Rekomendasi Buku Untuk Kamu Yang Mau Mulai Belajar Kelola Keuangan

0
660

Apakah kamu termasuk orang yang kurang pandai mengelola keuangan? Jika iya, ini adalah waktu yang tepat untuk mulai mempelajarinya. Salah satu caranya adalah dengan membaca buku. Melalui buku, kita bisa mempelajari cara seseorang mengelola keuangannya untuk mengedukasi diri sekaligus menghindari hal-hal yang berpotensi merugikan ke depannya.

Jangan bingung, berikut rekomendasi buku keuangan yang wajib kamu baca!

1. Broke Millenial: Erin Lowry

Buat kamu yang butuh bacaan ringan tentang pengelolaan keuangan, tapi hanya ingin buku yang spesifik terhadap masalah-masalah keuangan tertentu, ini pas banget untuk kamu. Buku ini ditargetkan bagi generasi milenial yang ingin belajar tentang keuangan. Penulis Erin Lowry membuat segalanya menjadi mudah bagi orang-orang yang kewalahan dan bingung tentang hutang dan penganggaran dengan panduan cerdas dan memotivasi ini.

Buku ini terbagi ke dalam beberapa bab berdasarkan permasalahan keuangan yang sering dijumpai dan dilanjutkan dengan studi kasus, solusi atas permasalahan keuangan, sampai dengan alternatif lain yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan keuangan yang diinginkan. Meskipun judulnya Millenial, buku ini juga layak untuk dibaca bagi segala usia karena bisa membuka perspektif baru buat kamu terhadap isu keuangan pribadi.

2. Rich Dad Poor Dad: Robert Kiyosaki

Penulis Robert Kiyosaki menceritakan kisah tentang keuangan dari ayahnya yang biasa saja, dan juga ayah dari temannya yang sangat kaya.

Dengan membaca “Rich Dad Poor Dad”, kamu akan mempelajari bahwa pendidikan finansial sangat penting untuk ditanamkan sejak dini. Pendidikan finansial yang dimaksud mencakup investasi di aset dan properti, membuat bisnis, dan cara mengembangkan itu semua agar mencapai kebebasan finansial.

Kamu akan mempelajari bagaimana cara untuk berhenti bekerja untuk mendapatkan uang, tetapi mulai “mempekerjakan uang”.

3. Your Money or Your Life: Vicki Robin & Joseph R. Dominguez

Buku ini berisi tentang dasar-dasar mengelola keuangan pada umumnya seperti menabung, investasi, dan mengatur keuangan. Hal yang membedakan adalah perspektif yang digunakan oleh penulis.  Vicki Robin & Joe Dominguez menitikberatkan pembahasan pada cara hidup alternatif yang bisa kamu ikuti agar tidak perlu lagi bekerja 40 jam setiap minggu.

Dengan membaca buku ini, kamu dapat mempelajari cara memperbanyak tabungan, menentukan prioritas dan gaya hidup yang ingin dijalani, dan masih banyak lagi. Kamu bisa belajar untuk bebas dari tuntutan ‘matang’ secara finansial dan benar-benar hidup dengan apa yang dibutuhkan.

Belajar mengelola keuangan memang tidak mudah, untuk itu diperlukan komitmen dan kebiasaan yang harus dibentuk. Semoga rekomendasi buku diatas bisa membantu kamu dalam mengelola keuangan, ya!