Termin Adalah: Pengertian, Fungsi dan Manfaat

0
5773
Termin Adalah

Dalam dunia jual beli atau jasa, istilah termin sering sekali digunakan oleh pelaku usaha. Termin dikaitkan dengan sebuah cicilan dan down payment atau DP. Kedua hal ini bisa saja sama atau berbeda. Semua bergantung pada lokasi pemakaian dan jenis kerja sama atau kesepakatan yang dilakukan antara dua belah pihak baik perorangan atau perusahaan.

Termin penting bagi sebuah perusahaan agar urusan keuangannya terus berjalan. Itulah kenapa, dokumen ini harus jadi sejak kerja sama dilakukan. Selanjutnya secara berkala akan ada cicilan lanjutan sampai selesai. Untuk memahami apa itu termin dan bagaimana fungsinya, simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Termin

Termin adalah pembayaran yang dilakukan sesuai dengan akad dan kesepakatan bersama. Pembayaran termin dilakukan kalau barang sudah diterima atau jasa sudah didapatkan. Kalau pembayaran dilakukan sebelum barang diterima, Anda bisa menyebutnya dengan DP atau down payment.

Selain pembayaran pada barang atau jasa yang sudah diterima, termin dipakai untuk pembayaran bertahap. Usaha jasa yang butuh waktu lama biasanya menerapkan. Dari sinilah akhirnya muncul yang namanya termin kedua, ketiga, dan seterusnya.

Termin adalah pembayaran yang memiliki jangka pelumas yang berbeda-beda dan tergantung kesepakatan. Normalnya, termin harus dibayar 10 hari sejak barang atau jasa didapatkan. Kalau pembayaran dilakukan tepat waktu, akan ada diskon atau potongan harga. Selanjutnya pembayaran maksimal untuk termin sekitar 30 hari sejak barang atau jasa didapatkan.

Termin adalah pembayaran yang mirip sekali dengan cicilan standar yang dilakukan di luar sana. Namun, cicilan ini tidak sesuai dengan bulan. Kadang pembayaran disesuaikan dengan kesepakatan bersama. Dalam pembayaran, termin sering memakai kode n/10. Artinya cicilan ke-n dan harus dilakukan sebanyak 10 kali.

Fungsi Termin

Termin diterapkan pada sebuah transaksi produk atau jasa karena memiliki beberapa fungsi. Berikut fungsi termin selengkapnya.

  • Sebagai Bukti Pembayaran yang Sah

Termin berfungsi sebagai bukti pembayaran yang sah. Jadi, setelah menerima barang atau mendapat jasa, bukti pembayaran termin bisa didapatkan. Nantinya, kalau terjadi kesalahan, dokumen ini bisa digunakan sebagai bukti.

  • Dokumen Sah Atas Kerja Sama

Termin muncul setelah ada kerja sama atau kesepakatan antara penjual dan pembeli. Kesepakatan itu bisa dalam bentuk dokumen tertulis atau cukup menggunakan termin saja. Informasi penting terkait dengan kerja sama ada semua di sini mulai dari jumlah termin sampai persentase jumlah pembayaran.

Baca juga: Contoh Surat Perjanjian Kerjasama yang Baik dan Benar

  • Bukti Adanya Perkembangan

Pembayaran secara termin tidak hanya mirip dengan cicilan yang dipatok rata per cicilannya. Umumnya, termin disesuaikan dengan perkembangan dari sebuah proyek yang sedang dikerjakan. Misal saat selesai 25%, termin kedua diberikan begitu seterusnya sampai selesai.

  • Surat untuk Memberi Pembayaran Tempo

Setiap terminal yang diterbitkan akan memiliki jangka waktu atau tempo yang berbeda-beda. Pembayaran tempo biasanya dibatasi 30 hari sejak surat atau dokumen termin diterima pembeli atau pengguna jasa.

Manfaat Termin

Selain memiliki fungsi seperti yang sudah ditulis di atas, pembayaran termin juga memiliki beberapa manfaat pada penjual, penyedia jasa, dan pembeli. Manfaat itu terdiri dari:

  • Kecilnya Beban Biaya yang Ditanggung. Biaya yang ditanggung umumnya dibagi menjadi beberapa bagian. Jadi, bisa lebih ringan karena tidak harus semua dalam waktu yang singkat.
  • Proyek Bisa Berjalan Tepat Waktu. Penyedia jasa tidak bisa santai karena yang dibayarkan adalah berapa persen selesai. Kalau sampai molor, mereka sendiri yang rugi.
  • Ada Jeda Waktu untuk Menyiapkan Uang. Adanya pembayaran tempo akan memudahkan pembeli mencari atau menyiapkan uang agar tidak telat.

Setelah melihat ulasan di atas, terlihat dengan jelas kalau termin memiliki banyak fungsi. Salah satunya adalah melihat perkembangan atau progress atau perkembangan dari jasa. Termin sangat cocok dipakai untuk usaha yang membutuhkan waktu lama. Misal jasa konstruksi atau pembangunan sebuah rumah atau bangunan tertentu.

Pemberlakuan termin akan memudahkan Anda dalam mengontrol setiap proyek yang sedang dikerjakan. Jadi, perusahaan jasa yang mengerjakan tidak bisa bekerja lambat. Karena proses pembayaran berdasarkan berapa persen suatu proyek selesai. Semakin cepat proyek dikerjakan, semakin cepat pula pembayaran dilakukan. 

Antara penyedia jasa dan pengguna akan sama-sama diuntungkan. Jadi, termin adalah strategi win-win solution.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]