Tempo Adalah: Definisi, Jenis, Ciri-Ciri dan Karakteristiknya

0
4002
Tempo Adalah

Tempo adalah komponen penting dalam menentukan mood dan atmosfer sebuah lagu. Seperti contoh, lagu-lagu yang upbeat akan cenderung membuatmu bersemangat dan bergairah, sedangkan lagu-lagu dengan beat yang lebih lambat cenderung akan membuat perasaan lebih kalem.

Namun, apa sebetulnya yang disebut dengan tempo? Ada berapa jenis tempo yang digunakan dalam musik? Apa saja ciri-ciri dan karakter tempo? Untuk menjawab berbagai pertanyaan ini, simak ulasan berikut.

Definisi Tempo

Tempo adalah ukuran kecepatan sebuah birama lagu—dapat pula didefinisikan sebagai penanda untuk menunjukkan seberapa cepat atau lambatnya suatu lagu harus dimainkan. Makin besar tempo sebuah lagu, maka makin cepat pula suatu lagu dimainkan.

Tempo biasanya ditulis dalam notasi balok dan angka dalam bentuk hitungan beat per minute alias BPM dan diletakkan di sisi kiri atas notasi. Seperti namanya, BPM adalah jumlah beat dalam satu menit. 

Menghitung tempo dapat dilakukan secara mudah dengan menggunakan jarum detik jam, terutama jika tempo “cantik” seperti 60 BPM, 120 BPM, dan sebagainya. Namun, ada banyak tempo yang sulit dihitung hanya dengan mengandalkan jam karena “tidak bulat”, seperti 107 BPM, 115 BPM, dan sebagainya. Untuk kasus seperti ini, solusi yang digunakan untuk mengukur tempo adalah memanfaatkan aplikasi metronom, digital audio workstation (DAW), dan sebagainya.

Jenis-Jenis Tempo

Secara umum ada tempo dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kelompok, yakni tempo lambat, tempo sedang, dan tempo cepat. Masing-masing kelompok tempo ini pun masih terbagi lagi menjadi beberapa. Selengkapnya tentang jenis-jenis tempo adalah sebagai berikut.

Tempo Lambat

Ada enam jenis tempo yang tergolong dalam tempo lambat, yakni:

  • Grave : tempo sangat lambat dengan range 20 hingga 40 BPM
  • Lento : tempo perlahan dengan range 40 sampai 45 BPM
  • Largo : tempo lambat dengan range 45 sampai 50 BPM
  • Adagio : tempo tenang dengan range 55 sampai 65 BPM
  • Adagietto : tempo agak lambat dengan range 65 sampai 69 BPM
  • Andante : tempo seperti orang berjalan dengan range 73 sampai 77 BPM

Tempo Sedang

Tempo sedang terbagi ke dalam dua jenis, yakni:

  • Moderato : tempo sedang dengan range 86 sampai 97 BPM
  • Allegro moderato : tempo cukup cepat dengan range 98 sampai 109 BPM

Tempo Cepat

Tempo cepat memiliki beberapa kategori, yakni:

  • Allegro : tempo cepat dan memberi kesan cerah dengan range 109 sampai 132 BPM
  • Vivace : tempo cepat dan memberi kesan hidup, gembira, lincah dengan range 132 sampai 140 BPM
  • Presto : tempo sangat cepat dengan range 168 sampai 177 BPM
  • Prestissimo : tempo lebih cepat dari presto dengan range 178 BPM ke atas

Baca juga: Perjalanan Platform Peer to Peer (P2P), dari Musik hingga Pendanaan (I)

Ciri dan Karakter Tempo

Ada beberapa hal yang menjadi ciri dan karakter tempo, yakni:

Menjadi bagian tertulis dalam komposisi

Umumnya seorang komposer atau penulis lagu menuliskan terlebih dahulu tempo dari lagu yang akan dibuat atau dimainkan. Biasanya pula, tempo dituliskan di sisi atas lembar atau teks komposisi sebagai penanda jenis tempo apa yang sebaiknya dimainkan.

Menggunakan metronome sebagai untuk pengukuran

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu cara praktis untuk mengukur sebuah tempo adalah menggunakan metronome. Para musisi kerap berlatih menggunakan metronome untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam beradaptasi dengan tempo yang teratur karena latihan ini akan membantu menginternalisasi rasa, waktu, dan tempo yang jelas.

Unsur Musik Lainnya

Selain tempo, sebuah musik juga terdiri dari beberapa unsur lainnya. Unsur-unsur dalam sebuah musik terdiri dari dua hal, yakni unsur pokok dan unsur ekspresi.

  • Unsur-unsur pokok musik : irama, melodi, harmoni, dan struktur lagu
  • Unsur-unsur ekspresi : tempo, dinamik, dan warna nada

Tentunya, setiap unsur ini harus terpenuhi sehingga sebuah lagu yang diciptakan dapat dinikmati dengan maksimal dan terpenuhi tujuan dan gagasan oleh musisi tersebut. 

Tempo adalah bagian tak terpisahkan dari sebuah musik dan sangat berperan penting dalam menentukan mood sebuah lagu. Masing-masing genre pun memiliki ciri dengan jenis tempo tertentu. Kendati begitu, keseluruhan kesan yang diberikan sebuah lagu tidak cuma berasal dari tempo yang digunakan, tetapi juga melalui unsur-unsur pokok dan ekspresi musik lainnya.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].