderung menjual barang yang bersifat homogen. Ini bukan berarti menjual produk yang identik, tetapi bisa jadi masih berada dalam satu golongan. Contohnya adalah pasar khusus bahan pangan pokok (beras, tepung, gula, minyak) atau pasar sandang (pakaian, aksesori, sepatu). Jadi, pembeli akan mendapat jenis barang yang sama, di mana pun mereka belanja di pasar tersebut.

  • Penjual dan Pembeli Memahami Pasar

Pasar ini tidak mengenal konsep “penjual lebih tahu dari pembeli” atau sejenisnya. Penjual dan pembeli sama-sama memahami situasi serta kisaran harga produk di pasar tersebut. Hal ini membuat kesepakatan lebih adil tanpa risiko pengurangan atau korupsi harga. Dalam kondisi ini, sulit bagi penjual untuk menaikkan atau menurunkan harga seenaknya sehingga merugikan penjual lain.

  • Penjual Bebas Membuka dan Menutup Bisnisnya

Penjual atau perusahaan dalam pasar persaingan sempurna punya kebebasan untuk masuk dan keluar. Mereka bisa melakukannya kapan saja dengan berbagai pertimbangan, misalnya karena merasa tidak mendapat keuntungan atau sebaliknya. Hal ini berbeda dengan pasar lain di mana penjual mungkin mengalami kesulitan keluar karena ada keterikatan, misalnya surat perjanjian atau kontrak.

  • Mobilitas Sumber Daya Mudah

Produk yang homogen serta kesepakatan imbang terkait harga membuat mobilitas sumber daya lebih mulus. Pemindahan faktor produksi, bahan mentah, dan stok lebih mudah karena tidak ada perbedaan besar antara produk-produk yang sampai ke tangan pembeli.

Melihat karakteristiknya, pasar ini merupakan deskripsi dari “tempat transaksi” yang sesungguhnya, di mana fungsi utamanya hanyalah sebagai tempat pertukaran uang dan barang, dengan tingkat persaingan relatif rendah. Contoh pasar semacam ini misalnya pasar sayuran, buah, bahan pokok, dan bahkan pasar modal.

Keunggulan Pasar Persaingan Sempurna

Karakteristik pasar persaingan sempurna menciptakan beberapa keunggulan, yaitu sebagai berikut:

  • Cenderung Memihak Konsumen

Dalam sistem pasar ini, orientasi utama adalah pada konsumen. Hal ini karena tidak adanya persaingan, manipulasi, peningkatan harga sepihak, dan sebagainya. Konsumen bisa dengan mudah berpindah dari satu penjual ke penjual lain saat berbelanja.

Baca juga: Sudah Tahu Apa Saja Hak dan Kewajiban dari Konsumen?

  • Tidak Memerlukan Biaya Pemasaran/Iklan

Pasar semacam ini relatif tidak butuh iklan atau biaya pemasaran khusus. Karena penjual yang masuk dan keluar menjual barang serupa, pembeli sudah tahu apa yang akan mereka dapatkan jika berbelanja di sini. Hal ini membuat proses memulai bisnis lebih efektif.

  • Nyaris Tidak Ada Unsur Eksploitasi

Tingkat persaingan harga yang rendah membuat pasar ini bebas eksploitasi. Pembeli bisa berbelanja di penjual mana saja dan mengharapkan level mutu tertentu.

Adakah Kelemahan Pasar Persaingan Sempurna?

Walau terdengar sempurna, pasar seperti ini ternyata punya kelemahan, sesuatu yang wajib kamu ingat sebelum berbisnis di sini. Contoh paling jelas adalah laba yang terbatas serta kurangnya motivasi dan inovasi sebagai efek lanjutan. Karena tingkat keuntungan cenderung stagnan dan produknya itu-itu saja, penjual bisa merasa jenuh dan malas berinovasi.

Kelemahan lainnya adalah faktor kejenuhan pembeli. Karena produk yang ditawarkan serupa, pembeli relatif tidak punya banyak pilihan jika membutuhkan barang dengan karakteristik tertentu. Kamu juga harus memperhitungkan laba yang relatif kecil dalam sistem pasar semacam ini.

Kesimpulan

Pasar persaingan sempurna menuntut penjual dan pembeli untuk memiliki kesepakatan terkait kisaran harga. Walau memiliki berbagai kelebihan, misalnya melindungi konsumen dari manipulasi harga, pebisnis cenderung mendapat laba lebih kecil. Pastikan kamu paham apa yang harus diperhitungkan sebelum memasuki pasar ini untuk bisnis.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]