Melihat Peluang Usaha Ternak Sebagai Pilihan Usaha di 2021!

1
2156
Peluang Usaha Ternak

Di Indonesia terdapat berbagai jenis peluang usaha ternak serta budidaya yang relatif mudah dijalankan. Usaha ternak ini juga menjanjikan keuntungan yang cukup tinggi, terutama di tahun 2021, di mana pandemi COVID-19 menyebabkan resesi. Mengapa memilih usaha ternak? Temukan jawabannya di bawah ini. 

Mengapa Memilih Usaha Ternak?

Beberapa alasan peluang usaha ternak kian prospektif di masa depan di antaranya:

  • Kebutuhan pangan yang diperoleh dari hasil ternak semakin meningkat 
  • Kemajuan teknologi mempermudah siapa saja yang hendak menjalankan usaha ternak
  • Belum banyak generasi milenial yang berminat untuk memulai usaha ternak sehingga peluangnya pun semakin besar

Walaupun bisnis online kian marak, usaha ternak kambing, sapi, dan hewan lainnya tidak akan pernah pudar dan akan selalu mengalami perkembangan. Bahkan, dengan kemajuan teknologi, kita dapat mewujudkan usaha ternak berbasis online. Berikut ini beberapa contoh bisnis ternak:

  • Ternak Sapi

Sapi merupakan salah satu bahan pangan utama di dunia. Permintaan akan daging sapi pun relatif tinggi di Indonesia. Bahkan, demi memenuhi kebutuhan nasional, pemerintah Indonesia pun harus mengimpor daging sapi dari beberapa negara lain seperti Australia dan India. Hal ini pula yang menyebabkan tingginya harga daging sapi di pasaran. Sangat disayangkan, mengingat alam negeri ini cukup mendukung menjadi tempat beternak sapi.

Menjelang hari raya Iduladha, akan banyak umat muslim yang membeli seekor sapi atau kambing untuk dikurbankan. Pada hari raya Idulfitri pun banyak orang membeli daging sapi atau kambing untuk dihidangkan kepada para tetangga dan keluarga. Untuk itu, keuntungan yang diperoleh para peternak sapi mengalami kenaikan pesat karena harga daging sapi biasanya melambung tinggi (per kilogram dapat mencapai Rp130.000!). Harga seekor sapi kurban berkualitas tinggi pun kini dapat menyentuh angka Rp30 jutaan! 

  • Ternak Kambing Etawa

Usaha ternak sapi atau kambing sudah biasa di Indonesia tetapi kini ada yang baru: ternak kambing susu etawa. Iklim negara ini sangat cocok untuk mengembangkan peluang usaha ternak kambing etawa. Seekor kambing betina dewasa dapat menghasilkan satu hingga dua liter susu per harinya. Sementara, harga seliter susu murni etawa yang berkhasiat untuk meningkatkan imun serta kesehatan pernapasan pun dapat mencapai Rp75.000. 

Selain itu, seekor kambing etawa jantan yang dapat diambil dagingnya juga memiliki harga pasaran sekitar Rp4.000.000 – Rp6.000.000. 

Baca juga: 7 Peluang Usaha yang Paling Menjanjikan di 2020

  • Ternak Lebah Madu

Bila Anda tertarik untuk mencoba beternak lebah madu, jenis lebah yang unggul adalah apis mellifera (western honey bee). Madu yang dihasilkan oleh lebah unggul ini biasanya dapat dipanen 7-14 hari setelah musim bunga selesai yang juga dapat ditandai dengan munculnya lapisan lilin yang tipis pada bagian pinggiran/sisiran sarang lebah. Sisiran pun dikupas dan kemudian diekstrak menggunakan sebuah mesin pengekstrak madu. 

Anda perlu mengeluarkan modal sekitar Rp3.500.000 – Rp4.000.000 untuk membeli sebuah mesin pemeras madu. Keuntungan total yang dapat diperoleh dari beternak lebah madu ini mencapai Rp8 jutaan per bulan. 

  • Ternak Jangkrik

Peluang usaha ternak lainnya yang berpotensi menguntungkan di tahun ini ialah ternak jangkrik. Meski terdengar aneh, jangkrik dapat menghasilkan profit hingga ratusan ribu Rupiah per bulannya. Pasalnya, jangkrik diminati banyak pemilik atau peternak ikan, burung, belut, dan hewan lainnya sebagai pakan hewan-hewan yang diternak/dipelihara. Sangat bisa disimpulkan bahwa usaha ternak jangkrik dapat menguntungkan.

Kesimpulan

Berbicara tentang peluang usaha ternak tidak hanya membahas modal maupun keuntungan saja tetapi juga lokasi dan perawatan hewan ternak yang baik. Usaha ini melibatkan jiwa makhluk hidup yang juga harus diperhatikan, bukan untuk sekadar dieksploitasi. Untuk itu, sangat disarankan bagi Anda untuk beternak hewan di daerah pinggiran kota atau pedesaan yang masih asri. 

Jika tak memungkinkan berlokasi di daerah pedesaan, setidaknya wujudkan suasana peternakan seperti pada habitat asli hewan-hewan ternak (penuh kebun/tumbuhan) sehingga lokasi usaha Anda juga ramah lingkungan. Dijamin, keuntungan pun dapat diraih secara berkelanjutan dan bahkan bersaing dengan jenis usaha lainnya. Peluang usaha ternak juga merupakan salah satu cara untuk berinvestasi bagi masa depan. Jadi, yuk, mulai usaha ternak tahun ini!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.