Tips Hadapi Tanggal Tua Agar Tidak Stres

0
158

Tanggal tua bagi sebagian orang seakan menjadi sebuah petaka yang berujung pada stres. Terlebih bagi Sobat yang kurang tepat dalam mengelola keuangan. Dalam hal ini, jangankan untuk menabung, kadang untuk biaya hidup saja pun harus pinjam.

Well, agar Sobat tidak stres ketika menghadapi tanggal tua. Ikuti beberapa tips yang berhasil Akseleran rangkum berikut ini.

1. Utamakan Membayar Utang atau Tagihan
Langkah paling utama yang perlu Sobat lakukan adalah membayar utang atau tagihan. Dengan membayar utang atau tagihan akan membuat Sobat menjadi lebih tenang karena tidak merasa dikejar-kejar utang, sehingga Sobat tidak perlu mencari pinjaman untuk membayar tagihan tersebut.

2. Catat Daftar Kebutuhan Sehari-hari
Mencatat kebutuhan sehari-hari tentu perlu dilakukan Sob! Hal ini agar kebutuhan lebih teratur bahkan mampu mengiring pada gaya hidup yang lebih hemat, artinya tidak stres di akhir bulan. Dalam membuat catatan kebutuhan sehari-hari, pastikan barang yang dibutuhkan bukan barang yang diinginkan. Jika belum terbiasa, Sobat bisa mulai dari hal-hal yang dibutuhkan dalam sehari-harimu lalu hitung berapa besar pengeluarannya.

Baca Juga:
Gajian, Enaknya Dialokasikan Kemana Saja?
Besok Gajian? Waktunya Dapat Cuan Hingga 21%

3. Sisihkan Uang Setiap Hari
Sobat percaya dengan ungkapan “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit”? Nah, dalam hal ini Sobat bisa mencobanya. Sisihkan uang setiap hari, besarannya bebas bahkan mulai dengan uang koin pun tidak masalah. Mulai Rp1.000 atau Rp10.000 bahkan Rp20.000 atau lebih.

Misalkan kembalian beli jajan atau kalau Sobat ingin membeli kopi kekinian lalu tidak jadi. Nah, uang tersebut bisa Sobat simpan di celengan atau mungkin kaleng. Jika tidak jajan atau beli kopi kekinian setiap hari, tetap upayakan menyisihkan uang secara rutin setiap hari ya. Karena saat menjelang akhir bulan, berapapun jumlah uang yang terkumpul tentu akan membantu Sobat bertahan sambil menunggu gajian. Lumayan kan, jika punya simpanan yang bisa diandalkan saat tanggal tua?

Jika keuangan hingga akhir bulan masih aman, biarkan saja uang tersebut menjadi tabungan dan jangan diutak-atik. Siapa tahu bisa menjadi penyelamat Sobat di bulan berikutnya.

4. Irit, Bukan Pelit
Jika sudah mengurangi jajan atau mengurangi beli kopi kekinian, artinya Sobat sudah mulai belajar irit. Tetapi, irit bukan berarti pelit ya. Strategi irit ini juga berkaitan dengan pengelolaan keuangan. Misalnya, kurang-kurangi belanja online barang yang tidak diperlukan. Jika bekerja di kantor upayakan membawa bekal tetapi jika bekerja di rumah usahakan memasak.

Bukan berarti tak jajan sama sekali, tetapi mengurangi pengeluaran yang bisa dikurangi. Jika sudah terbiasa, nantinya Sobat akan bisa hemat dan memiliki tabungan sebagai dana darurat.

5. Jangan Mengandalkan Gaji
Mengandalkan sumber keuangan hanya dari gaji mungkin akan membuat Sobat merasa tidak cukup. Tetapi jika Sobat memiliki keahlian lain yang bisa dilakukan di luar jam kerja atau tanpa mengganggu pekerjaan, cobalah menjajaki pekerjaan atau bisnis sampingan. Hal ini selain meningkatkan keahlian di luar pekerjaan tetapi juga bisa menambah pundi-pundi rekeningmu Sob!

Jika Sobat merasa belum mengetahui keahlian lain, Sobat bisa mulai mengembangkan dana di P2P Lending Akseleran. Karena mengembangkan dana di Akseleran bisa dimulai dari Rp100 ribu dan imbal hasil mencapai 21% per tahun.

Sobat, itulah tips menghadapi tanggal tua agar tidak stres. Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan secara disiplin ya! Bersama Akseleran Maju Lebih Cepat!

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]