Memulai Bisnis Ternak Ayam Aseel: Ciri, Jenis dan Modalnya

1
457
ternak ayam Aseel

Beternak ayam merupakan salah satu pilihan bisnis yang bisa dijalankan terutama bagi mereka yang baru memulai bisnis. Selain jenis ayam petelur dan ayam potong, Anda bisa memilih ayam aseel untuk diternakkan. Karena belum banyak peternak di Indonesia yang tertarik, ini ternak ayam Aseel berpeluang menghasilkan keuntungan yang tinggi. Bila Anda tertarik memulai bisnis ini, berikut penjelasan lengkapnya. 

Asal Usul Ayam Aseel 

Bagi sebagian masyarakat, mungkin masih belum familier dengan jenis ayam Aseel. Namun, bagi mereka yang sering mengikuti perkembangan kontes adu ayam, jenis yang satu ini tak asing lagi. Aseel adalah salah satu jenis ayam aduan paling kuat yang pernah ada. Bahkan ayam ini telah menyandang gelar sebagai ayam aduan paling tua di dunia. 

Karena kekuatannya, ayam ini dapat diadu selama dua jam tanpa diberikan jeda untuk istirahat. Stamina yang kuat dari ayam Aseel ternyata didukung oleh postur tubuhnya yang kuat dan besar serta struktur tulang yang tebal. 

Dalam perkembangannya, ayam Aseel tidak hanya diperuntukkan sebagai ayam aduan saja. Banyak penghobi ayam yang menjadikannya sebagai peliharaan di rumah. Namun saat ini, banyak yang masih mengimpor ayam Aseel dari luar negeri. Karena itu, ternak ayam Aseel bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan di Indonesia. 

Ciri Ayam Aseel

Karena merupakan ayam laga, jangan heran bila ayam Aseel sangat agresif ketika diperhadapkan dengan ayam lainnya. Ciri yang paling menonjol dari jenis ayam ini adalah postur tubuh ayam yang besar dan kokoh. Setiap ekor ayam Aseel jantan dewasa bisa memiliki bobot antara 3 hingga 7Kg. Sementara sang betina, memiliki bobot mulai dari 2 hingga 5Kg. 

Dari segi tampilan, ayam Aseel memiliki warna yang beragam. Ada ayam yang berwarna merah atau hitam keseluruhan, atau ada kombinasi dengan warna putih, warna emas, warna hijau kebiruan serta abu-abu. 

Ayam Aseel adalah ayam yang cukup langka lantaran ayam betinanya menghasilkan jumlah telur yang sangat minim yakni sekitar 6 butir telur setiap tahunnya. Namun, pada beberapa jenis variasi ayam aseel tertentu dapat memproduksi hingga 40 butir telur per tahun. 

Jenis Ayam Aseel

Bagi yang ingin menjalani usaha ternak ayam Aseel, berikut beberapa jenisnya yang bisa Anda pilih. 

Aseel Original

Sesuai namanya, ayam Aseel original merupakan ayam yang genetiknya belum diotak-atik atau masih asli.  Karena itu, tak heran ayam jenis ini memiliki harga yang paling mahal di pasaran.

Aseel Madras

Jenis selanjutnya adalah ayam Aseel Madras yang berasal dari India Selatan yakni. Salah satu ciri menonjol dari varian ini adalah memiliki ekor yang sangat panjang bahkan bisa mencapai 60 cm dengan maksimal tinggi 80 cm. Umumnya, jenis ini memiliki warna bulu biru, merah, hitam dan hijau.

Baca juga: Melihat Peluang Usaha Ternak Sebagai Pilihan Usaha!

Aseel Parrot

Keistimewaan dari ayam Aseel Parrot adalah memiliki ekor mekar dan panjang serta bentuk paruh layaknya burung beo. Di Asia Tenggara, Aseel Parrot telah menjadi hewan hias favorit. Warna bulu yang dimiliki cukup beragam yakni putih, gondang dan merah. Ayam jantan dewasanya memiliki bobot lebih dari 3Kg. 

Aseel Lassani 

Aseel Lassani merupakan varian ayam yang dikembangkan di Pakistan. Keunggulan ayam ini adalah memiliki akurasi pukulan yang keras dan akurat. Dari segi tampilan, Aseel Lassani didominasi oleh warna hitam. Namun, terdapat warna merah pada bagian leher serta pangkal ekornya. 

Aseel Mianwali 

Salah satu kelebihan ayam Aseel jenis Mainwali adalah memiliki mental yang pantang menyerah. Jadi ayam ini dipastikan tak akan kabur ketika berlaga. Dari segi fisik, ayam ini memiliki badan yang bulat serta paruh tebal dan berbentuk kurva.  Pada bagian bawah kepala, Anda bisa menemui sedikit gelambir. 

Modal Bisnis Ayam Aseel

Untuk memulai bisnis ternak ayam Aseel, pastikan Anda sudah memiliki modal yang cukup. Apalagi harga satu ekor ayam ini cukup tinggi di pasaran. Untuk ayam Aseel Madras misalnya, dibanderol dengan harga mulai Rp5 juta per ekornya. Sementara untuk Aseel yang sudah pernah memenangkan pertandingan, harganya bisa mencapai Rp15 juta. Secara perhitungan, Anda harus menyiapkan minimal Rp100 juta baik untuk membeli 3 hingga 4 ekor ayam, pembuatan kandang dan penyediaan pakan. 

Demikianlah seluk beluk bisnis ternak ayam Aseel. Pastikan Anda memilih ayam yang sesuai dengan modal yang dimiliki serta tujuan investasi di masa depan. Selamat mencoba!

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.