7 Tabungan Haji dan Simulasi Perhitungannya

0
2439
Tabungan Haji

Melaksanakan ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam dan merupakan impian setiap umat Islam di dunia. Hanya saja, biaya untuk melaksanakan ibadah ini tidaklah kecil, bahkan bisa terbilang mahal bagi sebagian orang. Biayanya berbeda-beda tergantung domisili keberangkatan, tetapi rata-rata di atas Rp30 juta. Oleh karena itu, kebanyakan orang akan menabung dari jauh hari agar bisa melaksanakan ibadah ini.

Di Indonesia terdapat beberapa jenis tabungan haji yang bisa diikuti dengan setoran awal yang cukup terjangkau. Berikut ini beberapa di antaranya.

Tabungan haji BRI

Untuk bank BRI, setoran awalnya adalah Rp50 ribu saja dan setoran selanjutnya minimal Rp25 ribu rupiah saja. Selain itu, tabungan ini tidak akan dikenakan biaya administrasi. Terdapat beberapa keuntungan mengikuti bank ini, antara lain adalah gratis asuransi kecelakaan dan asuransi jiwa dengan manfaat perlindungan hingga 120 persen dengan saldo maksimal Rp50 juta.

BCA Syariah

Untuk BCA Syariah, setoran awalnya sebesar Rp100 ribu dengan setoran selanjutnya sebesar minimal Rp50 ribu. Keuntungan menggunakan BCA Syariah antara lain adalah tersedianya dua jenis setoran, yaitu fleksibel dan terjadwal. Selain itu juga adanya kerja sama dengan Biro Perjalanan Umrah yang terpercaya.

Danamon Syariah

Setoran minimal untuk Danamon Syariah adalah sebesar Rp25 juta. Selain itu, terdapat beberapa kemudahan yang ditawarkan seperti bisa melakukan pendaftaran di seluruh cabang bank Danamon dan gratis biaya Tarik tunai ATM di jaringan Mastercard elektronik di Arab Saudi.

Mega Syariah

Untuk menggunakan fasilitas dari bank ini, nasabah tidak akan dikenakan biaya administrasi. Setoran awalnya adalah Rp200 ribu dengan setoran minimum selanjutnya sebesar Rp100 ribu. Setoran porsi hajinya adalah sebesar Rp25.100.000. 

Ada beberapa keuntungan menggunakan bank ini untuk menabung sebagai persiapan haji. Salah satunya adalah tersedia fitur autodebet untuk setoran bulanan.

Panin Syariah

Setoran awal untuk bank ini adalah Rp500 ribu, sedangkan setoran selanjutnya minimal Rp50 ribu. Tidak ada biaya administrasi bulanan yang dikenakan untuk tabungan ini dan nasabah akan mendapatkan gratis perlindungan asuransi. Selain itu juga terdapat fasilitas talangan haji agar nasabah mendapatkan porsi haji.

CIMB Niaga Syariah

Menabung dengan menggunakan bank ini sangat fleksibel karena nasabah bebas menentukan jangka waktu tabungan dan jumlah setoran rutinnya. Selain itu, ada setoran rutin bulanan dan pencairan dana otomatis. Tidak ada biaya administrasi apa pun selain administrasi gagal debet sebesar Rp2.500 per tunggakan.

Muamalat

Bank Muamalat menawarkan setoran dan biaya yang fleksibel. Pasalnya tidak ada minimal setoran awal maupun setoran bulanan. Selain itu juga tidak ada biaya layanan dan hanya ada biaya penggantian buku tabungan jika rusak atau hilang yaitu sebesar Rp10 ribu saja.

Baca juga: 5 Bank Asing di Indonesia yang Paling Populer

Simulasi Perhitungan Tabungan Haji

Cara kerja tabungan haji sebenarnya tidak jauh berbeda dengan skema tabungan lainnya. Hanya tujuan akhir tabungan saja yang berbeda. Setelah membuka tabungan haji, nasabah harus menabung hingga batas yang sudah ditentukan Kementerian Agama sebesar Rp25 juta. Setelah batas saldo ini tercapai, nasabah akan didaftarkan ke Kementerian Agama sebagai calon jemaah haji dan mendapatkan nomor keberangkatan.

Biaya ibadah haji umumnya adalah di atas Rp30 juta, jadi nasabah selanjutnya hanya perlu melunasi biaya yang tersisa agar bisa berangkat sesuai jadwal. Berikut ini adalah simulasi setoran tetap setelah melakukan pembayaran awal sebesar Rp100 ribu untuk mendapatkan nomor porsi.

  • Tahun ke-1, cicilan per bulan adalah Rp2.075..000
  • Tahun ke-2, cicilan per bulan adalah Rp1.037.500
  • Tahun ke-3, cicilan per bulan adalah Rp692.000
  • Tahun ke-4, cicilan per bulan adalah Rp519.000
  • Tahun ke-5, cicilan per bulan adalah Rp415.000
  • Tahun ke-6, cicilan per bulan adalah Rp346.000
  • Tahun ke-7, cicilan per bulan adalah Rp297.000
  • Tahun ke-8, cicilan per bulan adalah Rp260.000
  • Tahun ke-9, cicilan per bulan adalah Rp231.000
  • Tahun ke-10, cicilan per bulan adalah Rp207.500

Nah, itulah beberapa daftar tabungan haji yang bisa Anda ikuti beserta simulasi setoran tabungannya. Dengan menabung sejak kini, Anda bisa melakukan perencanaan untuk keberangkatan haji dengan lebih baik. Jadi, yuk mulai menabung sekarang untuk masa depan yang lebih baik dan bebas stres karena masalah keuangan! 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]